Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Tips dan Trik · 19 Sep 2023 21:00 WIB ·

Tips dan Trik Mudah Tingkatkan Daya Ingat Belajar Bagi Mahasiswa


Img: pexels.com Perbesar

Img: pexels.com

Setiap mahasiswa di manapun kampusnya pasti menginginkan nilai indeks prestasi kumulatif yang baik. Karena selain membanggakan, peluang kerja di perusahaan terbuka dengan lebar mengingat ada beberapa perusahaan yang menerapkan standar minimal IPK. Adapun IPK yang baik juga membuka jalan untuk mendapatkan beasiswa ke jenjang pendidikan berikutnya. Untuk mendapatkan IPK yang baik selain mengharuskan belajar yang giat juga membutuhkan daya ingat yang kuat agar ketika ujian atau mengikuti kuis anda bisa menjawabnya dengan benar. Berikut ini ada beberapa tips dan trik mudah yang bisa di terapkan mahasiswa ketika belajar.

Tips dan Trik  dengan Mereview Kembali Materi Kuliah.

Umumnya, dosen memberikan materi kuliah setiap kali pertemuan dan ada beberapa materi penting yang perlu di catat. Nah, dari setiap pertemuan dan materi yang di berikan dan di catat, sebaiknya coba untuk mereview kembali materi sebelumnya. Tujuannya, agar anda bisa menjawab soal ujian baik itu ujian tengah semester maupun ujian akhir semester. Dengan begitu, anda bisa mendapatkan nilai yang anda harapkan.

Tips dan Trik Belajar Secara Visual.

Cara kedua ini jauh lebih mudah ketimbang menghafat tulisan mengingat gambar lebih mudah di ingat. Metode ini menjadi salah satu cara mudah untuk mengingat kembali materi dengan mudah. Anda bisa memvisualisasikan sebuah gambar yang memungkinkan adan mengingat suatu informasi yang berhubungan dengan materi kuliah.

Mengajarkan Materi Dengan Teman.

Cara meningkatkan daya ingat yang lain ialah dengan mengajarkan materi kuliah kepada teman yang mungkin masih sulit memahaminya. Mengingat ujian akademis ini menuntut anda untuk memahami konsep materi yang di ajarkan dan tidak hanya sekedar menghafal saja. Dengan mengajarkan materi kepada teman akan menguatkan daya ingat belajar.

Merangkum Materi Kuliah Kembali.

Cara yang terakhir ini bisa anda lakukan baik ketika mengikuti kuis maupun mengikuti ujian akademis. Anda bisa merangkum kembali materi kuliah yang sudah di berikan oleh dosen dari setiap pertemuannya lalu mencoba untuk improvisasi dengan kata-kata anda sendiri.

Itulah pembahasan mengenai cara menguatkan daya ingat belajar bagi mahasiswa. Intinya, untuk mendapatkan hasil yang bagus perbanyak belajar dan banyak bertanya kepada dosen apabila ada materi yang belum paham.

Komentar
Artikel ini telah dibaca 17 kali

Baca Lainnya

Tips Membangun Bisnis Kuliner Bersama Rekan, Yuk Simak!

29 November 2023 - 19:55 WIB

Tips Membangun Bisnis

Persiapan SNBT, Berikut Tips Belajar Yang Efektif Agar Lulus

28 November 2023 - 22:03 WIB

Persiapan SNBT

Tips Mencegah Bullying di Lingkungan Sekolah

23 November 2023 - 14:34 WIB

Tios mencegah bullying

Tips Menabung Harian untuk Mencapai Keuangan yang Lebih Stabil

13 November 2023 - 21:07 WIB

Tips Menabung Harian

Tips Berhenti Merokok: Mengubah Kehidupan Tanpa Merokok

13 November 2023 - 15:17 WIB

Tips Berhenti Merokok

Tips Belajar Bahasa Inggris: Mempercepat Proses Pembelajaran

12 November 2023 - 20:03 WIB

Tips Belajar Bahasa Inggris
Trending di Tips dan Trik