Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Mahasiswa · 7 Okt 2023 15:15 WIB ·

Tips Hadapi Masa Ospek Kuliah, Anak Maba Harus Tahu!


Tips Hadapi Masa Ospek Kuliah, Anak Maba Harus Tahu! Perbesar

Setelah anda di terima di kampus favoritnya, tidak lama lagi akan memasuki masa orientasi siswa yang biasa di sebut sebagai ospek. Ospek merupakan kegiatan yang di lakukan untuk mahasiswa baru sebagai awal memperkenalkan lingkungan kampus sebelum memasuki masa perkuliahan. Sebelum memulai ospek biasanya calon mahasiswa nantinya akan di beri briefing terlebih dahulu dan mempersiapkan apa saja yang akan di bawa pada saat ospek. Namun, sebagian dari mahasiswa merasa khawatir pada masa ospek yang akan di hadapi karena nantinya anda akan bertemu kakak tingkat yang akan mendampinginya selama ospek berlangsung. Di bawah ini ada beberapa tips mengadapi masa ospek.

Tips Hadapi Ospek dengan Bersikap Netral.

Tips Ospek dengan Sikap Netral.

Ilustrasi Sikap Netral (Img: pexels.com by ivan samkov).

Langkah pertama saat mengikuti ospek kuliah ialah dengan bersikap netral. Maksudnya, anda boleh aktif tetapi jangan terlalu aktif begitu pula sebaliknya. Apa alasannya? Karena anda akan menghadapi kakak senior dengan berbagai macam karakter. Pastinya anda harus pintar mengendalikan diri sebagai anak maba. Dengan tidak bersikap tidak terlalu aktif merupakan cara yang harus anda lakukan agar anda tidak di cap sebagai mahasiswa yang suka mencari perhatian. Tetapi, bukan berarti anda harus berdiam diri saja pada masa ospek tersebut. Sesekali anda harus memperkenalkan diri dan jika ada senior bertanya maka anda bisa memberikan jawaban yang baik. Kalau diam saja maka anda akan di anggap sebagai anak maba yang tidak kritis.

Banyak Bergaul dengan Anak Senior.

Ilustrasi Bergaul (Img: pexel.com by kindel media)

Setelah anda di terima di kampus, mungkin saja ada beberapa kakak tingkat yang anda kenal di kampus tersebut. Anda bisa ikut membaur dengan kakak tingkat tersebut dan mencoba menanyakan soal ospek yang akan anda jalani. Tidak ada salahnya kan? Makin banyak kakak tingkat yang anda kenal makin banyak pula teman kampus anda selain teman seangkatan.

Jangan Baper.

Ilustrasi Baper (Img: pexels.com by krukau)

Meski ospek adalah suatu momen yang harus anda lalui sebelum resmi menjadi mahasiswa, tetapi ada saja hal yang kurang mengenakan saat ospek berlangsung sehingga membuat orang atau mahasiswa sedikit kesal. Namun, apa yang terjadi saat ospek ini tidak perlu di ambil hati dan di bawa serius. Apapun kata-kata yang di lontarkan jika memang di rasa perlu atau bermanfaat sebagai saran coba di resapi  saja.

Tips Hadapi Ospek dengan Bertegur Sapa.

Tips Hadapi Ospek

Ilustrasi Tegur Sapa (Img: experd.com)

Bersikap sopan santun merupakan hal yang perlu di perhatikan oleh kakak tingkatnya. Caranya ialah memberi kata permisi apabila anda berpapasan atau bertemu dengan kakak tingkat. Cara seperti ini sebagai bentuk penghormatan anda kepada kaka tingkatnya. Sekalipun anda menemui kakak tingkat yang galakpun dia akan membalas sapaan anda. Maka dari itu, jangan sungkan untuk bertegur sapa.

Komentar
Artikel ini telah dibaca 14 kali

Baca Lainnya

Tipe Mahasiswa Menjelang Ujian, Kamu Termasuk Yang Mana?

25 Februari 2024 - 21:18 WIB

Perbedaan Skripsi dan Tesis

Jenis Organisasi Kampus Yang Perlu Anda Ketahui, Ini Dia!

31 Januari 2024 - 19:35 WIB

Jenis Organisasi Mahasiswa

Mahasiswa Kupu-Kupu: Pahami Pengertian, Manfaat & Kekurangan

28 Desember 2023 - 22:57 WIB

Apa itu Cumlaude

Manfaat Penelitian Bagi Mahasiswa

21 Desember 2023 - 21:35 WIB

Rekomendasi Kos Kosan Malang Dekat Kampus UB

14 Desember 2023 - 20:53 WIB

Rekomendasi Kos Kosan

IPK dan IPS, Kenali Perbedaannya Dalam Sistem Pendidikan

13 Desember 2023 - 20:37 WIB

Ipk dan ips
Trending di Mahasiswa