Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Tips dan Trik · 26 Apr 2023 18:00 WIB ·

Tips Kelola Keuangan Anti Bokek Bagi Mahasiswa Rantau


Img: pexels-maitree-rimthong Perbesar

Img: pexels-maitree-rimthong

Tips Kelola Keuangan Anti Bokek Bagi Mahasiswa Rantau –Mahasiswa rantau sering berhadapan dengan situasi permasalahan keuangan yang sulit. Pengeluaran sehari-hari mereka hampir sama dengan pengeluaran rumah tangga pada umumnya. Mulai dari biaya akomodasi, transportasi, makanan, dan hal lainnya. Adapun kondisi ekonomi keluarga para mahasiswa rantau tidaklah sama. Melainkan ada yang harus mencari biaya sendiri untuk biaya kuliah dan kehidupan sehari-hari mereka di perantauan. Hal tersebut membutuhkan konsentrasi dan manajemen waktu yang baik, jika tidak akan berimbas pada akademik dan mengganggu konsentrasi belajar.

 

Maka dari itu, untuk mencegah masalah keuangan tersebut kamu harus mengetahui beberapa tips mengelola keuangan bagi mahasiswa rantau. Baik uang dari orang tua maupun uang hasi bekerja paruh waktu. Yuk, simak sampai habis!

Tips Kelola Keuangan Anti Bokek Bagi Mahasiswa Rantau

Menghemat pengeluaran harian dan bulanan

Kamu bisa mengurangi pengeluaran harian dengan membeli barang kebutuhan sehari-hari dengan jumlah secukupnya. Sebaiknya perhatikan harga per barang dan prioritaskan harga diskon. Belanja kebutuhan harian seperti makanan, minuman, perlengkapan mandi, mencuci, dan sebagainya untuk sebulan saja. Selain itu, pilih yang harganya paling murah namun dengan isi yang paling banyak.

Menggunakan sumber daya yang ada

Sebaiknya kamu menggunakan sumber daya yang ada, antara lain membeli makanan di warung kaki lima dan memilih jalan kaki atau transportasi umum sesuai jarak ke kampus. Kamu juga bisa mencari informasi tentang tempat wisata yang murah di daerah sekitar kamu tinggal.

Memanfaatkan fasilitas kampus

Fasilitas yang ada di kampus harus kita manfaatkan sebaik mungkin. Tempat seperti perpustakaan, pusat kegiatan mahasiswa, ruang belajar, atau ruangan apapun tersedia gratis di universitas. Manfaat fasilitas tersebut saat kamu membutuhkan untuk mengurangi pengeluaran. Selain itu, kamu bisa menikmati fasilitas olahraga yang biasa ada di kampus seperti lapangan basket, lapangan futsal, tempat gym, dan sebagainya. Gunakan itu semua agar kamu tetap produktif dan sehat tanpa mengeluarkan biaya tambahan.

Buat rencana anggaran

Sebaiknya kamu juga menyusun rencana anggaran yang terperinci setiap hari untuk dievaluasi setiap bulannya. Hal ini dapat membantu kamu melihat gambaran pengeluaran sekaligus memantau pengeluaran sehingga meminimalisir kehabisan uang dan risiko memiliki hutang.

Yuk, kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta unik lainnya ya!

Komentar
Artikel ini telah dibaca 4 kali

Baca Lainnya

Cara Mengenali Bakat dalam Diri Pribadi, Wajib Tahu!

25 Mei 2024 - 23:08 WIB

Tips Sukses Kuliah di Jurusan Teknik, Tertarik?

25 Mei 2024 - 21:29 WIB

Tips Memilih Kegiatan Ekstrakurikuler untuk Anak

20 Mei 2024 - 22:28 WIB

Tips Memilih kegiatan ekstrakurikuler

Tips Menjalani Masa Probation yang Perlu Anda Ketahui

9 Mei 2024 - 22:25 WIB

Tips Menjalani Masa Probation

Tips Menjadi Content Creator untuk Pemula, Di Jamin Cuan!

7 Mei 2024 - 22:14 WIB

Tips Menjadi Content Creator

Tips Hemat Budget Kuliah versi TelUtizen

7 Mei 2024 - 21:09 WIB

Sistem Ekonomi Campuran
Trending di Tips dan Trik