Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Life Hack · 13 Okt 2022 19:30 WIB ·

Tips Memasak Cumi-Cumi Untuk Pemula Agar Empuk dan Tidak amis


Img: Pexels/Theo Sousi Perbesar

Img: Pexels/Theo Sousi

Tips Memasak Cumi-Cumi Untuk Pemula Agar Empuk dan Tidak amis — Cumi-cumi, selain ikan, udang, dan kepiting, adalah makanan laut yang populer di kalangan masyarakat Indonesia. Banyak orang menyukai cumi karena teksturnya yang kenyal dan rasanya yang gurih. Meski enak, banyak orang yang ragu untuk memasak cumi di rumah karena bau amisnya. Bahkan, setelah dimasak pun, bau amis yang dihasilkan sulit dihilangkan.

Cara pengolahan yang salah tidak hanya membuat cumi-cumi berbau tidak sedap, tetapi juga membuatnya alot dan sulit untuk dimakan. kamu pasti pernah merasakannya, bukan?

Tips memasak Cumi-cumi untuk pemula

Beli cumi-cumi dengan kualitas baik

Sebelum membeli, pastikan cuminya masih segar. Mata yang jernih, permukaan kulit yang tidak rusak, warna yang cerah, dan tekstur daging yang padat adalah beberapa ciri khas dari cumi segar.

Selain ciri-ciri tersebut, kamu bisa mencium bau cumi-cumi untuk mengetahui tingkat kesegarannya. Jika baunya menyengat dan menyengat, cumi-cumi tersebut sudah tidak segar lagi.

Tidak menyimpan cumi-cumi terlalu lama

Menyimpan cumi dalam waktu lama hanya akan menurunkan kualitasnya. Saat diolah, bau amis menjadi lebih menyengat sekaligus kurang segar. Cumi-cumi akan menjadi encer dan lembek jika tidak segera diolah.

Sebagai gantinya, cuci cumi-cumi segera setelah kamu membelinya. Hanya dengan begitu kamu dapat mengubah cumi-cumi menjadi hidangan pilihan kamu.

Mencuci cumi mengurangi bau amis

Cumi-cumi di bawah air mengalir untuk menghilangkan bau amis. Harap ingat untuk mengeluarkan tinta dari perut cumi-cumi. Buang juga tulang rawan cumi.

Tulang rawan ini, jika kamu tidak tahu, adalah potongan plastik tipis yang menyerupai bagian dalam tubuh cumi-cumi. Setelah memastikan semua bagian telah lepas, ulangi proses pencucian hingga bersih.

Marinasi sebelum memasak cumi

Setelah kamu bersihkan, lumuri permukaan cumi dengan air jeruk nipis dan biarkan selama 5-10 menit. Ini telah terbukti efektif dalam mengurangi bau amis cumi-cumi.

Selain perasan jeruk nipis, parutan jahe juga bisa kamu oleskan pada permukaan daging cumi untuk menghilangkan bau amis. Selain dua pilihan ini, kamu bisa mengasinkan daging cumi selama sekitar 30 menit dalam jus kiwi.

Perhatikan cara memasak

Cumi bisa kamu olah dengan cara direbus selama 2-3 menit dengan api besar atau dengan memasak perlahan selama 30 menit dengan api kecil. Kedua cara ini akan menghasilkan cumi yang lembut dan empuk saat kamu santap.

 

Yuk, kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta unik lainnya ya!

 

 

Komentar
Artikel ini telah dibaca 19 kali

Baca Lainnya

Tips Selesaikan Tugas Akhir DKV dengan Lancar, Ini Dia!

2 Juni 2024 - 21:15 WIB

Tips Selesaikan Tugas

Tips Meningkatkan Skill Pengembangan Diri

29 Mei 2024 - 20:37 WIB

Tertarik Menjadi Script Writer

Cara Mengenali Bakat dalam Diri Pribadi, Wajib Tahu!

25 Mei 2024 - 23:08 WIB

Tips Sukses Kuliah di Jurusan Teknik, Tertarik?

25 Mei 2024 - 21:29 WIB

Tips Memilih Kegiatan Ekstrakurikuler untuk Anak

20 Mei 2024 - 22:28 WIB

Tips Memilih kegiatan ekstrakurikuler

Tips Menjalani Masa Probation yang Perlu Anda Ketahui

9 Mei 2024 - 22:25 WIB

Tips Menjalani Masa Probation
Trending di Tips dan Trik