Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Tips dan Trik · 27 Mei 2022 18:43 WIB ·

Tips Membersihkan dan Merawat Emas Muda Agar Tidak Cepat Rusak


Img: Pexels/Pixabay Perbesar

Img: Pexels/Pixabay

Perhiasan emas telah menjadi simbol kekayaan dan status sosial yang tinggi selama ribuan tahun. Karena daya tahan, keindahan, kelangkaan, dan upaya pemurniannya yang berkontribusi pada biayanya, daya pikatnya dimulai sekitar waktu yang sama dengan peradaban.

Kandungan emas dalam perhiasan bisa berkisar dari 24 karat padat hingga lapisan yang tipis.

Untuk perhiasan, emas muda sama populernya dengan emas tua. Jenis yang muda merupakan pilihan investasi yang tepat karena harganya lebih murah. Sayangnya, warna emas muda, cepat memudar dan bahkan menghitam seiring berjalannya waktu.

Pelajari cara membersihkan emas agar perhiasan kamu tetap berkilau seperti baru, berikut ini:

Cairan pembersih perhiasan

Saat ini ada banyak cairan yang tersedia di pasaran untuk membersihkan benda logam dengan harga terjangkau. Cairan pembersih ini penggunaannya sangat mudah.

Cukup semprotkan cairan detergen ke permukaan emas yang ingin dibersihkan, lalu gosok dengan kain atau spons hingga benar-benar bersih.

Pasta gigi

Pasta gigi juga dipercaya dapat membantu membersihkan noda hitam pada perhiasan. Gunakan pasta gigi bertekstur krim untuk hasil lebih efektif.

Cara membersihkannya yaitu dengan sikat perlahan menggunakan sikat berbulu halus dan pasta gigi dan bilas dengan air bersih hingga noda kehitaman hilang.

Jangan lupa lap dengan kain bersih atau tisu hingga benar-benar kering.

Sabun cuci piring

Sabun cuci piring mengandung bahan pembersih yang ampuh untuk mengembalikan kilau di piring. Begitu pula dengan beberapa material perhiasan.

Kelebihannya, sabun ini juga tidak meninggalkan goresan atau membuat perhiasan keropos.

Caranya, campur sabun cuci dengan air hangat. Aduk hingga sabunnya larut. Lalu masukkan ke dalam larutan tersebut hingga 5-7 menit, tidak perlu diaduk cukup diamkan saja. Kemudian angkat dan gosok perlahan dengan kain bersih untuk mengangkat kotoran. Setelah itu bilas hingga bersih. Dan pastikan perhiasan dalam kondisi kering sebelum disimpan.

Baking soda dan cuka

Cara selanjutnya adalah membersihkan menggunakan baking soda dan cuka. Caranya dengan melarutkan kedua bahan tersebut dengan air secukupnya. Lalu masukkan emas selama beberapa menit, kemudian angkat dan keringkan.

Cara merawat emas

Kamu bisa merawatnya dengan mulai membersihkan secara teratur, lepas perhiasan saat melakukan aktivitas yang berkeringat, hindari dari zat klorin (biasa terdapat di kolam renang), serta hindari dari goresan dengan selalu melindunginya menggunakan kain, tisu, kertas.

Demikian tips membersihkan dan merawat emas muda. Selamat mencoba!

Komentar
Artikel ini telah dibaca 21 kali

Baca Lainnya

Ramadhan 2024: Berikut Tips Menjaga Kesehatan Di Bulan Puasa

21 Februari 2024 - 20:05 WIB

Ramadhan 2024

Tips Atasi Rasa Kantuk Saat Di Dalam Kelas

18 Februari 2024 - 21:25 WIB

Tips Atasi Rasa Kantuk

Definisi Mencangkok Tanaman dan Langkah-Langkahnya

15 Februari 2024 - 20:36 WIB

Definisi Mencangkok Tanaman

Tata Krama Saat Berbicara Seperti Apa? Simak Di Sini!

13 Februari 2024 - 22:03 WIB

Tata Krama Saat Berbicara

Tips Meningkatkan Kontribusi Mahasiswa Dikampus

3 Februari 2024 - 23:03 WIB

Tips Meningkatkan Kontribusi

Tips Atasi Stress Ketika Belajar, Sudah Mencoba?

25 Januari 2024 - 15:29 WIB

Tips Atasi Stress
Trending di Tips dan Trik