Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Teknologi · 17 Des 2022 18:20 WIB ·

Tips Membersihkan Headphone dan Earbud yang Benar


Img: Pexels/Philip-Boakye Perbesar

Img: Pexels/Philip-Boakye

Tips-tips Membersihkan Headphone dan Earbud yang Benar –Tanpa kita sadari, headphone atau earbud bisa menjadi sarang kotoran, lho. Sel kulit, sebum, kotoran telinga, dan produk perawatan dapat melekat pada perangkat.

Kedua perangkat tersebut tidak bisa sembarangan dalam membersihkan. Kamu tidak dapat menyedot atau meniupnya dengan sembarangan. Alasannya adalah dapat menyebabkan kerusakan pada perangkat.

Jika kamu mengenakan headphone ke gym, apapun yang kamu sentuh akan diteruskan ke headphone. Virus, seperti SARS-Cov-2, penyebab COVID-19, telah terbukti bertahan di plastik dan permukaan keras lainnya hingga tiga hari. Saat kamu menyentuh headphone yang terkontaminasi, virus dapat menyebar ke permukaan lain. Dan ketika kamu menyentuh mulut, hidung, atau mata, kamu dapat menginfeksi diri sendiri.

Penelitian telah menunjukkan bahwa headphone meningkatkan pertumbuhan bakteri di dalam telinga. Dan itu dapat ditularkan dari satu orang ke orang lain jika headphone digunakan bersama.

Tips Membersihkan Headphone dan Earbud yang Benar

Nah, berikut ini tips membersihkan headphone atau earbud yang benar:

Menggunakan kain

Kamu dapat membersihkan headphone atau earbud dengan kain yang lembap dan lembut, seperti membersihkan pakaian. Kamu harus melakukannya seminggu sekali. Pastikan headphone kamu mati dan tidak terhubung ke telepon kamu saat melakukan ini. Setelah itu, keringkan perangkat kamu dengan cepat menggunakan kain lembut. Alkohol tidak boleh digunakan karena dapat merusak warna kulit atau lapisan di bawahnya.

Bersihkan casing

Jangan lupa untuk membersihkan casing dan konektornya setelah membersihkan headphone atau earbud. Pada headphone yang menggunakan koneksi bluetooth atau wifi biasanya casing dan konektornya dikemas menjadi satu.

Apple merekomendasikan untuk membersihkan AirPods dengan kain kering. Kamu juga dapat membersihkan konektor dan bagian dalam casing earbud dengan alkohol isopropil.

Gunakan mikrofiber

Menurut 9toMac5, salah satu kain yang bagus untuk digunakan adalah jenis microfiber. Untuk memulai, basahi kain dengan Clorox atau ehtyl. Setelah itu, lepas semua bagian karet dari earbud atau headphone kamu. Karet kemudian harus dibersihkan dengan air bersih sebelum dikeringkan.

Gunakan sikat lembut

Kamu dapat membersihkan bagian dalamnya dengan alat pembersih seperti sikat yang sangat lembut dan kecil. Saat membersihkan earbud, usahakan untuk membersihkannya sedekat mungkin dengan lantai. Gaya gravitasi dapat membantu kamu dalam membersihkan debu yang menumpuk.

Gunakan blue tack

Blue Tack adalah zat lengket yang dapat menempel pada kaca, papan, dan permukaan lainnya. Dapat kita gunakan untuk membersihkan debu dan kotoran yang menempel pada headphone atau earpod. Blue Tack juga cukup murah. Harga di pasaran kurang dari Rp 20.000.

 

Yuk, kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta unik lainnya ya!

 

Komentar
Artikel ini telah dibaca 11 kali

Baca Lainnya

Tips dan Solusi Yang Harus Dilakukan Salah Ambil Jurusan Kuliah

28 Februari 2024 - 21:54 WIB

Tips dan Solusi

Tips Liburan ke Thailand Hemat Biaya, Pemula Harus Tahu!

28 Februari 2024 - 20:21 WIB

Tips Maksimalkan Pengalaman Magang, Mahasiswa Harus Tahu!

26 Februari 2024 - 15:22 WIB

Manfaat Perpustakaan Digital Bagi Pendidikan

23 Februari 2024 - 23:14 WIB

Manfaat Perpustakaan Digital

Ini Alasan Mengapa Anda Harus Beralih Ke Perpustakaan Digital

23 Februari 2024 - 21:04 WIB

Manfaat Perpustakaan Digital

Ramadhan 2024: Berikut Tips Menjaga Kesehatan Di Bulan Puasa

21 Februari 2024 - 20:05 WIB

Ramadhan 2024
Trending di Tips dan Trik