Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Edukasi · 25 Sep 2023 12:57 WIB ·

Tips Membuat Judul Skripsi Yang Menarik dan Sederhana


Img: teknik.uma.ac.id Perbesar

Img: teknik.uma.ac.id

Tips Skripsi menjadi salah satu syarat untuk memperoleh gelar sarjana selama kurang lebih empat tahun. Namun, ada beberapa mahasiswa yang masih merasa takut dan khawatir saat memasuki masa skripsi seperti khawatir judul skripsi tidak di setujui atau di tolak, sering revisi, takut tidak bisa memenuhi deadline, hingga demam panggung saat sidang skripsi di mulai. Bicara soal judul skripsi, tidak sedikit mahasiswa yang di tolak ketika mengajukan judul dan proposal skripsi. Alasannya beragam, mulai dari terlalu umum pembahasannya hingga tidak sesuai dengan rumusan masalahnya. Oleh karena itu, buatlah judul skripsi yang menarik dan sederhana agar dapat di setujui atau di acc saat mengajukan judul skripsi oleh pihak kaprodi. Di bawah ini ada beberapa tips membuat judul skripsi yang menarik dan sederhana yang akan di jelaskan di bawah ini.

Tips Membuat Judul Skripsi dengan Membaca Skripsi Orang Lain.

Cara pertama dalam membuat judul skripsi ialah dengan membaca skripsi orang lain yang ada di perpustakaan karena biasanya skripsi yang sudah dibuat dan sudah di hard cover akan di serahkan ke pihak kampus. Namun, perlu di ingat membaca bukan berarti menjiplak semua isi skripsi orang lain di dalamnya. Jadikan skripsi orang lain sebagai referensi saja misalnya seperti menentukan variabel dan analisis apa yang nantinya akan di gunakan dalam skripsi anda. Cara seperti ini memudahkan anda dalam membuat judul skripsi dan anda bisa mengembangkan skripsi lama menjadi baru dengan menambahkan penelitian yang belum di ungkapkan.

Pastikan Judul Skripsi Sesuai Minat.

Jika judul skripsi di rasa sudah cukup, pastikan judul skripsi yang di buatnya sesuai dengan minatnya. Misalnya, untuk anda yang jurusan manajemen dan berminat membahas manajemen sdm maka anda bisa buat judul yang berkaitan dengan manajemen sdm. Tetapi, jika tertarik ingin membahas manajemen pemasaran maka buatlah judul skripsi yang terkait dengan manajemen pemasaran.

Tips Membuat Judul dengan Meminta Saran Kepada Dosen Pembimbing.

Pada dasarnya, skripsi merupakan tugas akhir yang harus anda kerjakan dan selesaikan sendiri. Tetapi bukan berarti anda tidak aktif meminta saran baik kepada rekan yang sudah menyelesaikan skripsi maupun kepada dosen pembimbing. Tujuannya agar anda mendapatkan judul yang sekiranya layak untuk skripsi anda.

Membuat Judul Skripsi yang Menarik.

Menarik yang di maksud dalam membuat skripsi ialah dari sisi pembahasan yang terbilang baru dan bukan hal yang umum atau sudah pernah di bahas oleh peneliti lain. Dan pastikan buat judul yang menarik agar skripsi anda menjadi daya tarik bagi pembaca dan menjadi sumber rujukan untuk orang yang ingin membuat skripsi dengan tema yang sama dengan anda.

Pastikan Topik yang Di Gunakan Selesai Tepat Waktu.

Membuat judul skripsi selain harus menarik juga pastikan bahwa topik yang anda angkat ini bisa selesai tepat waktu. Jangan sampai anda membuat topik judul menarik tetapi tidak memperhatikan aspek-aspek lain seperti pengumpulan data, waktu penelitian, dan administrasi skripsi karena hanya akan membuat skripsi tidak berjalan lancar dan selesai tepat waktu. Maka dari itu, pastikan topik skripsi yang di angkat bisa selesai tepat waktu.

Demikian pembahasan mengenai tips membuat judul skripsi yang menarik dan sederhana. Membuat skripsi memang membutuhkan perjuangan mulai dari mengajukan judul dan proposal, mengumpulkan dan mengolah data, hingga membuat ppt untuk presentasi sidang.

Komentar
Artikel ini telah dibaca 118 kali

Baca Lainnya

Kuliah Kerja Nyata: Pengertian, Tujuan & Manfaatnya

27 Mei 2024 - 22:05 WIB

Kuliah Kerja Nyata

Transkrip Nilai: Pengertian, Fungsi dan Cara Mendapatkannya

27 Mei 2024 - 21:40 WIB

Kendala Yang Sering Dialami

Kunci Sukses Membangun Karir di Industri Kesenian

25 Mei 2024 - 22:33 WIB

Mengenal Akuaponik: Pengertian, Komponen, dan Manfaatnya

23 Mei 2024 - 22:10 WIB

UKT Naik, Ini Strategi Mahasiswa Dalam Menyikapinya

21 Mei 2024 - 20:42 WIB

Ukt naik

Perbedaan Les Privat dan Bimbel Yang Perlu Dipahami

20 Mei 2024 - 21:44 WIB

Transkrip Nilai
Trending di Edukasi