Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Tips dan Trik · 26 Sep 2023 16:09 WIB ·

Tips Membuat Portofolio Untuk Mahasiswa.


Img: pexels.com Perbesar

Img: pexels.com

Biasanya, membuat portofolio di pergunakan untuk keperluan melamar kerja karena memang ada beberapa posisi tertentu yang meminta anda untuk melampirkan portofolio seperti misalnya grapic design, content writer, UI/UX, copywriter, dan lain-lain. Lalu, bagaimana dengan mahasiswa dan lulusan baru? Apakah bisa juga membuat portofolio? Jawabannya bisa. Karena portofolio ini sebagai persiapan anda untuk memasuki dunia kerja. Maka dari itu, ada tips membuat portofolio bagi mahasiswa.

Namun, sebelum membahasnya lebih jauh kita harus memahami bahwa portofolio tidak hanya di gunakan untuk melamar kerja saja tetapi juga untuk magang, daftar beasiswa, hingga mendaftar ke perguruan tinggi. Mengingat dokumen portofolio ini sangat penting untuk meyakinkan pihak rekrutmen akan keahlian yang di miliki. Selain itu, adanya portofolio ini bisa menjadi pembeda dan nilai plus agar dapat di terima kerja.

Kini, membuat portofolio bisa di lakukan di mana saja baik itu secara offline maupun melalui aplikasi. Saat ini, ada beberapa aplikasi yang memiliki fitur portofolio seperti canva, adobe, wix, dan lain-lain.

Tips Portofolio dengan Membuat Daftar Isi.

Langkah pertama ialah dengan membuat daftar isi. Memang membuat daftar isi ini terlihat seperti menulis buku tetapi konteksnya adalah portofolio. Hal ini bertujuan agar mempermudah pihak rekrutmen untuk mendapatkan informasi seseorang secara sistematis atau berurutan.

Memasukan Prestasi atau Karya Sebagai Tips Berikutnya.

Tips selanjutnya ialah dengan memasukan prestasi ke dalam portofolio anda. Atau jika tidak memiliki prestasi bisa memasukan karya baik itu berupa tulisan atau visual yang memang layak di masukan ke portofolio.

Sampaikan Secara Sederhana.

Maksudnya dari portofolio yang anda tulis pastikan di buat secara sederhana namun informasinya tetap bisa tersampaikan. Hal ini bertujuan agar portofolio terlihat tidak bertele-tele dan tidak akan membuat rekruter merasa bosan melihatnya.

Gunakan Desain Warna yang Sederhana.

Agar portofolio anda tetap menarik, gunakan warna yang sederhana saja. Hal ini agar portofolio anda enak untuk di lihat. Penggunaan warna yang berlebihan hanya akan membuat rekruter tidak nyaman melihatnya.

Demikian pembahasan mengenai cara membuat portofolio untuk mahasiswa. Semoga pembahasan ini bermanfaat bagi mahasiswa yang ingin membuat portofolio.

Komentar
Artikel ini telah dibaca 35 kali

Baca Lainnya

Cara Mengenali Bakat dalam Diri Pribadi, Wajib Tahu!

25 Mei 2024 - 23:08 WIB

Tips Sukses Kuliah di Jurusan Teknik, Tertarik?

25 Mei 2024 - 21:29 WIB

Tips Memilih Kegiatan Ekstrakurikuler untuk Anak

20 Mei 2024 - 22:28 WIB

Tips Memilih kegiatan ekstrakurikuler

Tips Menjalani Masa Probation yang Perlu Anda Ketahui

9 Mei 2024 - 22:25 WIB

Tips Menjalani Masa Probation

Tips Menjadi Content Creator untuk Pemula, Di Jamin Cuan!

7 Mei 2024 - 22:14 WIB

Tips Menjadi Content Creator

Tips Hemat Budget Kuliah versi TelUtizen

7 Mei 2024 - 21:09 WIB

Sistem Ekonomi Campuran
Trending di Tips dan Trik