Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Edukasi · 25 Sep 2023 21:17 WIB ·

Tips Membuat PPT yang Menarik Untuk Mahasiswa


Img: ClipartMax.com Perbesar

Img: ClipartMax.com

Power poin merupakan software yang di gunakan oleh sebagian besar orang untuk membuat materi presentasi. Power poin atau biasa di sebut ppt ini tidak hanya di pergunakan untuk kebutuhan kerja saja, tetapi juga sebagai bahan tugas sekolah atau kuliah yang memungkinkan anda membuat presentasi. Bagi kalangan mahasiswa, power poin ini tidak hanya untuk kebutuhan tugas kuliahnya saja tetapi juga untuk kebutuhan sidang skripsi karena umumnya sidang skripsi menggunakan power point untuk mempresentasikan penelitian tugas akhirnya. Agar tampilan power point lebih menarik dan tidak membosankan, ada beberapa tips membuat power point yang cocok untuk mahasiswa.

Tips Membuat Power Point dengan Menjelaskan Poin-Poin Inti.

Agar tidak membosankan, presentasi ppt ini di buat poin intinya saja sehingga orang yang menyaksikan presentasi anda tidak mudah jenuh. Poin yang di sampaikan juga tidak perlu banyak tetapi juga tidak terlalu singkat. Anda bisa menjelaskan dengan detail materinya secara lisan saja sehingga audiens lebih fokus tertuju ke penyampaiannya bukan ke pptnya.

Tampilan Ppt Di Buat Lebih Menarik.

Tampilan ppt yang biasa saja hanya akan membuat audiens merasa bosan dan tertarik dengan materi yang di sampaikan. Oleh karena itu, mahasiswa perlu memperhatikan tema atau tampilan agar audiens tidak merasa bosan. Anda bisa menambahkan animasi atau foto yang akan di gunakan untuk ppt.

Tips Power Poin dengan Urutan Yang Jelas.

Hal yang sering tidak di perhatikan mahasiswa saat membuat power point ialah materi yang tidak berurutan dan sistematis. Hal ini akan mengurangi antusiasme audiens dalam penyampaian materi pptnya. Maka dari itu, usahakan buat materi secara berurutan dan sistematis agar audiens bisa memahami alur penyampaian pada materi presentasinya. Caranya, anda bisa menggambarkannya melalui corat coretan atau membuat outline. Membuat outline ini bertujuan agar anda bisa memahami materi apa yang nantinya anda sampaikan. Apabila di rasa outlinenya sudah cukup baru anda tuangkan dalam bentuk ppt.

Gunakan Warna Kombinasi Yang Konsisten.

Meskipun masalah warna merupakan hal yang cukup sepele, tetapi hal tersebut juga berpengaruh terhadap antusiasme audiens pada materi presentasi anda. Warna yang di gunakan pastikan lebih enak di pandang dan ramah di mata. Karena beberapa kali terjadi ketika presentasi menggunakan warna yang membuat mata audiens lelah dan cenderung bosan.

Demikian pembahasan mengenai tips membuat power point untuk mahasiswa. Tujuan memberikan ppt yang menarik selain bisa menjadi daya tarik audiens juga mendapatkan nilai yang baik dari dosen.

Komentar
Artikel ini telah dibaca 81 kali

Baca Lainnya

Kuliah Kerja Nyata: Pengertian, Tujuan & Manfaatnya

27 Mei 2024 - 22:05 WIB

Kuliah Kerja Nyata

Transkrip Nilai: Pengertian, Fungsi dan Cara Mendapatkannya

27 Mei 2024 - 21:40 WIB

Kendala Yang Sering Dialami

Kunci Sukses Membangun Karir di Industri Kesenian

25 Mei 2024 - 22:33 WIB

Mengenal Akuaponik: Pengertian, Komponen, dan Manfaatnya

23 Mei 2024 - 22:10 WIB

UKT Naik, Ini Strategi Mahasiswa Dalam Menyikapinya

21 Mei 2024 - 20:42 WIB

Ukt naik

Perbedaan Les Privat dan Bimbel Yang Perlu Dipahami

20 Mei 2024 - 21:44 WIB

Transkrip Nilai
Trending di Edukasi