Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Tips dan Trik · 1 Okt 2023 16:09 WIB ·

Tips Memilih Jurusan Kuliah Agar Tidak Salah Pilih


Img: pexels.com Perbesar

Img: pexels.com

Setelah anda lulus dar bangku SMA atau SMK, sebagian ada yang memilih langsung bekerja tetapi tidak sedikit orang yang melanjutkan pendidikan ke tingkat perguruan tinggi. Untuk yang berminat melanjutkan kuliah, selain menentukan kampus mana yang akan di pilih, anda juga harus menentukan jurusan apa yang akan anda pilih. Jangan sampai ketika sudah memilih program studi dan sudah jalan perkuliahannya malah anda merasa salah pilih jurusan. Oleh karena itu, pastikan jurusan yang di pilih adalag sesuai dengan bakat dan minat anda. Di bawah ini ada beberapa tips yang harus anda ketahui sebelum memutuskan jurusan kuliah agar nantinya tidak salah pilih.

Tips Memilih Jurusan Dengan Mengenali Diri Sendiri.

Langkah pertama ialah dengan mencoba mengenali diri sendiri. Hal tersebut bertujuan sebagai modal dalam memilih jurusan kuliah. Untuk caranya sendiri terbilang mudah dan banyak sekali caranya salah satunya ialah dengan menggunakan personality test. Untuk melakukan tes kepribadian ini juga mudah karena di lakukan secara online mengingat ada beberapa situs yang menawarkan tes kepribadian secara gratis.

Tentukan Jurusan Sesuai Minatnya.

Langkah kedua ialah menentukan jurusan berdasarkan minat. Seperti yang sudah di jelaskan bahwa jangan sampai ketika sudah memilih dan sudah berjalan perkuliahannya anda merasa kurang cocok dengan jurusannya. Maka dari itu, sesuaikan jurusan yang di pilih dengan minat anda. Apabila anda tertarik menjadi pebisnis handal bisa ambil jurusan manajemen. Jika anda tertarik menjadi pengacara bisa ambil kuliah jurusan hukum dan bila tertarik menjadi seorang auditor bisa pilih jurusan akuntansi.

Tips Memilih Jurusan dengan Meminta Saran Kepada Orang Terdekat.

Jangan lupa untuk meminta saran kepada orang terdekat seperti orang tua, kakak, atau saudara. Hal ini di lakukan agar anda bisa menganalisis berbagai masukan masukan yang anda terima dari orang-orang terdekat. Jika sudah, anda dapat membuat keputusan jurusan mana yang akan anda pilih.

Jangan Karena Ikut-Ikutan.

Tidak sedikit orang yang mengambil jurusan berdasarkan ikut-ikutan teman. Hal ini dampaknya akan kurang baik bagi prospek kerja anda sehingga anda akan kesulitan kedepannya nanti. Karena setiap orang memiliki bakat dan minat yang beragam maka dari itu sekali lagi sesuaikan jurusan yang di pilih dengan minat anda.

Jadi itulah beberapa langkah yang di lakukan sebelum mengambil jurusan kuliah. Semoga ini bisa bermanfaat bagi calon mahasiswa yang akan mengambil jurusan kuliah.

Komentar
Artikel ini telah dibaca 31 kali

Baca Lainnya

Tips Membangun Bisnis Kuliner Bersama Rekan, Yuk Simak!

29 November 2023 - 19:55 WIB

Tips Membangun Bisnis

Persiapan SNBT, Berikut Tips Belajar Yang Efektif Agar Lulus

28 November 2023 - 22:03 WIB

Persiapan SNBT

Tips Mencegah Bullying di Lingkungan Sekolah

23 November 2023 - 14:34 WIB

Tios mencegah bullying

Tips Menabung Harian untuk Mencapai Keuangan yang Lebih Stabil

13 November 2023 - 21:07 WIB

Tips Menabung Harian

Tips Berhenti Merokok: Mengubah Kehidupan Tanpa Merokok

13 November 2023 - 15:17 WIB

Tips Berhenti Merokok

Tips Belajar Bahasa Inggris: Mempercepat Proses Pembelajaran

12 November 2023 - 20:03 WIB

Tips Belajar Bahasa Inggris
Trending di Tips dan Trik