Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Tips dan Trik · 3 Okt 2023 12:46 WIB ·

Tips Memilih Kos-Kosan Untuk Mahasiswa Agar Tidak Salah Pilih


Img by philippine-property.net Perbesar

Img by philippine-property.net

Sebagian dari mahasiswa memutuskan untuk menempati kos-kosan yang tidak jauh dari kampus. Lokasi kampus yang jauh dari rumah menjadi alasan sebagian besar mahasiswa memilih untuk ngekos. Mencari tempat kos ketika sedang menempuh pendidikan tinggi seperti halnya mencari rumah kedua. Namun, jangan sampai salah memilih tempat kost karena hingga kini masih sering di temukan kos-kosan bodong. Modusnya ialah dengan meminta kepada mahasiswa calon penghuni kost agar membayar terlebih dahulu. Agar tidak tertipu ada beberapa tips memilih kost agar tidak salah pilih.

Seperti kita ketahui, bahwa sebagian mahasiswa memilih wilayah seperti jakarta, jogja, malang, surabaya, hingga bandung. Maka jangan heran, jika banyak sekali kos-kosan di daerah tersebut.

Tips Pertama dengan Mencari Sumber Informasi Yang Jelas.

Tips Memilih Kos-Kosan

Ilustrasi Mencari Informasi (Img: pexels.com/ketut subiyanto)

Perkembangan teknologi memudahkan anda dalam mencari suatu informasi khususnya mencari kos-kosan. Selain melalui website, anda juga bisa mencarinya melalui sosial media seperti instagram, facebook, twitter, dan lain-lain. Tetapi, pastikan informasi yang anda terima ini terbukti kebenarannya. Agar informasi semakin valid, sebaiknya coba telusuri alamat kos-kosan yang di iklankan di sosial media. Hal ini di karenakan ada beberapa kos yang di pegang oleh orang dekat atau kepercayaannya dari pemilik kos-kosan tersebut. Karena bisa saja harga yang di pasang di media sosial tidak sama saat anda mengunjungi tempat kos tersebut.

Memeriksa Alamat Kos.

Ilustrasi Mencari Alamat (img: pexels.com/mizuno k)

Yang tidak kalah penting dalam mencari kos-kosan ialah mencari lokasi. Usahakan lokasi tempat kos tidak jauh dari kampus karena idealnya jarak kos dengan kampus 3 sampai 5 Km. Tetapi apabila anda memiliki kendaraan pribadi bisa mencari kos sekitar 500 meter dari kampus. Selain lebih dekat juga lebih hemat biaya karena tidak ada ongkos sama sekali. Hal lain yang perlu di perhatikan dalam mencari kos-kosan ialah lokasi yang strategis serta banyak keramaian.

Mengecek Fasilitas Kos Kosan.

Ilustrasi Fasilitas Kos Kosan (Img: pexels.com/max rahubovskiy)

Fasilitas tidak luput menjadi perhatian mahasiswa yang ingin menempati kos kosan. Dan memang ada beberapa harga kos yang di tawarkan menyesuaikan fasilitasnya. Ada yang mahal tapi fasilitas sangat baik ada yang murah tetapi fasilitasnya kurang memadai intinya ‘ada harga ada rupa’. Tetapi ada juga beberapa kos yang harganya terjangkau dengan fasilitas yang lengkap. Fasilitas yang di maksud ialah kamar mandi, mesin cuci, ac, listrik, air, dan lain-lain.

Tips Memilih Kos dengan Memerhatikan Biaya Sewanya.

Ilustrasi Biaya Kos Kosan (Img: pexels.com/karolina grabowska)

Hal yang juga tidak kalah penting adalah mengenai biaya sewa. Baiknya sebelum memutuskan menghuni kos tersebut tanyakan dulu berapa biaya sewanya untuk satu bulannya. Biaya sewa juga bisa menjadi pertimbangan bagi calon penghuninya karena jika harganya terlalu mahal yang ada malah calon penguninya tidak jadi menempati kos kosan tersebut.

Perhatikan Keamanan Kos Kosan.

Ilustrasi Keamanan (Img: pexels.com/photo mix company)

Pastikan kos kosan yang anda pilih ini nyaman dan berada di lingkungan asri. Selain kenyamanan, keamanan kos kosan juga tidak kalah penting. Keamanan yang di maksud ialah penjaga kos. Selain penjaga kos, ada beberapa kos kosan yang memasang cctv agar pemilik, penghuni dan penjaga kos kosa dapat mengetahui apa yang terjadi di tempat kosannya.

Itulah pembahasan mengenai tips memilih kos kosan untuk mahasiswa agar jangan sala memilih. Semoga pembahasan ini membantu khususnya mahasiswa yang ingin mencari kos kosan di dekat kampusnya.

Komentar
Artikel ini telah dibaca 130 kali

Baca Lainnya

Cara Mengenali Bakat dalam Diri Pribadi, Wajib Tahu!

25 Mei 2024 - 23:08 WIB

Tips Sukses Kuliah di Jurusan Teknik, Tertarik?

25 Mei 2024 - 21:29 WIB

Tips Memilih Kegiatan Ekstrakurikuler untuk Anak

20 Mei 2024 - 22:28 WIB

Tips Memilih kegiatan ekstrakurikuler

Tips Menjalani Masa Probation yang Perlu Anda Ketahui

9 Mei 2024 - 22:25 WIB

Tips Menjalani Masa Probation

Tips Menjadi Content Creator untuk Pemula, Di Jamin Cuan!

7 Mei 2024 - 22:14 WIB

Tips Menjadi Content Creator

Tips Hemat Budget Kuliah versi TelUtizen

7 Mei 2024 - 21:09 WIB

Sistem Ekonomi Campuran
Trending di Tips dan Trik