Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Tips dan Trik · 8 Apr 2023 12:00 WIB ·

Tips Memilih Shampo Berdasarkan Masalah Rambut


Img: Pexels-juliana-stein Perbesar

Img: Pexels-juliana-stein

Tips Memilih Shampo Berdasarkan Masalah Rambut –Setiap orang memiliki kondisi rambut yang berbeda, dan tidak semua shampo cocok untuk semua orang. Untuk memilih shampo terbaik untuk kamu, kamu harus terlebih dahulu menentukan jenis rambut yang kamu miliki dan masalah rambut apa yang kamu alami saat ini. Semua ini perlu kamu ketahui untuk mendapatkan perawatan yang tepat agar rambut kamu tumbuh lebih sehat. Berikut adalah beberapa tips memilih shampo berdasarkan jenis rambut:

Tips Memilih Shampo Berdasarkan Masalah Rambut

Rambut kering

Fakta bahwa kulit kepala tidak mampu menghasilkan minyak atau sebum yang cukup untuk menghidrasi rambut menyebabkan rambut menjadi kering, kusam, dan sulit diatur. Hindari penggunaan shampo yang banyak mengandung detergen dan alkohol karena bahan-bahan tersebut dapat membuat rambut kamu kering dan rusak. Sebagai gantinya, gunakan sampo lembut yang mengandung minyak alami seperti minyak kelapa, minyak argan, minyak alpukat, atau bIji anggur, yang dapat melembabkan.

Rambut berminyak

Rambut berminyak karena produksi sebum yang berlebihan di kulit kepala. Akibatnya, jenis rambut ini seringkali bersamaan dengan masalah lain, seperti yang telah kami sebutkan sebelumnya. Untuk menghilangkan minyak dan ketombe dari rambut kamu, gunakan sampo yang kaya akan asam salisilat, selenium sulfur, zinc pyrithion, atau ketoconazole. Selain itu, sebaiknya untuk mencuci rambut minimal sekali sehari, terutama jika berminyak dan berkeringat. Hindari kebiasaan keramas berlebihan karena merangsang kelenjar sebaceous di rambut kamu untuk menghasilkan lebih banyak sebum.

Rambut tipis

Bagi yang memiliki rambut jarang, shampo yang mengandung panthenol bermanfaat untuk menumbuhkan kembali rambut. Kamu juga bisa memilih shampo yang mengandung keratin untuk membuat rambut kamu lebih bervolume dan berisi.

Selanjutnya, jika kamu ingin menggunakan kondisioner, pastikan hanya menggunakannya di ujung rambut. Ini karena terlalu banyak menggunakan kondisioner dapat membuat rambut kamu tampak tipis, rapuh, dan tidak bervolume.

Rambut rontok

Pemilihan jenis dan kandungan shampo dapat memperbaiki kondisi rambut. Disarankan untuk menghindari shampo yang mengandung belerang. Meski bermanfaat untuk menghilangkan minyak di kulit kepala, namun juga bisa menyebabkan rambut kering, patah, dan rontok. Sebagai gantinya, gunakan sampo lembut yang mengandung asam salisilat, biotin, keratin, atau ketoconazole, yang semuanya dapat membantu mengurangi kerontokan rambut.

 

Yuk, kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta unik lainnya ya!

Komentar
Artikel ini telah dibaca 4 kali

Baca Lainnya

Tips Efektif Menulis Bab 1 Skripsi agar Di ACC Dosen Pembimbing

20 Juni 2024 - 16:12 WIB

Ide ngabuburit

Tips Pulihkan Energi dan Menghadapi Masa Sulit di Semester Akhir

19 Juni 2024 - 16:44 WIB

Tips Hadapi Seminar Magang Agar Berjalan Lancar dan Sukses

19 Juni 2024 - 16:30 WIB

Pemasaran sosial

Tips Networking Ini Bisa Mahasiswa Terapkan, Wajib Tahu!

18 Juni 2024 - 16:01 WIB

Tips Meningkatkan skill pengembangan

Tips Selesaikan Tugas Akhir DKV dengan Lancar, Ini Dia!

2 Juni 2024 - 21:15 WIB

Tips Selesaikan Tugas

Tips Meningkatkan Skill Pengembangan Diri

29 Mei 2024 - 20:37 WIB

Tertarik Menjadi Script Writer
Trending di Tips dan Trik