Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Edukasi · 11 Okt 2022 15:00 WIB ·

Tips Memilih Teman yang Tepat di Kampus, Jangan Sampai Salah!


img: pexels.com/Keira Burton Perbesar

img: pexels.com/Keira Burton

Teman-teman yang kamu pilih di kampus akan berpengaruh besar dalam membentuk pengalaman kuliah dan pribadimu, lho. Memilih teman yang tidak tepat dapat merusak setiap aspek kehidupan kampusmu. Bukan hanya akademik, kesehatan mentalmu pun dapat terganggu akibat salah memilih teman. Oleh karena itu, jangan sampai asal-asalan dalam memilih teman di kampus.

Berikut beberapa tips memilih teman yang tepat di kampus, yuk simak sampai akhir!

1. Temukan teman yang memiliki prinsip sama denganmu

Selama menjalani proses perkuliahan, kamu akan menemukan teman dengan berbagai latar belakang, kebiasaan, prinsip, dan sifat yang beragam. Semua bentuk teman ini berpotensi membuatmu berubah tanpa kamu sadari.

Memang sulit mencari teman yang sama persis denganmu. Oleh karena itu, kamu tidak harus mencari teman yang sama persis sepertimu secara eksklusif. Namun, pilihlah teman yang memiliki nilai dan prinsip yang sama denganmu.

Jangan sampai demi menyesuaikan diri dengan lingkungan pertemananmu, kamu jadi melupakan nilai-nilai positif yang telah kamu pegang selama bertahun-tahun. Maka dari itu, pilihlah teman-teman yang memiliki nilai-nilai yang sama denganmu. Dengan begitu, mereka akan membantumu bertanggung jawab atas pilihanmu dengan cara yang positif, serta mendorongmu untuk menjadi versi terbaik dari dirimu.

2. Pilihlah teman dengan tujuan yang sama

Kamu pasti benar-benar ingin sukses dalam bidang akademik dan karier di masa depan. Untuk itu, pilihlah teman yang memiliki semangat yang sama dengamnu. Teman-teman ini akan menemanimu belajar dan membantu serta mendorongmu untuk mencapai tujuan.

Sebaliknya, berteman dengan orang yang tidak memiliki ambisi dan pandangan ke depan, dapat menyeretmu semakin jauh dari tujuan awalmu.

3. Jangan terus mengandalkan satu teman

Kamu perlu menemukan keseimbangan dalam kehidupan sosial dengan memiliki beberapa teman untuk memenuhi kebutuhan yang berbeda-beda.

Misalnya, kamu perlu menemukan seorang teman yang bisa kamu ajak bermain, teman yang bisa kamu ajak belajar dan mengerjakan tugas-tugas kuliah bersama, dan teman lain untuk berolahraga bersama.

Nah, itu dia beberapa tips memilih teman yang tepat di kampus.

Jangan lupa kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta menarik lainnya!

Komentar
Artikel ini telah dibaca 19 kali

Baca Lainnya

Manfaat Mengikuti Volunteer Untuk Mahasiswa

26 Februari 2024 - 21:53 WIB

Tinjauan Pustaka: Pengertian, Manfaat, dan Fungsinya

26 Februari 2024 - 20:39 WIB

Tinjauan Pustaka

Apa itu Bootcamp? Kenali Manfaat dan Bedanya dengan Kuliah

19 Februari 2024 - 21:24 WIB

Apa itu Bootcamp

Jenis Makanan Yang Bisa Menambah Daya Ingat

19 Februari 2024 - 16:05 WIB

Jenis Makanan

Atasi Rasa Malas Belajar Dengan Mengikuti 3 Tips Ini, Yuk Simak!

17 Februari 2024 - 21:33 WIB

Tinjauan Pustaka

Menjadi Moderator Presentasi, Berikut Tips Yang Perlu Diperhatikan

17 Februari 2024 - 20:59 WIB

Apa itu Bootcamp
Trending di Edukasi