Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Tips dan Trik · 16 Agu 2022 18:00 WIB ·

Selamatkan Lambung, Berikut Tips Sehat Menambah Nafsu Makan


Img: pexels-daria-shevtsova Perbesar

Img: pexels-daria-shevtsova

Banyak faktor, termasuk kondisi fisik dan psikologis, yang dapat mengurangi atau menambah nafsu makan. Misalnya ketika kita sakit atau stres, kita sering kehilangan minat untuk makan. Selain itu, efek samping obat, ketersediaan makanan, dan kekurangan nutrisi semuanya berpengaruh pada selera makan yang tinggi atau rendah.

Nafsu makan yang berkurang selama beberapa hari dapat menyebabkan tubuh menjadi kurang gizi dan mengalami gangguan kesehatan, lho!

Berikut beberapa cara untuk meningkatkan nafsu makan kamu:

Banyak bergerak

Nafsu makan

Img: pexels-cliff-booth

Ketahuilah bahwa olahraga dapat meningkatkan nafsu makan. Hal ini dikarenakan aktivitas fisik seperti olahraga dapat membakar kalori dan menguras energi sehingga menyebabkan tubuh merasa lapar dan membutuhkan makanan.

Olahraga juga menyebabkan otak melepaskan zat kimia yang dapat meningkatkan mood dan merangsang nafsu makan. Sekitar 60 menit sebelum makan cobalah jalan-jalan santai atau lakukan olahraga ringan, seperti yoga.

Konsumsi suplemen

Nafsu makan

Img: pexels-yaroslav-shuraev-

Nutrisi tertentu, seperti vitamin dan mineral, dapat meningkatkan nafsu makan. Oleh karena itu, kamu dapat mengonsumsi berbagai suplemen penambah nafsu makan, termasuk seng, multivitamin, minyak ikan, dan echinacea.

Tentu saja, sebelum mengonsumsi suplemen tersebut, kamu harus berkonsultasi dengan dokter kamu.

Tidak minum sebelum makan

Nafsu makan

Img: pexels-cottonbro

Minum air putih sebelum atau di antara waktu makan bisa membuat perut terasa kenyang, sehingga mengurangi keinginan untuk makan. Oleh karena itu, disarankan untuk membatasi konsumsi air putih minimal 30 menit sebelum makan.

Makan dengan porsi kecil tapi sering daripada porsi banyak tapi jarang

Img: pexels-daria-shevtsova

Makanan dalam porsi besar tidak menarik bagi kebanyakan orang, terutama mereka yang tidak memiliki nafsu makan. Untuk menyiasatinya, bagilah porsi tiga kali makan besar menjadi 6-7 porsi kecil per hari dan hindari melewatkan sarapan.

Menyiapkan makanan yang menarik

Img: pexels-trang-doan

Ini adalah cara paling sederhana untuk meningkatkan minat makan. Sediakan makanan favorit kamu di lokasi yang mudah terlihat dan terjangkau sehingga kamu lebih tergoda untuk memakannya.

Cara lain adalah dengan melihat foto atau video makanan dan masakan. Cara ini juga bisa membangkitkan dan merangsang selera makan kamu.

Buatlah makanan kamu terlihat lebih menarik. Makanan berwarna-warni, misalnya, bisa membuat kamu ingin makan meski tidak lapar.

Bangun suasana berbeda yang menyenangkan

Img: pexels-edward-eyer

Selain menyiapkan makanan, kamu juga bisa menata meja makan agar terlihat seperti candlelight dinner dengan menyalakan lilin di atas meja. Kemudian berlatih sambil mendengarkan musik favorit kamu.

Jika selera makan kamu belum kembali normal setelah menerapkan tips di atas, kamu harus konsultasi dengan dokter kamu. Dokter akan menentukan penyebabnya dan memberikan pengobatan yang tepat.

Yuk, kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta unik lainnya ya!

Komentar
Artikel ini telah dibaca 20 kali

Baca Lainnya

Ramadhan 2024: Berikut Tips Menjaga Kesehatan Di Bulan Puasa

21 Februari 2024 - 20:05 WIB

Ramadhan 2024

Tips Atasi Rasa Kantuk Saat Di Dalam Kelas

18 Februari 2024 - 21:25 WIB

Tips Atasi Rasa Kantuk

Definisi Mencangkok Tanaman dan Langkah-Langkahnya

15 Februari 2024 - 20:36 WIB

Definisi Mencangkok Tanaman

Tata Krama Saat Berbicara Seperti Apa? Simak Di Sini!

13 Februari 2024 - 22:03 WIB

Tata Krama Saat Berbicara

Tips Meningkatkan Kontribusi Mahasiswa Dikampus

3 Februari 2024 - 23:03 WIB

Tips Meningkatkan Kontribusi

Tips Atasi Stress Ketika Belajar, Sudah Mencoba?

25 Januari 2024 - 15:29 WIB

Tips Atasi Stress
Trending di Tips dan Trik