Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Tips dan Trik · 6 Mei 2022 22:07 WIB ·

Tips Menanam Buah di Rumah Untuk Pemula


Img: Freepik/KamranAydinov Perbesar

Img: Freepik/KamranAydinov

Apakah kamu ingin belajar menanam buah di halaman rumah? Dan apakah kamu juga khawatir karena memiliki halaman yang kecil?

Sebenarnya kamu tidak perlu memiliki lahan luas untuk menanam berbagai macam buah-buahan di rumah. Jika kamu tidak memiliki ruang untuk pohon yang besar, kamu dapat menanam apel, pir, dan buah-buahan lainnya dalam bentuk mini.

Adanya pohon buah-buahan juga akan memberikan keindahan pada suasana rumahmu karena akan terlihat lebih asri. Yuk, kita cari tahu cara menanam buah-buahan di halaman rumah serta rekomendasi buahnya!

Cara menanam pohon buah

  1. Rendam akar tanaman dalam air atau teh pupuk kandang hingga 24 jam sebelum ditanam. Jangan pernah memaparkan akar tanaman yang polos ke angin atau matahari.
  2. Siapkan lahan untuk media tanam. Pastikan lahan terpapar sinar matahari kurang lebih 8 jam per hari. Gali tanah dengan diameter 2 kaki dan kedalaman sekitar 3 kaki, dan singkirkan batu dari lubang tanam.
  3. Pilih bibit unggul dengan ciri daun berwarna hijau cerah tidak ada bekas gigitan serangga dan ulat, akar serabutnya banyak, batang tanaman tegak lurus, dan lain sebagainya.
  4. Gunakan pupuk alami seperti dari tumpukan sampah sisa sayuran dan buah-buahan, kotoran hewan, dan lain sebagainya. Dengan memupuk tanaman memakai pupuk alami pastinya tanaman buah kamu jauh lebih sehat dan bebas bahan kimia.
  5. Jika kamu tidak memiliki lahan yang cukup untuk tanaman, kamu bisa menggunakan tabulampot. Contoh tanamannya seperti sawo, semangka, alpukat, belimbing, tomat, dan lain-lain.

Rekomendasi buah untuk ditanam di rumah

Stroberi

Kamu dapat memanen pohon stroberi dua kali setahun. Untuk menanam 10 pohon strawberry, gunakan pot dengan sistem drainase yang baik dengan kedalaman minimal 10 cm. Pastikan pohon terkena sinar matahari langsung.

Lemon

Kamu bisa menanam lemon dengan pupuk yang tingkatan fosfor tinggi. Berfungsi agar pohon lemon cepat berbuah. Pastikan tanaman terkena sinar matahari secara langsung untuk memastikan pohon lemon bertumbuh dengan baik.

Apel

Posisikan pohon apel pada area yang terpapar sinar matahari namun terlindung tidak terlalu panas, cocoknya terlindungi balkon atau atap rumah. Ukuran pot bisa kamu pilih yang lebarnya 50 cm.

Demikian tadi tips menanam buah-buahan di rumah beserta rekomendasi buah yang cocok. Jika kamu berniat menanam tumbuhan berbuah, kamu harus perhatikan kualitas bibit, pupuk, dan iklim ya, agar mendapatkan sinar matahari yang cukup! selamat mencoba!

Komentar
Artikel ini telah dibaca 33 kali

Baca Lainnya

Tips Selesaikan Tugas Akhir DKV dengan Lancar, Ini Dia!

2 Juni 2024 - 21:15 WIB

Tips Selesaikan Tugas

Tips Meningkatkan Skill Pengembangan Diri

29 Mei 2024 - 20:37 WIB

Tertarik Menjadi Script Writer

Cara Mengenali Bakat dalam Diri Pribadi, Wajib Tahu!

25 Mei 2024 - 23:08 WIB

Tips Sukses Kuliah di Jurusan Teknik, Tertarik?

25 Mei 2024 - 21:29 WIB

Tips Memilih Kegiatan Ekstrakurikuler untuk Anak

20 Mei 2024 - 22:28 WIB

Tips Memilih kegiatan ekstrakurikuler

Tips Menjalani Masa Probation yang Perlu Anda Ketahui

9 Mei 2024 - 22:25 WIB

Tips Menjalani Masa Probation
Trending di Tips dan Trik