Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Teknologi · 12 Sep 2022 14:10 WIB ·

Tips Mencegah Laptop Cepat Panas


img: pexel.com/christinamorillo Perbesar

img: pexel.com/christinamorillo

Masalah overheating pada laptop adalah hal yang cukup umum terjadi. Pada umumnya masalah ini bisa diatasi dengan mudah. Namun, terkadang overheating bisa menyebabkan kegagalan hardware atau bahkan kerusakan permanen, lho. Untuk itu, yuk simak tips mencegah laptop cepat panas berikut ini!

Memperbaiki sistem pendingin internal

Hal pertama yang harus kamu lakukan agar laptop tidak panas adalah dengan membersihkan kipas pendingin CPU dan kartu grafis.

Semakin sering kamu menggunakan laptop, akan semakin tebal debu yang menghalanginya. Hal tersebut lah yang akan mengakibatkan overheating.

Untuk melakukannya, kamu harus mematikan laptop, mengeluarkan baterai, dan pastikan tidak ada aliran listrik yang tersambung. Kemudian, buka bagian bawah laptop, kamu akan menemukan kipas kecil di sana. Bersihkan dengan kapas yang diberi alkohol. Kamu juga bisa membersihkannya dengan vacuum cleaner.

Menggunakan Laptop di Permukaan Keras

Sebagian besar laptop menyedot udara sebagai pendingin melalui bagian bawahnya. Itulah kenapa penting untuk menggunakannya di permukaan yang keras.

Udara bisa masuk dengan lebih mudah sehingga sistem pendingin berjalan lebih lancar. Kamu bisa menggunakan meja dari kayu, logam, atau plastik. Jika memungkinkan gunakan meja khusus untuk laptop yang bagian bawahnya terbuka.

Menggunakan Alat Pendingin Laptop

Tentu kamu sudah tidak asing dengan alat pendingin laptop kan? Ada yang berupa tatakan dengan kipas kecil di bagian bawahnya, ada pula mesin pendingin yang bisa ditancapkan ke ventilasi yang ada di bagian samping. Alat tersebut terbukti bisa membantu mendinginkan CPU laptop yang bekerja secara intens.

Nah, itu dia tips untuk mencegah laptop cepat panas. Harus segera antisipasi, ya! Sebab laptop yang panas dapat menyebabkan laptop menjadi lemot.

Jangan lupa kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta seputar teknologi lainnya!

Komentar
Artikel ini telah dibaca 4 kali

Baca Lainnya

Curiga Di Hack Orang Lain, Lakukan Cara Ini di HP Anda

28 Maret 2024 - 21:42 WIB

Curiga di hack orang

Isi Daya iPhone 15 Lemot? Ini Solusinya

26 Maret 2024 - 19:21 WIB

Isi Daya IPhone

Kebiasaan Sepele Yang Bisa Merusak Baterai Laptop

26 Maret 2024 - 18:31 WIB

Kebiasaan Sepele

Tips Dapat Nilai Bagus pada Tes Skolastik UTBK SNBT

11 Maret 2024 - 21:30 WIB

Tips dapat nilai bagus

Cara Mudah Keluarkan Air Dari IPhone, Jangan Gunakan Hair Dryer

8 Maret 2024 - 22:50 WIB

Isi Daya IPhone

Apa itu CMS: Pengertian, Fitur, Fungsi, dan Jenis

6 Maret 2024 - 20:33 WIB

Apa itu CMS
Trending di Teknologi