Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Life Hack · 1 Nov 2022 12:11 WIB ·

Tips Mencegah Munculnya Flek Hitam di Wajah


Img: Pexels/Shiny-Diamond- Perbesar

Img: Pexels/Shiny-Diamond-

Tips mencegah munculnya flek hitam di wajah –Flek hitam adalah salah satu masalah kulit paling umum yang dihadapi wanita. Wanita seringkali menggunakan berbagai perawatan untuk mencegah dan menghilangkan flek hitam yang dapat membuat wajah tampak tidak menarik.

Melansir medicalnewstoday.com menyatakan bahwa bintik hitam biasanya disebabkan oleh hiperpigmentasi, yang terjadi ketika kulit memproduksi melanin dalam jumlah berlebihan. Selain itu, paparan sinar matahari, penuaan, dan perubahan hormonal seperti kehamilan atau menopause semuanya dapat berkontribusi pada hiperpigmentasi.

Tips mencegah munculnya flek hitam di wajah

Menggunakan vitamin C

Vitamin C merupakan salah satu vitamin yang memiliki segudang manfaat. Ini dapat digunakan sebagai antioksidan topikal untuk membantu memblokir radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan kulit seperti garis-garis halus, kerutan, dan kulit kusam.

Vitamin C memiliki kemampuan untuk mencerahkan wajah dan menargetkan area pigmentasi yang bermasalah karena kandungannya. Alhasil, kita bisa menggunakan produk perawatan wajah yang mengandung vitamin C untuk mencegah munculnya flek hitam di wajah.

Menggunakan sunscreen

Penggunaan tabir surya adalah metode yang populer untuk mencegah munculnya bintik hitam. Kamu mungkin sudah banyak yang mengetahui bahwa paparan sinar matahari merupakan salah satu penyebab timbulnya flek hitam di wajah.

Oleh karena itu, cara terbaik untuk menghindarinya adalah dengan menggunakan tabir surya baik di dalam maupun di luar ruangan. Tabir surya mengandung zinc oxide atau titanium oxide, yang dapat mencegah paparan sinar matahari dan munculnya bintik hitam.

Menggunakan retinol

Retinol atau retinoid mengandung turunan vitamin A yang dapat meningkatkan pergantian sel kulit baru, sehingga bintik hitam memudar secara bertahap. Namun, karena dapat menyebabkan iritasi, perawatan kulit ini sebaiknya tidak kamu gunakan secara rutin.

Selanjutnya, produk yang mengandung retinoid tidak boleh kamu gunakan selama kehamilan karena vitamin A terkadang dapat menyebabkan cacat lahir. Selain itu, dapat menyebabkan kulit sensitif terhadap paparan sinar UV, jadi ketika kamu menggunakan retinoid, penting untuk menggunakan SPF yang aman.

Eksfoliasi

Eksfoliasi menjadi salah satu perawatan wajah yang populer di masa pandemi Covid-19. Proses eksfoliasi, selain mengangkat sel kulit mati, dapat membantu mencegah munculnya flek hitam di wajah, sehingga membuat kulit tampak lebih cerah.

Namun, perlu kamu ketahui bahwa pengelupasan kulit bisa menjadi keras terutama pada kulit sensitif. Oleh karena itu, kamu harus berkonsultasi dengan dokter kulit sebelum melakukan eksfoliasi.

Yuk, kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta unik lainnya ya!

 

Komentar
Artikel ini telah dibaca 6 kali

Baca Lainnya

Tips Selesaikan Tugas Akhir DKV dengan Lancar, Ini Dia!

2 Juni 2024 - 21:15 WIB

Tips Selesaikan Tugas

Tips Meningkatkan Skill Pengembangan Diri

29 Mei 2024 - 20:37 WIB

Tertarik Menjadi Script Writer

Cara Mengenali Bakat dalam Diri Pribadi, Wajib Tahu!

25 Mei 2024 - 23:08 WIB

Tips Sukses Kuliah di Jurusan Teknik, Tertarik?

25 Mei 2024 - 21:29 WIB

Tips Memilih Kegiatan Ekstrakurikuler untuk Anak

20 Mei 2024 - 22:28 WIB

Tips Memilih kegiatan ekstrakurikuler

Tips Menjalani Masa Probation yang Perlu Anda Ketahui

9 Mei 2024 - 22:25 WIB

Tips Menjalani Masa Probation
Trending di Tips dan Trik