Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Tips dan Trik · 5 Jul 2024 20:11 WIB ·

Tips Mengatur Keuangan Gaji 5 Juta ala Dosen Tel-U


Ilustrasi Uang (img: pexels.com by  karolina grabowska) Perbesar

Ilustrasi Uang (img: pexels.com by karolina grabowska)

Belajar mengelola keuangan pribadi menjadi sangat penting di tengah ketidakpastian ekonomi saat ini. Mengelola keuangan bukan hanya sekedar mencatat pemasukan dan pengeluaran, tetapi juga melibatkan pembuatan anggaran bulanan, membangun dana darurat, menabung dan berinvestasi, serta persiapan pensiun. Dalam artikel ini, Assoc. Prof. Dr. Andry Alamsyah dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Telkom University menjelaskan tips praktis mengatur keuangan, khususnya bagi mereka dengan penghasilan sekitar Rp5 juta per bulan.

Andry menyarankan langkah pertama dalam mengelola keuangan pribadi adalah mencatat semua pemasukan dan pengeluaran. Dengan demikian, seseorang dapat memahami kondisi keuangan mereka dan mulai merencanakan anggaran yang tepat. “Anggaran bulanan sangat penting untuk mengontrol pengeluaran, memastikan kebutuhan terpenuhi, dan memungkinkan menabung atau berinvestasi. Buat anggaran dengan mencatat semua sumber pendapatan, kemudian bagi pengeluaran menjadi kategori seperti kebutuhan dasar, keinginan, dan tabungan/investasi. Pastikan total pengeluaran tidak melebihi pendapatan,” jelas Andry.

Tips Mengatur Keuangan Dengan Gunakan Prinsip 50/30/20

Tips Mengelola Keuangan

Ilustrasi Prinsip 50 30 20 (img: djp.kemenkeu.go.id)

Andry menyarankan menggunakan prinsip 50/30/20 dalam mengalokasikan pengeluaran: 50% untuk kebutuhan pokok, 30% untuk keinginan, dan 20% untuk tabungan atau investasi. Struktur pengeluaran umumnya mencakup kebutuhan dasar, pembayaran utang atau cicilan, pengeluaran untuk pendidikan dan hiburan, kesehatan dan asuransi, serta tabungan dan investasi.

Tips Mengelola Keuangan dengan Mengurangi Pengeluaran Yang Tidak Perlu

Crowdfunding

Ilustrasi Penyesuaian (img: pexels.com by karolina grabowska)

Untuk menjaga stabilitas keuangan, Andry memberikan beberapa tips untuk mengurangi pengeluaran yang tidak perlu seperti:

  • Buat daftar prioritas pengeluaran untuk menghindari pembelian yang tidak diperlukan.
  • Kurangi makan di luar dan lebih sering memasak di rumah.
  • Hindari pembelian impulsif dengan menunda keinginan selama 24 jam.
  • Manfaatkan diskon dan promosi.
  • Kurangi langganan yang jarang digunakan.

Cara Mempersiapkan Dana Darurat

Tips Mengatur Keuangan

Ilustrasi Hitung Biaya (img: pexels com by karolina grabowska)

Andry menyarankan untuk menyisihkan dana darurat sebesar 3-6 bulan pengeluaran rutin di rekening terpisah dan memiliki asuransi untuk melindungi dari risiko finansial besar.

Tips Mengatur Keuangan Dengan Memulai Investasi

Tips Mengelola Keuangan

Ilustrasi Analisis SKB (img: pixabay.com)

Bagi yang siap berinvestasi, Andry merekomendasikan diversifikasi aset dan menggunakan metode Dollar-Cost Averaging (DCA). Selain itu, pelajari instrumen investasi melalui pendidikan dan penelitian terhadap aset yang akan di beli.

Aplikasi Untuk Mengatur Keuangan dan Investasi

Mengenal Pasar Modal

Ilustrasi Saham (img: umsu.ac.id)

Untuk pencatatan keuangan pribadi, beberapa aplikasi yang dapat di gunakan antara lain Google Sheets, Spendee, Money Manager, dan Goodbudget. Untuk investasi, aplikasi seperti Bibit, Bareksa, Ajaib, Coinbase, Binance, Delta, dan Exodus dapat membantu.

 

Andry menyarankan agar yang berpenghasilan Rp5 juta mulai berinvestasi pada instrumen keuangan yang aman dan likuid seperti Reksa Dana Pasar Uang atau Deposito. Untuk potensi keuntungan yang lebih tinggi, bisa mencoba Reksa Dana Campuran atau Saham, tetapi dengan risiko yang lebih tinggi pula. Di versifikasi investasi dan penggunaan aplikasi yang user-friendly sangat di anjurkan.

Komentar
Artikel ini telah dibaca 6 kali

Baca Lainnya

Tips Persiapan Dunia Perkuliahan bagi Gen Z

18 Juli 2024 - 21:27 WIB

Faktor Yang Mempengaruhi

Tips Tingkatkan Skor IELTS Agar Lolos Beasiswa

17 Juli 2024 - 20:30 WIB

Tips Merawat Ikan Patin Hingga Panen, Tertarik Mencoba?

5 Juli 2024 - 20:31 WIB

Tips Merawat Tanaman Di Dalam Ruangan saat Musim Dingin

3 Juli 2024 - 20:28 WIB

Tips Merawat Tanaman

Tips Efektif Menulis Bab 1 Skripsi agar Di ACC Dosen Pembimbing

20 Juni 2024 - 16:12 WIB

Ide ngabuburit

Tips Pulihkan Energi dan Menghadapi Masa Sulit di Semester Akhir

19 Juni 2024 - 16:44 WIB

Trending di Tips dan Trik