Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Tips dan Trik · 12 Agu 2022 18:00 WIB ·

Tips Mengelola Kebutuhan Dapur Agar Tidak Boros


Img: pexels-live-on-shot Perbesar

Img: pexels-live-on-shot

Mengelola kebutuhan dan keuangan keluarga bisa memakan waktu dan pemikiran, terutama bagi para ibu yang sering menjadi ‘menteri keuangan keluarga’ di rumah. Salah satu kantong budget yang tak diragukan lagi adalah dapur pokok untuk kebutuhan makan sehari-hari keluarga. Agar dapur tetap ‘produktif dan efisian’, tampaknya kita harus memutar otak untuk memastikan agar uang belanja dapur tidak melebihi anggaran dan cashflow tetap terjaga.

“Makanan merupakan salah satu kebutuhan pokok setiap orang yang tidak bisa diabaikan,” kata Laurensius Zaouputra, GM Marketing Prima Freshmart. Karena sifatnya yang teratur dan berkesinambungan, anggaran makanan sehari-hari biasanya menjadi salah satu kantong anggaran yang mudah ‘bocor’. Sebagian besar keluarga merasa ini sulit. Bagaimana keluarga bisa tetap sehat sekaligus tetap stabil secara finansial. Menyadari tantangan tersebut, Prima Freshmart, pendamping dapur kamu, telah bermitra dengan ShopeePay untuk menawarkan berbagai promosi cashback sepanjang bulan Agustus. Hal ini diharapkan dapat membantu masyarakat dalam mengatur pengeluaran dapur mereka.”

Banyak orang percaya bahwa menyiapkan makanan sendiri di rumah adalah jawabannya. Namun, telah ditemukan bahwa ini bukan jaminan jika tidak ditangani dengan benar. Berikut adalah tips untuk membantu kamu mengelola kebutuhan dapur kamu agar tetap hemat:

Terapkan teknik food preparation

Sekarang saatnya untuk mulai memasak setelah kamu berbelanja bahan makanan dengan memanfaatkan diskon. Persiapan makanan secara umum adalah suatu cara untuk menyiapkan bahan mentah untuk memasak, seperti mencuci, memotong, dan mencacah. Semua bahan tersebut bisa kamu siapkan sesuai dengan menu mingguan yang telah kamu rencanakan sebelumnya. Hal ini memungkinkan kamu untuk membagi bahan makanan lebih tepat untuk setiap menu.

Cara ini cukup efektif untuk menjaga bahan dapur tetap segar selama seminggu; cukup siapkan wadah kering dan tertutup. Kamu juga bisa membeli berbagai produk makanan beku yang tahan lama untuk mempermudah seperti daging ayam, bebek, dan berbagai produk olahan berkualitas tinggi lainnya.

Penyimpanan makanan menjadi lebih mudah dengan metode persiapan makanan ini.

Membuat daftar rencana menu

Trik yang satu ini sangat penting untuk mengurangi pengeluaran dapur. Sadar atau tidak, saat berbelanja perlengkapan dapur, kita memiliki kecenderungan untuk membeli secara berlebihan karena ‘siapa yang tahu apa yang kita butuhkan?’ Meski ada beberapa bahan yang terbuang sia-sia karena membusuk di dapur karena tidak yakin dengan menu apa yang harus kita siapkan.

Inilah sebabnya mengapa membuat daftar menu makanan mingguan sangat penting. Jadi kita bisa tahu persis bahan apa saja yang kita butuhkan selama satu minggu dan mengurangi risiko sampah dapur.

Memanfaatkan sisa bahan makanan

Jika kamu sudah membuat menu dan menggunakan teknik penyiapan makanan, namun masih ada sisa, coba masukkan bahan-bahan tersebut ke dalam masakan lainnya. Sisa tulang dan sayuran, misalnya, bisa kita gunakan untuk membuat kaldu yang enak. Sebagai camilan sore, olah kembali sisa roti menjadi crouton atau roti kering yang renyah. Kamu juga bisa memasak kembali sisa stik sayur dan kulit ayam menjadi aneka gorengan atau kroket yang enak.

Yuk, kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta unik lainnya ya!

Komentar
Artikel ini telah dibaca 4 kali

Baca Lainnya

Tips Efektif Menulis Bab 1 Skripsi agar Di ACC Dosen Pembimbing

20 Juni 2024 - 16:12 WIB

Ide ngabuburit

Tips Pulihkan Energi dan Menghadapi Masa Sulit di Semester Akhir

19 Juni 2024 - 16:44 WIB

Tips Hadapi Seminar Magang Agar Berjalan Lancar dan Sukses

19 Juni 2024 - 16:30 WIB

Pemasaran sosial

Tips Networking Ini Bisa Mahasiswa Terapkan, Wajib Tahu!

18 Juni 2024 - 16:01 WIB

Tips Meningkatkan skill pengembangan

Tips Selesaikan Tugas Akhir DKV dengan Lancar, Ini Dia!

2 Juni 2024 - 21:15 WIB

Tips Selesaikan Tugas

Tips Meningkatkan Skill Pengembangan Diri

29 Mei 2024 - 20:37 WIB

Tertarik Menjadi Script Writer
Trending di Tips dan Trik