Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Tips dan Trik · 10 Jul 2022 12:00 WIB ·

Tips Hadapi Rekan Kerja yang Kurang Semangat, Jangan Dibiarin!


Img: Pexels/Canva-studio Perbesar

Img: Pexels/Canva-studio

Kita sering diminta untuk bekerja sebagai bagian dari tim di tempat kerja. Namun, banyak dari kita menjumpai rekan kerja yang kurang semangat, kompeten bahkan tidak kooperatif, sehingga menghambat pekerjaan.

Apa yang harus kita lakukan jika kita menemukan diri kita dalam situasi ini? Berikut ini adalah beberapa tips untuk menghadapi rekan-rekan yang tidak kompeten dari IDXChannel:

Menegur dan mengingatkan

Jika kamu harus berurusan dengan rekan kerja yang seperti itu, cobalah bersikap baik kepada mereka. Coba ingatkan dia tentang tugas yang harus dia selesaikan di tempat kerja. Ingatkan dia bahwa tenggat waktu pekerjaan sudah dekat. Jangan takut untuk menegur atau mengingatkan rekan kerja kita tentang masalah pekerjaan. Kamu juga dapat menanyakan tentang status pekerjaan yang dilakukan pada suatu kesempatan.

Ajak Diskusi

Kamu juga bisa mengajak rekan kerja kamu untuk berbicara tentang tantangan yang mereka hadapi. Berbicara dengan mereka secara langsung untuk mencari tahu mengapa dia tidak kompeten. Kamu juga dapat menggunakan kesempatan ini untuk mencoba memahami situasi dari sudut pandang rekan kerja kamu sehingga mereka dapat menemukan solusi bersama.

Bicarakan dengan Atasan

Jika kamu sudah mencoba segala cara untuk membuatnya membicarakannya dan mengingatkannya, tetapi tetap tidak berhasil, kamu dapat membicarakannya dengan atasan kamu. Berbicara dengan atasan kamu tidak berarti mengeluh; melainkan bekerja sama dengan atasan kamu untuk mencari solusi terbaik agar kamu dan mereka tetap nyaman dan produktif.

Fokus pada Pekerjaan Sendiri

Kamu juga dapat berkonsentrasi pada pekerjaan kamu sendiri tanpa harus berurusan dengan mereka yang tidak kompeten. Jika berbagai pendekatan, seperti mengingatkan, mengajak diskusi, atau meminta solusi dari atasan, gagal, kamu tidak perlu lagi fokus pada mereka. Cukup penuhi kewajiban dan tugas kamu agar pekerjaan kamu tidak terganggu.

Bersabar

Nasihat terakhir untuk menghadapi mereka adalah bersabar. Cobalah untuk tidak terpengaruh oleh sikap tidak kompeten mereka. Tetap positif dan fokus pada pekerjaan kamu sehingga kamu tidak bosan dengan sikap negatif rekan kerja kamu.

Tips menghadapi rekan kerja yang tidak kompeten ini bisa kamu jadikan referensi. Jika kamu memiliki tim yang kurang kompeten, tetap tenang dan berpikir positif. Mungkin mereka tidak kompeten dalam pekerjaan itu tetapi memiliki kemampuan di bidang lain.

 

Yuk, kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta unik lainnya ya!

Komentar
Artikel ini telah dibaca 183 kali

Baca Lainnya

Tips Persiapan Dunia Perkuliahan bagi Gen Z

18 Juli 2024 - 21:27 WIB

Faktor Yang Mempengaruhi

Tips Tingkatkan Skor IELTS Agar Lolos Beasiswa

17 Juli 2024 - 20:30 WIB

Tips Merawat Ikan Patin Hingga Panen, Tertarik Mencoba?

5 Juli 2024 - 20:31 WIB

Tips Mengatur Keuangan Gaji 5 Juta ala Dosen Tel-U

5 Juli 2024 - 20:11 WIB

Jurusan manajemen jadi pebisnis

Tips Merawat Tanaman Di Dalam Ruangan saat Musim Dingin

3 Juli 2024 - 20:28 WIB

Tips Merawat Tanaman

Tips Efektif Menulis Bab 1 Skripsi agar Di ACC Dosen Pembimbing

20 Juni 2024 - 16:12 WIB

Ide ngabuburit
Trending di Tips dan Trik