Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Tips dan Trik · 24 Apr 2022 11:54 WIB ·

Tips dan Trik Menjaga Kesehatan Tubuh Pada Mahasiswa Selama Kuliah Online


Img by Pixabay Perbesar

Img by Pixabay

Di era zaman seperti ini, menjaga kesehatan tubuh merupakan hal yang sangat penting bagi diri sendiri. Padahal, banyak sekali orang lain yang kurang pengetahuan dan wawasan terhadap pentingnya menjaga kesehatan terutama pada tubuh manusia. Apalagi sekarang ini semuanya serba online. Salah satunya adalah para mahasiswa saat ini sedang menjalankan kuliah online atau biasa disebut dengan daring. 

Namun, kita sebagai para mahasiswa harus bisa mempunyai daya tahan tubuh yang optimal dalam menjalani aktivitas kuliah online di rumah. Banyak yang berasumsi bahwa menjaga kesehatan tubuh ini akan menjadi mudah lelah, remaja jompo alias tubuhnya tidak kuat lagi duduk di depan laptop, dan lain-lainnya. Ini merupakan faktor yang harus kita perhatikan dalam setiap harinya. Berikut ini tips dan trik menjaga kesehatan tubuh pada mahasiswa selama kuliah online sebagai berikut:

  • Selalu Menjaga Kebersihan di Ruang Kamar

Ini merupakan salah satu yang menjadikannya sebuah pemicu faktor pendukung dalam kesehatan tubuh kita, terkadang adapun dari kita yang sangat malas untuk membersihkan ruang kamar sendiri apalagi setelah menjalani kuliah online. Kita harus selalu menjaga kebersihan dalam setiap harinya agar semua kuman dan bakteri tidak menempel pada benda-benda di sekitar kita, contohnya seperti membersihkan rak buku dengan menggunakan kemoceng, membersihkan laptop kita dengan tisu kering, dan lain-lainnya.

  • Perbanyak Mengkonsumsi Zat Gizi yang Seimbang dan Teratur

Dalam hal ini, banyak sekali para mahasiswa yang sering sekali kita mengkonsumsi makan-makanan yang pedas, junkfood, dan yang lain-lainnya. Untuk itu, kita yang berada di rumah pun harus bisa mengatur pola makan yang sehat serta banyak mengkonsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan. Saat ini para mahasiswa yang sedang tinggal di kos akan terjadi efek yang membuat tubuhnya semakin menurun contohnya kadang para mahasiswa makan nya itu 1 hari sekali padahal waktu makan yang di anjurkan itu sebanyak 3 kali sehari. Maka dari itu, ini pun menjadi sebuah tantangan diri sendiri untuk sadar akan hal kesehatan bagi tubuh kita.

  • Mengkonsumsi Air Putih yang Cukup

Mengkonsumsi air putih ini menjadikan salah satu yang paling anggap kita sepele dalam menjalani kuliah online. Kadang-kadang kita lupa sekali pada jam untuk waktunya mengkonsumsi air putih ini. Dilansir dari WHO berpendapat bahwa mengkonsumsi air putih yang baik itu berkisar 8 liter dalam 1 hari nya. Jadi, air putih ini sangat berperan sekali di dalam kondisi kesehatan tubuh kita.

  • Jangan Begadang di Malam Hari

Banyak sekali para mahasiswa yang sedang mengerjakan tugas kuliahnya pada malam hari karena pada waktu tersebut merupakan waktu yang terbaik untuk dilakukannya. Padahal, begadang itu sangat tidak baik untuk kesehatan tubuh kita akan berpengaruh pada meningkatnya risiko berbagai penyakit. Pada umumnya, manusia butuh waktu jam tidur berkisar antara 7-9 jam per hari nya. Oleh karena itu, kita harus butuh jam waktu istirahat di malam hari dan jangan sampai begadang untuk setiap hari nya. 

  • Beraktivitas Olahraga

Olahraga ini merupakan salah satu aktivitas fisik yang sering kita lakukan. Selain itu juga, manfaatkan waktu untuk berolahraga setelah mengerjakan tugas kuliah serta sesudah mengikuti perkuliahan online yang setiap harinya kita harus menatap mat akita di depan layar laptop. Adapun contoh olahraganya yaitu: melakukan push up, sit up, berjalan santai di depan rumah, dan masih banyak lagi. Hal tersebut menjadikan tubuh kita tetap sehat dan bugar terutama untuk kondisi kesehatan pada tubuh kita.

Menjaga kesehatan itu merupakan salah saktu faktor yang sangat penting sekali dalam kehidupan kita. Oleh karena itu, para mahasiswa diharapkan mampu melakukan tips dan trik ini diterapkan setiap hari. Karena kalau kondisi kesehatan sudah menurun akan berdampak pada kondisi masalah tubuh yang tidak baik. 

Kontributor Media Edukasi Indonesia : Maharani Indah Palenda

Komentar
Artikel ini telah dibaca 39 kali

Baca Lainnya

Tips Selesaikan Tugas Akhir DKV dengan Lancar, Ini Dia!

2 Juni 2024 - 21:15 WIB

Tips Selesaikan Tugas

Tips Meningkatkan Skill Pengembangan Diri

29 Mei 2024 - 20:37 WIB

Tertarik Menjadi Script Writer

Cara Mengenali Bakat dalam Diri Pribadi, Wajib Tahu!

25 Mei 2024 - 23:08 WIB

Tips Sukses Kuliah di Jurusan Teknik, Tertarik?

25 Mei 2024 - 21:29 WIB

Tips Memilih Kegiatan Ekstrakurikuler untuk Anak

20 Mei 2024 - 22:28 WIB

Tips Memilih kegiatan ekstrakurikuler

Tips Menjalani Masa Probation yang Perlu Anda Ketahui

9 Mei 2024 - 22:25 WIB

Tips Menjalani Masa Probation
Trending di Tips dan Trik