Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Tips dan Trik · 8 Des 2022 12:00 WIB ·

Tips Menjaga Rambut Tetap Sehat Meskipun Berhijab


Img: Pexels/Destiawan-Nur-Agustra Perbesar

Img: Pexels/Destiawan-Nur-Agustra

Tips Menjaga Rambut Tetap Sehat Meskipun Berhijab –Meskipun rambut tidak terlihat karena tertutupi oleh hijab, namun rambut harus tetap dirawat ya!

Rambut yang sering tertutup justru cenderung rentan mengalami banyak masalah, seperti kerontokan, gatal kulit kepala, hingga ketombe, hal ini karena kondisi kulit kepala yang lembap. Oleh karena itu, untuk itu kamu wajib tahu cara menjaga rambut tetap sehat meskipun berhijab.

Tips Menjaga Rambut Tetap Sehat Meskipun Berhijab

Keramas secara teratur

Setelah melakukan aktivitas yang padat di dalam maupun di luar ruangan, tentu tidak dapat dipungkiri kepala mengeluarkan keringat dan menyebabkan rambut lepek. Karena kondisi rambut yang pengap dan selalu tertutup, sehingga otomatis lebih asam dan lempab. Kalau tidak keramas secara rutin maka keringat itu mengendap menjadi ketombe. Akhirnya kepala kamu terasa gatal dan banyak ketombe. Akan lebih baik sering keramas, bukan?

Pastikan rambut kering

Usahakan rambut sudah kering sebelum mengenakan hijab. Karena rambut yang masih basah atau belum sepenuhnya kering jika tertutup hijab akan lepek. Belum lagi jika nanti mengeluarkan keringat yang banyak, pasti rambut akan menjadi bau antara rambut basah dan keringat. Bisa kamu bayangkan? Jadi, lebih baik kamu mengeringkan rambut terlebih dahulu sebelum mengenakan hijab.

Sisir dan ikat rambut dengan baik

Setelah memastikan rambut sudah kering, jangan lupa untuk menyisir rambut hingga rapi dan tidak ada kusut sebelum rambut diikat. Bertujuan agar rambut tetap tertata dan tidak ada yang rontoh ketika ikatannya dilepas. Perlu kamu perhatikan bahwa jangan mengikat rambut terlalu kencang karena tidak baik bagi peredaran darah di kepala yang akan mengakibatkan pusing. Selain itu juga dapat mengakibatkan rambut patah dan bercabang.

Kenakan hijab yang menyerap keringat

Pilihlah hijab yang menyerap air dan keringat sehingga keringat tidak mengendap di kulit kepala yang memunculkan ketombe. Bahan hijab bisa berupa bahan kaos atau katun. Bahan katun memberi lebih banyak ruang udara untuk kulit kepala, serta menjaga rambut tertutup dengan baik. Dan juga sebaiknya menghindari hijab berwarna gelap terutama kamu yang melakukan kegiatan di luar ruangan di bawah terik matahari. Hal ini karena warna gelap cepat menyerap panas matahari.

Istirahatkan rambut

Ketika ada waktu luang dan waktunya melepas hijab, lebih baik lepas juga ikatan rambut kamu agar rambut bisa istirahat dan bernafas. Apalagi jika kamu sudah menutupnya seharian, pasti akan semakin lembap jika tidak segera terbuka. Jadi, lepaskan ikatan rambut agar rambut lebih segar dan bisa mengurangi kerontokan.

Rutin potong rambut

Meski tidak banyak orang yang melihat rambut kamu, jangan menyepelekan kesehatan rambut. Memotong rambut secara rutin merupakan salah satu upaya merawat rambut dari kerontokan dan bercabang. Disarankan memotong rambut secara rutin agar rambut bisa tumbuh dengan sehat.

Nah, tips-tips di atas bisa diterapkan oleh para hijabers. Selain tips di atas, sebenarnya perawatan rambut wanita berhijab itu sama saja dengan wanita lain pada umumnya.

Kamu juga bisa menggunakan haircare seperti masker rambut, minyak rambut, vitamin rambut, dan sebagainya untuk menjaga kelembaban dan kesehatan rambut juga kulit kepala. Jika kamu mempunyai masalah berat pada kulit kepala atau rambut saat memakai hijab, sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter spesialis kulit atau dermatolog.

 

Yuk, kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta unik lainnya ya!

 

Komentar
Artikel ini telah dibaca 8 kali

Baca Lainnya

Tips Selesaikan Tugas Akhir DKV dengan Lancar, Ini Dia!

2 Juni 2024 - 21:15 WIB

Tips Selesaikan Tugas

Tips Meningkatkan Skill Pengembangan Diri

29 Mei 2024 - 20:37 WIB

Tertarik Menjadi Script Writer

Cara Mengenali Bakat dalam Diri Pribadi, Wajib Tahu!

25 Mei 2024 - 23:08 WIB

Tips Sukses Kuliah di Jurusan Teknik, Tertarik?

25 Mei 2024 - 21:29 WIB

Tips Memilih Kegiatan Ekstrakurikuler untuk Anak

20 Mei 2024 - 22:28 WIB

Tips Memilih kegiatan ekstrakurikuler

Tips Menjalani Masa Probation yang Perlu Anda Ketahui

9 Mei 2024 - 22:25 WIB

Tips Menjalani Masa Probation
Trending di Tips dan Trik