Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Life Hack · 22 Agu 2022 18:00 WIB ·

5 Tips Menolak Tawaran Kerja yang Benar


Img: pexels-artem-podrez Perbesar

Img: pexels-artem-podrez

Kita tentu memerlukan pekerjaan untuk menunjang kelangsungan hidup kita. Namun, ada kalanya kita tidak dapat menerima tawaran kerja. Karena tidak sesuai atau karena faktor lain seperti benefit yang tidak sesuai dengan tanggung jawab yang akan kita emban, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, kita sering terpaksa menolak tawaran pekerjaan tersebut. Namun, bagaimanapun kita tidak boleh gegabah atau sembarangan dalam menolaknya. Kita harus melakukannya dengan attitude yang baik dan sopan. Sebab, Sangat penting untuk menjaga hubungan baik dengan perusahaan atau individu yang memberi tawaran pekerjaan tersebut. Berikut beberapa tips dalam menolak tawaran pekerjaan dengan sopan:

Terima kasih pada penawaran

Saat jika kita tidak cocok atau tidak dapat menerima pekerjaan, kita harus tetap mengucapkan terima kasih atas kesempatan yang mereka berikan. Lagi pula, tawaran pekerjaan tersebut menyiratkan bahwa orang atau perusahaan itu percaya pada kemampuan kita untuk melakukan pekerjaan itu. Alhasil, kita patut bersyukur atas kepercayaan itu, serta berharap mereka tidak kehilangan respect pada kita.

Tunjukkan apresiasi

Selain mengucapkan terima kasih, kita harus menunjukkan apresiasi atas tawaran itu. Misalnya, kita dapat mengatakan bahwa kita benar-benar tertarik dengan tawaran itu, atau bahwa posisi yang ditawarkan sangat menarik, dan sebagainya. Hal ini dilakukan untuk menunjukkan apresiasi atas tawaran tersebut sambil menghindari kesan meremehkan.

Permintaan maaf belum bisa menerima tawaran

Karena kita tidak dapat menerima tawaran pekerjaan, kita harus dapat meminta maaf kepada pihak yang bersangkutan. Hal ini dilakukan agar hubungan tetap terjaga dengan baik. Sangat tidak sopan bagi pemberi penawaran untuk menolak mentah-mentah atau tanpa berita apa pun.

Sampaikan alasan menolak

Selain meminta maaf, kita harus bisa menjelaskan mengapa kita tidak bisa menerima tawaran pekerjaan itu.

Misalnya, kita mungkin merasa tidak cocok karena kita masih bekerja di tempat lain. Kita harus menyampaikan alasannya dengan jelas sambil menghindari menyinggung pihak pemberi penawaran.

Jaga hubungan baik

Bahkan jika kita tidak dapat menerima tawaran pekerjaan dan berkolaborasi, kita harus menjaga hubungan kerja yang positif dengan pemberi tawaran.

Mungkin lain kali kita membutuhkan pekerjaan atau untuk sesuatu yang lain. Bahkan jika tidak ada kebutuhan, lebih baik menjaga hubungan baik daripada merusaknya.

Yuk, kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta unik lainnya ya!

 

 

Komentar
Artikel ini telah dibaca 6 kali

Baca Lainnya

Tips Selesaikan Tugas Akhir DKV dengan Lancar, Ini Dia!

2 Juni 2024 - 21:15 WIB

Tips Selesaikan Tugas

Tips Meningkatkan Skill Pengembangan Diri

29 Mei 2024 - 20:37 WIB

Tertarik Menjadi Script Writer

Cara Mengenali Bakat dalam Diri Pribadi, Wajib Tahu!

25 Mei 2024 - 23:08 WIB

Tips Sukses Kuliah di Jurusan Teknik, Tertarik?

25 Mei 2024 - 21:29 WIB

Tips Memilih Kegiatan Ekstrakurikuler untuk Anak

20 Mei 2024 - 22:28 WIB

Tips Memilih kegiatan ekstrakurikuler

Tips Menjalani Masa Probation yang Perlu Anda Ketahui

9 Mei 2024 - 22:25 WIB

Tips Menjalani Masa Probation
Trending di Tips dan Trik