Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Tips dan Trik · 2 Okt 2022 18:00 WIB ·

Mencegah Kecanduan Ponsel, Ini Trik Menumbuhkan Minat Baca Pada Anak


Img: Pexels/Los-muertos-crew- Perbesar

Img: Pexels/Los-muertos-crew-

Buku adalah jendela dunia. Oleh karena itu, anak harus dibiasakan membaca sejak dini agar dapat menumbuhkan kecintaan pada buku. Namun, banyak anak tidak mau membaca karena berbagai alasan. Bagi kamu yang ingin menanamkan minat baca pada anak kamu, berikut beberapa trik sederhana yang bisa kamu coba:

Trik menumbuhkan minat baca pada anak

Contohkan dengan membaca di depannya

Jika kamu ingin anak kamu senang membaca, kamu juga harus senang membaca. Anak-anak biasanya meniru perilaku orang tua mereka. Jika anak melihat ibunya sering membaca, ia akan ingin sering membaca juga. Dorong anak kamu untuk membaca setiap hari. Tidak harus lama; satu jam per hari sudah cukup. Efeknya, anak akan menganggap membaca sebagai aktivitas penting yang harus kamu lakukan setiap hari.

Ciptakan suasana membaca yang nyaman

Jika anak kamu tidak suka membaca, salah satu alasannya mungkin karena kurangnya lingkungan membaca yang nyaman. Jika anak tidak merasa nyaman saat membaca, ia akan menganggap membaca sebagai kegiatan yang tidak menyenangkan.

Oleh karena itu, jika kamu ingin anak kamu senang membaca, kamu harus menciptakan lingkungan membaca yang nyaman bagi mereka. Sebagai tempat membaca untuk anak, siapkan kursi empuk atau sofa dengan bantal empuk. Jika anak dapat membaca di lingkungan yang nyaman, niscaya ia akan ingin membaca lebih banyak lagi.

Beri anak kesempatan untuk memilih buku yang akan mereka baca

Membiarkan anak-anak memilih buku yang ingin mereka baca adalah salah satu cara untuk membuat mereka tertarik membaca sekaligus membuat mereka merasa dihargai. Jika buku tersebut dipilih oleh anak, kemungkinan besar anak akan senang membacanya. Namun, kamu juga harus memastikan bahwa buku yang dipilih anak kamu sesuai dengan usianya.

Beri reward untuk anak yang mau membaca

Jika anak kamu sudah tampak menikmati membaca, pastikan untuk memberi mereka hadiah agar mereka terus menikmati membaca. Pujian, ucapan lisan, atau pemberian barang yang mereka sukai semuanya bisa jadi reward.

Kamu juga bisa membuat janji, seperti berjanji akan membawa anak kamu ke taman hiburan jika ia menyelesaikan dua buku di bulan ini. Anak akan lebih termotivasi untuk membaca buku karena adanya keuntungan yang akan mereka terima.

Yuk, kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta unik lainnya ya!

 

Komentar
Artikel ini telah dibaca 3 kali

Baca Lainnya

Tips Efektif Menulis Bab 1 Skripsi agar Di ACC Dosen Pembimbing

20 Juni 2024 - 16:12 WIB

Ide ngabuburit

Tips Pulihkan Energi dan Menghadapi Masa Sulit di Semester Akhir

19 Juni 2024 - 16:44 WIB

Tips Hadapi Seminar Magang Agar Berjalan Lancar dan Sukses

19 Juni 2024 - 16:30 WIB

Pemasaran sosial

Tips Networking Ini Bisa Mahasiswa Terapkan, Wajib Tahu!

18 Juni 2024 - 16:01 WIB

Tips Meningkatkan skill pengembangan

Tips Selesaikan Tugas Akhir DKV dengan Lancar, Ini Dia!

2 Juni 2024 - 21:15 WIB

Tips Selesaikan Tugas

Tips Meningkatkan Skill Pengembangan Diri

29 Mei 2024 - 20:37 WIB

Tertarik Menjadi Script Writer
Trending di Tips dan Trik