Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Tips dan Trik · 14 Sep 2022 12:00 WIB ·

Tips Merawat Laptop Agar Lebih Awet


Img: pexels-andrea-piacquadio Perbesar

Img: pexels-andrea-piacquadio

Dalam merawat laptop, kamu harus tetap berhati-hati agar laptop kamu awet hingga bertahun-tahun. Sebenarnya dalam merawat laptop itu cenderung lebih mudah daripada merawat komputer karena komputer memiliki komponen-komponen tersendiri sedangkan laptop adalah all in one atau semuanya jadi satu. Namun, jika dibandingkan dengan komputer, laptop jauh lebih sensitif; jika tidak kamu rawat dengan baik, laptop kamu akan sering kali harus berurusan dengan tukang servis, yang tentu saja akan membuat kamu mengeluarkan lebih banyak biaya. Pepatah mengatakan lebih baik mencegah daripada mengobati, maka rawatlah laptop kamu sekarang daripada menunggu sampai rusak nanti. Berikut beberapa tips merawat laptop agar awet dan tidak cepat rusak:

Jangan sembarangan meletakkan laptop

Merawat laptop

Img: pexels-andrea-piacquadio

Apakah kamu sering bekerja sambil berbaring di tempat tidur atau di kasur? Cara ini ternyata akan merusak laptop kamu karena jika kamu meletakkan laptop di atas kasur akan kekurangan udara karena ventilasi laptop tersumbat dengan kasur sehingga menyebabkan laptop kamu kepanasan. Jadi, jika kamu bekerja di meja kerja, laptop kamu akan lebih awet dan dapat kamu gunakan dalam jangka waktu yang lebih lama.

Menggunakan tas yang sesuai dengan keamanan laptop

Merawat laptop

Img: pexels/ Ketut Subiyanto

Kamu harus membeli tas khusus yang aman untuk melindungi laptop kamu dari guncangan dan gesekan saat membawanya. Dengan tas khusus ini, kamu tidak perlu khawatir laptop kamu tergores; saat kamu jual kembali akan tetap dalam kondisi mulus dengan daya jual yang tinggi.

Menjaga kebersihan laptop

Img: pexels-artem-podrez

Sering-seringlah membersihkan laptop, daripada menunggu kotor, dan gunakan bahan yang lembut untuk membersihkannya, terutama layarnya. Mulailah membersihkan laptop dari sela-sela keyboard, di bawah laptop, di atas, di samping, dan sampai ke layar monitor laptop.

Hal yang harus kamu hindari adalah membersihkan laptop kamu dengan tisu atau kain kasar agar layar laptop kamu tidak tergores, karena untuk membersihkan layar memerlukan kain yang halus.

Merawat baterai

Merawat laptop

Img: pexels-emmanuel-ikwuegbu

Sebisa mungkin, isi daya laptop kamu dengan menghubungkan pengisi daya saat baterai di laptop kamu telah menunjukkan 20 persen, dan cobalah untuk mematikan laptop kamu saat mengisi daya.

Karena jika kamu terlambat, kemungkinan besar akan merusak baterai dan menyebabkannya gagal. Jika ini terjadi, kamu perlu mengganti baterai laptop kamu dengan yang baru, yang akan memakan biaya lebih boros.

Matikan laptop ketika sudah tidak digunakan

Img: pexels-junior-teixeira

Saat laptop tidak bisa kamu gunakan, matikan saja. Bisa juga kamu ubah ke mode ‘sleep’ atau langsung ‘shutdown’. Kemudian tutup untuk mencegah debu atau kotoran menumpuk di layar atau di sela-sela keyboard. Menutup laptop adalah metode lain untuk mengistirahatkan laptop canggih kamu setelah lama kamu gunakan.

Yuk, kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta unik lainnya ya!

Komentar
Artikel ini telah dibaca 59 kali

Baca Lainnya

Tips Mengosongkan Memori IPhone Tanpa Hapus Gallery

21 April 2024 - 21:21 WIB

Tips Menggunakan Google Maps Dengan Benar, Anti Nyasar!

20 April 2024 - 22:06 WIB

Tips Memilih Smartphone dengan Kamera Bagus Harga Terjangkau

19 April 2024 - 21:12 WIB

Tips Menghilangkan Iklan Pada HP Infinix, Mudah Sekali!

19 April 2024 - 19:59 WIB

Tips Mendapatkan IPK Tinggi Universitas Terbuka

17 April 2024 - 12:59 WIB

Fakta Unik Seputar Universitas

Tips Mengoptimalkan TikTok untuk UMKM Anda

16 April 2024 - 20:46 WIB

Tips Mengoptimalkan Tiktok
Trending di Tips dan Trik