Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Edukasi · 14 Jul 2023 18:00 WIB ·

Tips Saat Mulai Menyusun Skripsi Bagi Mahasiswa Semester Akhir


Img: pexels-christina-morillo Perbesar

Img: pexels-christina-morillo

Tips Saat Mulai Menyusun Skripsi Bagi Mahasiswa Semester Akhir –Skripsi merupakan tugas akhir yang wajib mahasiswa kerjakan dengan tingkat strata satu. Skripsi adalah sebuah karya tulis ilmiah dari mahasiswa. Skripsi tersusun dari adanya permasalahan yang terjadi, sesuai dengan disiplin ilmu tertentu. Dalam membuat skripsi, tentu ada langkah-langkah atau tips memulai menyusun skripsi. Berikut adalah tips memulai menyusun skripsi.

Tips Saat Mulai Menyusun Skripsi Bagi Mahasiswa Semester Akhir

Pilih topik penelitian yang cocok dengan jurusan

Tips pertama yaitu tentu saja memilih topik yang sesuai jurusan. Dalam memilih topik, usahakan topik yang kamu pilih sesuai dengan bidang yang kamu dalami. Selain itu, usahakan topik tersebut juga topik yang kamu sukai. Dengan demikian, kamu akan lebih niat dalam menyusun skripsi, jadi jangan hanya memandang bahwa skripsi hanya suatu kewajiban yang berat saja.

Pahami konsep dari topik penelitian

Setelah menemukan topik, kamu juga harus paham tentang konsep yang akan kamu gunakan dalam skripsi. Pastikan kamu juga memiliki konsep ysng yang relevan dengan topik yang kamu gunakan. Kamu dapat memulai dengan mencatat konsep yang relevan dengan topik. Kemudian, membedahnya satu persatu hingga menjadi beberapa konsep yang cocok dengan skripsi kalian. Jangan ragu untuk konsultasikan dengan dosen pembimbing, ya!

Perhatikan pedoman penulisan skripsi yang tepat

Pedoman penulisan yang baik yaitu pedoman yang dapat membuat skripsi menjadi lebih rapi dan memiliki alur yang baik. Selain itu, dalam pedoman juga wajib menggunakan penulisan Bahasa Indonesia yang benar dan kamu harus menguasai penggunaan kata dan kalimat dalam KBBI dan PUEBI. Kamu bisa mencari tahu contoh penulisan di perpustakaan perguruan tinggi atau melihat penelitian mahasiswa terdahulu yang biasanya tersedia di perpustakaan.

Gunakan data yang terpercaya

Dalam menyusun skripsi, tentu kamu harus menggunakan data yang valid dan terpercaya. Hal ini agar meniadikan skripsi kalian menjadi skripsi yang kredibel dan dapat dipertanggungjawabkan. Dalam mengolah data, pilihlah sumber data A1, yaitu data yang kalian dapatkan merupakan data langsung seperti narasumber, NGO, atau BPS. Intinya pastikan data yang kamu ambil dapat dipertanggungjawabkan dan nyata (tidak dibuat-buat).

Buat target dalam menulis

Sebaiknya ketika mulai menyusun skripsi tentukan target pencapaian. Kamu juga bisa menyusun target per pekan atau per pertemuan dengan dosen pembimbing. Catat hal-hal yang dapat kamu ubah atau revisi. Dengan metode ini, harapannya skripsi yang kamu buat akan cepat selesai. Selain itu, dengan capaian tersebut, kamu akan lebih mudah memetakan progres yang kamu capai, sehingga penyusunan skripsi lebih terstruktur.

Yuk, kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta unik lainnya ya!

 

 

 

 

Komentar
Artikel ini telah dibaca 21 kali

Baca Lainnya

Tips Memilih Kegiatan Ekstrakurikuler untuk Anak

20 Mei 2024 - 22:28 WIB

Tips Memilih kegiatan ekstrakurikuler

Perbedaan Les Privat dan Bimbel Yang Perlu Dipahami

20 Mei 2024 - 21:44 WIB

Perbedaan Les Privat

Peran dan Fungsi Bimbingan Konseling dalam Pendidikan

19 Mei 2024 - 20:21 WIB

Tertarik Menjadi Script Writer? Pahami Seluk-beluknya!

19 Mei 2024 - 06:50 WIB

Tertarik Menjadi Script Writer

Mengenal Pantomim: Pengertian, Ciri-Ciri, dan Teknik Dasar

18 Mei 2024 - 21:46 WIB

Mengenal Pantomim

Sistem Ekonomi Campuran: Pengertian dan Ciri-cirinya

16 Mei 2024 - 20:57 WIB

Kebijakan Fiskal Kontraktif
Trending di Edukasi