Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Tips dan Trik · 2 Jun 2024 21:15 WIB ·

Tips Selesaikan Tugas Akhir DKV dengan Lancar, Ini Dia!


Ilustrasi Mahasiswa DKV (img: umn.ac.id) Perbesar

Ilustrasi Mahasiswa DKV (img: umn.ac.id)

Sebagai mahasiswa DKV, kamu juga harus menyelesaikan Tugas Akhir DKV pada semester terakhir masa studi sebagai syarat kelulusan. Namun, langkah akhir ini seringkali memberikan tantangan tersendiri bagi mahasiswa. Tantangan tersebut berasal dari berbagai faktor. Beberapa mahasiswa mengalami kesulitan teknis, sementara yang lain harus memperpanjang masa studi karena rasa malas saat mengerjakan tugas akhir. Untuk kamu, mahasiswa DKV yang sedang mengerjakan skripsi, berikut beberapa tips agar proses selesaikan skripsi atau tugas akhir berjalan lancar.

Pilih Topik / Tema / Objek Tugas Akhir yang Kamu Minati

Tips Selesaikan Tugas

Ilustrasi Mahasiswa DKV (img: umn.ac.id)

Penting untuk menyukai apa yang akan kamu kerjakan. Mengerjakan tugas akhir DKV akan menyita banyak waktu dan tenaga, jadi pastikan kamu melalui setiap prosesnya dengan nyaman. Ini tidak berarti kamu tidak akan mengalami hambatan, tetapi dengan menyukai apa yang kamu lakukan, kamu tidak akan merasa terlalu terbebani dan dapat menyelesaikannya dengan lebih tenang.

Selain itu, kamu akan lebih termotivasi untuk memberikan yang terbaik. Pada akhirnya, tugas yang kamu lakukan akan optimal dan berdampak positif pada hasil yang kamu terima.

Pertimbangkan Kemampuan dalam Mengerjakan

Tips Selesaikan Tugas

Ilustrasi Tugas Desain Komunikasi dan Visual (img: um-surabaya.ac.id)

Banyak mahasiswa memiliki idealisme sendiri mengenai tugas akhir DKV yang akan dikerjakan. Namun, selain mengikuti minat, kamu juga harus mengukur kemampuan dalam mengerjakannya. Kemampuan mencakup biaya, tenaga, dan waktu. Kamu harus memproyeksikan apakah kondisimu memungkinkan untuk menyelesaikan tugas tersebut tepat waktu dengan hasil yang optimal.

Tips Selesaikan Tugas Dengan Lakukan Riset Sebanyak Mungkin

Ilustrasi Jurusan Desain Komunikasi Dan Visual (img: indonesia college)

Riset adalah bagian penting dalam setiap tugas akhir, terutama saat merencanakannya. Semakin banyak informasi yang kamu ketahui tentang topik yang diambil, semakin mudah mendapatkan ide-ide baru dan memahami seluruh konsep yang akan dikerjakan. Riset diperlukan tidak hanya saat merencanakan tugas akhir, tetapi juga saat proses pengerjaan skripsi. Kamu akan menemukan hal-hal yang menuntutmu mencari tahu lebih banyak agar hasilnya lebih solid.

Namun, jangan terlena dengan riset hingga mempelajari hal-hal yang tidak relevan dengan objek penelitian. Buatlah batasan agar tetap fokus menyelesaikan tugas tepat waktu.

Jangan Malu untuk Bertanya atau Berkolaborasi

Ilustrasi Kolaborasi Antar Mahasiswa DKV (img: pixabay.com)

Banyak mahasiswa terhambat karena kebingungan di tengah proses pengerjaan skripsi. Kebingungan yang dibiarkan berlarut-larut akan membuang lebih banyak waktu. Meskipun skripsi adalah penilaian individu, bukan berarti kamu tidak boleh atau tidak membutuhkan bantuan orang lain. Bertanyalah pada pembimbing, teman, atau pihak lain yang dapat membantu mengatasi kebuntuan.

Tips Selesaikan dengan Fokus Mengerjakan Tugas Akhir

Tips Selesaikan Tugas

Ilustrasi Desain Komunikasi dan Visual (img: gamelab.id)

Distraksi sering menjadi penghalang bagi mahasiswa untuk menyelesaikan tugas akhir tepat waktu. Ada banyak risiko jika tugas akhir terlambat, mulai dari rasa minder, kehilangan kepercayaan diri, membayar uang perpanjangan studi, hingga pengaruh terhadap akreditasi kampus.

 

Oleh karena itu, fokuslah mengalokasikan waktu dan tenaga untuk menyelesaikan tugas akhir DKV. Ciptakan lingkungan yang nyaman dan kondusif agar kamu dapat produktif mengerjakannya.

Komentar
Artikel ini telah dibaca 7 kali

Baca Lainnya

Tips Meningkatkan Skill Pengembangan Diri

29 Mei 2024 - 20:37 WIB

Tertarik Menjadi Script Writer

Cara Mengenali Bakat dalam Diri Pribadi, Wajib Tahu!

25 Mei 2024 - 23:08 WIB

Tips Sukses Kuliah di Jurusan Teknik, Tertarik?

25 Mei 2024 - 21:29 WIB

Tips Memilih Kegiatan Ekstrakurikuler untuk Anak

20 Mei 2024 - 22:28 WIB

Tips Memilih kegiatan ekstrakurikuler

Tips Menjalani Masa Probation yang Perlu Anda Ketahui

9 Mei 2024 - 22:25 WIB

Tips Menjalani Masa Probation

Tips Menjadi Content Creator untuk Pemula, Di Jamin Cuan!

7 Mei 2024 - 22:14 WIB

Tips Menjadi Content Creator
Trending di Tips dan Trik