Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Tips dan Trik · 24 Sep 2022 12:00 WIB ·

Tips Memperbaiki Skin Barrier yang Rusak


Img: Pexels/Felipe Monteiro Perbesar

Img: Pexels/Felipe Monteiro

Skin barrier adalah komponen penting dari kulit kita. Ini melindungi kulit dari zat luar yang dapat mengiritasinya, sekaligus menjaga kulit tetap lembab dan sehat. Tanpa itu, kulit lebih rentan terhadap masalah kulit seperti peradangan, iritasi, dan jerawat. Akibatnya, sangat penting untuk selalu menjaga kebutuhan skin barrier. Sayangnya, kita tidak menyadari bahwa mereka telah rusak dan membiarkannya saja. Lalu, apa saja tanda-tanda kulit yang rusak dan bagaimana cara memperbaiki skin barrier?

Ini bervariasi tergantung pada jenis kulit. Pada kulit berminyak misalnya, kulit menjadi lebih berminyak sekaligus juga terasa kencang dan tidak nyaman. Sedangkan tanda lainnya bisa menyebabkan kulit mengelupas dan kemerahan pada kulit kering.

Berikut adalah beberapa karakteristik kulit umum ketika skin barrier rusak: iritasi, kemerahan, gatal dan tidak menyenangkan, cenderung kering, produk perawatan kulit menyebabkan iritasi, produk perawatan kulit sulit diserap dan cepat menguap. Ini karena kulit yang rusak cenderung lebih sensitif dari kulit normal.

Jika kamu merasakan salah satu gejala di atas, kamu dapat mulai memperbaiki skin barrier dengan melakukan hal berikut:

Tentukan akar penyebab kerusakan kulit kamu

Apakah kamu rutin melakukan eksfoliasi atau mencuci muka lebih dari 2 kali? Apakah kamu jarang atau bahkan tidak menggunakan pelembab dan tabir surya? Bisa jadi hal itulah yang membuat kulit kamu tidak sehat dan lebih sensitif.

Selama 2-3 minggu kedepan, hindari eksfoliasi.

Istirahatkan kulit kamu dan biarkan sel-sel kulit beregenerasi. Kamu dapat melakukan eksfoliasi lagi setelah skin barrier mulai sembuh, tetapi tidak perlu setiap hari. Mulailah dengan melakukan eksfoliasi seminggu sekali.

Pastikan pembersih dan toner cukup lembut untuk tidak mengiritasi lapisan pelindung kulit.

Baca banyak sumber untuk menemukan pembersih dan toner yang kandungannya sederhana.

Selalu gunakan moisturizer (pelembab) di malam hari dan (sunscreen) tabir surya di pagi hari.

Gunakan produk perawatan kulit wajah yang yang dapat membentuk skin barrier.

Produk yang dapat meningkatkan kadar Ceramides (pembentuk skin barrier) di kulit, menenangkan kulit yang iritasi, menjaga kelembaban tidak menguap keluar. Kamu bisa mencari produk dengan bahan-bahan berikut: Ceramides, Niacinamide, Centella Asiatica, Aloe Vera, Calendula, Hyaluronic Acid, Glycerin, Beta-glucan, Squalane, Linoleic Acid, Shea Butter, Jojoba Oil, Sweet Almond Oil.

Yuk, kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta unik lainnya ya!

 

Komentar
Artikel ini telah dibaca 107 kali

Baca Lainnya

Tips Persiapan Dunia Perkuliahan bagi Gen Z

18 Juli 2024 - 21:27 WIB

Faktor Yang Mempengaruhi

Tips Tingkatkan Skor IELTS Agar Lolos Beasiswa

17 Juli 2024 - 20:30 WIB

Tips Merawat Ikan Patin Hingga Panen, Tertarik Mencoba?

5 Juli 2024 - 20:31 WIB

Tips Mengatur Keuangan Gaji 5 Juta ala Dosen Tel-U

5 Juli 2024 - 20:11 WIB

Jurusan manajemen jadi pebisnis

Tips Merawat Tanaman Di Dalam Ruangan saat Musim Dingin

3 Juli 2024 - 20:28 WIB

Tips Merawat Tanaman

Tips Efektif Menulis Bab 1 Skripsi agar Di ACC Dosen Pembimbing

20 Juni 2024 - 16:12 WIB

Ide ngabuburit
Trending di Tips dan Trik