Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Tips dan Trik · 20 Mar 2024 20:37 WIB ·

Tips Strategi Belajar di Universitas Terbuka, Coba Terapkan!


Ilustrasi probation period  (img: pexels.com by fauxels) Perbesar

Ilustrasi probation period (img: pexels.com by fauxels)

Menguasai keterampilan belajar secara mandiri merupakan hal yang krusial dalam berbagai aspek, yang sangat di pengaruhi oleh efisiensi belajar. Efisiensi belajar, pada gilirannya, tergantung pada kemampuan membaca dengan cepat dan memahami konten yang di baca. Mahasiswa Universitas Terbuka (UT) harus memiliki kedisiplinan, inisiatif, dan motivasi belajar yang tinggi untuk dapat belajar secara mandiri dengan efektif. Mereka juga di harapkan mampu mengelola waktu mereka dengan baik agar dapat belajar secara teratur sesuai dengan jadwal yang telah mereka tetapkan sendiri. Oleh karena itu, untuk berhasil dalam lingkungan belajar UT, mahasiswa harus bersedia untuk mengadopsi pendekatan belajar mandiri. Bagaimana mahasiswa dapat meraih kesuksesan dalam program pendidikan jarak jauh? Berikut beberapa tips strategi belajar yang dapat di terapkan oleh mahasiswa UT yang mengambil pendidikan jarak jauh.

Tips Strategi Belajar Berdasarkan Mood (Suasana Hati)

Tips Strategi Belajar

Ilustrasi Mahasiswa Sedang Belajar Bersama (img: pexels.com by fauxels)

Pertahankan suasana hati yang positif saat belajar karena seperti pepatah yang mengatakan “tidak mengenal maka tidak mencintai”, maka di sarankan bagi mahasiswa untuk terlebih dahulu mengenal materi, dosen/pembimbing, atau buku yang menjadi inti materi. Setelah kita memahami hal-hal tersebut, akan timbul rasa tertarik terhadap mata pelajaran ini. Selain itu, penting untuk selalu berupaya menciptakan perasaan senang dan bahagia saat akan mempelajari materi dengan menentukan waktu, lingkungan, dan sikap belajar yang sesuai dengan kepribadian masing-masing.

Understand (Pemahaman)

Tips Strategi Belajar

Ilustrasi Aktivitas Lain di Kelas (img: pexels.com by yan krukau)

Teliti buku materi pokok secara menyeluruh. Beri tanda pada kalimat/kata yang kurang di mengerti. Jika memungkinkan, cari jawaban atau informasi tambahan tentang hal-hal yang tidak di mengerti dengan bertanya atau mencari sumber lain. Tidak perlu sungkan untuk bertanya kepada teman sekelas, pembimbing, atau pihak lain yang di anggap memiliki pengetahuan lebih tentang hal tersebut.

Recall

Tips Strategi Belajar

Iluatrasi Belajar (img: pexels.com by tirachard)

Mengulangi materi yang sudah di pelajari secara berkala dan terus-menerus, misalnya seminggu sekali. Caranya adalah dengan membuat ringkasan menggunakan kata-kata sendiri tentang materi yang telah di pelajari. Lakukan pengulangan seperti membuat spiral sehingga materi yang di pelajari akan tetap terhubung dengan materi awal.

Di Telaah

Tips dapat nilai bagus

Ilustrasi Mengerjakan Soal (img: pixabay.com)

Bacalah kembali hasil ringkasan yang telah di buat, jika masih ada yang kurang jelas, carilah penjelasan tambahan dari sumber belajar terkait atau diskusikan dengan teman sekelas, pembimbing, atau dosen Anda.

Tips Strategi Belajar dengan Memperluas Materi

Ilustrasi Memperluas Materi (img: pexels.com by pixabay)

Perluaslah materi yang sudah di pelajari dan di ringkas dengan mencoba menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Jika Anda seorang guru, coba terapkan materi yang di pelajari dalam kegiatan pembelajaran di kelas Anda. Catat kekurangan dan kelebihan dari penerapan materi tersebut. Buat catatan lengkap dan gunakan catatan tersebut untuk berdiskusi dengan teman sekelas atau pembimbing/dosen. Selain itu, Anda juga bisa mencoba membuat soal berdasarkan materi yang telah di pelajari dan mencoba menjawabnya sendiri. Apakah Anda dapat menjawab semua soal dengan baik?

Pelajari Kembali – Review

Ilustrasi Mereview Kembali Materi Kuliah (img: pexels.com by fauxel)

Tinjau kembali setiap materi yang telah di pelajari dan jangan pernah bosan untuk mengulangi materi yang sudah di baca karena hal tersebut akan mempermudah Anda untuk mengingat dan memahaminya.

Komentar
Artikel ini telah dibaca 14 kali

Baca Lainnya

Cara Mengenali Bakat dalam Diri Pribadi, Wajib Tahu!

25 Mei 2024 - 23:08 WIB

Tips Sukses Kuliah di Jurusan Teknik, Tertarik?

25 Mei 2024 - 21:29 WIB

Tips Memilih Kegiatan Ekstrakurikuler untuk Anak

20 Mei 2024 - 22:28 WIB

Tips Memilih kegiatan ekstrakurikuler

Tips Menjalani Masa Probation yang Perlu Anda Ketahui

9 Mei 2024 - 22:25 WIB

Tips Menjalani Masa Probation

Tips Menjadi Content Creator untuk Pemula, Di Jamin Cuan!

7 Mei 2024 - 22:14 WIB

Tips Menjadi Content Creator

Tips Hemat Budget Kuliah versi TelUtizen

7 Mei 2024 - 21:09 WIB

Sistem Ekonomi Campuran
Trending di Tips dan Trik