Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Edukasi · 29 Sep 2023 18:55 WIB ·

TOEFL dan TOEIC, Apa Saja Perbedaannya?


Img: estudyme.com Perbesar

Img: estudyme.com

Kemampuan berbahasa inggris hingga saat ini menjadi hal yang sangat penting untuk menunjang aktivitas. Untuk mengukur kemampuan bahasa asing seperti ini biasanya di butuhkan beberapa tes untuk mengetahui sejauh kemahirannya. Ada beberapa jenis tes seperti TOEFL dan TOEIC. Keduanya memiliki tujuan yang sama yaitu sama-sama mengukur kemampuan bahasa inggris. Biasanya, mereka yang mengambil kedua tes ini ialah calon mahasiswa, mendaftar beasiswa, hingga melamar kerja. Dan keduanya juga memiliki perbedaan yang perlu anda ketahui. Apa saja?

TOEFL dan TOEIC dari sisi tujuan tes.

TOEFL & TOEIC

Ilustrasi Test (Img: pixabay.com/F1Digitals)

Baik itu TOEIC maupun TOEFL keduanya mempunyai tujuan yang berbeda. Bagi anda yang berminat ingin melanjutkan study ke luar negeri sebaiknya gunakan tes toefl. Karena memang kebanyakan orang atau mahasiswa menggunakan tes ini sebagai syarat masuk perguruan tinggi di luar negeri. Sedangkan untuk TOEIC di perlukan untuk memenuhi syarat melamar kerja di perusahaan atau instansi tertentu.

Dari Sisi Format Tes.

Img: pexels.com/enzo muñoz

Untuk format tes, keduanya jelas memiliki perbedaan. Pada tes TOEIC di bagi menjadi 2 sesi tes yaitu reading serta listening. Untuk durasi waktunya juga cenderung lebih cepat yaitu 2 jam saja sehingga menjadikannya lebih mudah. Sedangkan untuk Test of English as a Foreign Language ini mempunyai 4 sesi tes yang terdiri dari reading, listening, speaking, dan writing. Sesi yang di bagi jadi empat ini bertujuan agar dapat mengukur berbagai keahlian dalam berbahasa inggris.

Dari Sisi Isi Tes.

Pada isi tes pada TOEIC, topik yang akan di tanyakan pada tesnya terkait dengan dunia kerja. Misalnya seperti rapat serta presentasi klien. Sedangkan pada Tes Of English as a Foreign Language ini topik pada isi tesnya terkait dengan bidang akademis serta lebih spesifik pada kehidupan kampus. Umumnya, lebih membahas tentang sejarah, ekonomi, dan lain-lain. Selain membahas sejarah hingga ekonomi juga membahas kehidupan kampus seperti kegiatan dengan organisasi dan bersama dosen.

TOEIC dan TOEFL Dari Sisi Nilai Tes.

Perbedaan yang terakhir ialah dari sisi nilai tes. Pada tes TOEIC, anda bisa memperoleh nilai antara 5 hingga 990. Pada tes ini tidak ada kata lulus, tetapi usahakan pada tes toeic ini anda harus bisa mendapatkan nilai setidaknya 700. Hal berbeda justru terjadi pada Test Of English as a Foreign Language yang mana pada tiap sesinya anda bisa mendapatkan nilai mulai dari 0 hingga 120. Sama halnya dengan TOEIC,  tes ini juga tidak ada standar nilai tertentu. Namun, usahakan dalam tes ini anda harus bisa memperoleh skor setidaknya 500 untul bisa lolos ke kampus favorit dan setiap kampus punya standar nilai yang berbeda-beda.

Itulah pembahasan mengenai bedanya TOEIC dengan TOEFL. Semoga ini bisa menambah pengetahuan sekaligus menentukan tes apa yang akan anda gunakan

Komentar
Artikel ini telah dibaca 153 kali

Baca Lainnya

Kunci Sukses Membangun Karir di Industri Kesenian

25 Mei 2024 - 22:33 WIB

Mengenal Akuaponik: Pengertian, Komponen, dan Manfaatnya

23 Mei 2024 - 22:10 WIB

UKT Naik, Ini Strategi Mahasiswa Dalam Menyikapinya

21 Mei 2024 - 20:42 WIB

Ukt naik

Perbedaan Les Privat dan Bimbel Yang Perlu Dipahami

20 Mei 2024 - 21:44 WIB

Perbedaan Les Privat

Peran dan Fungsi Bimbingan Konseling dalam Pendidikan

19 Mei 2024 - 20:21 WIB

Tertarik Menjadi Script Writer? Pahami Seluk-beluknya!

19 Mei 2024 - 06:50 WIB

Tertarik Menjadi Script Writer
Trending di Edukasi