Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Travel · 24 Apr 2022 10:17 WIB ·

Traveling, Buang-Buang Uang?


instagram/@
ganeshel Perbesar

instagram/@ ganeshel

Jalan-jalan yang bahasa kerennya yaitu Traveling (Bahasa Inggris) memiliki arti pergi dari satu tempat ketempat yang lain. Kegiatan ini merupakan salah satu aktivitas seru dan menyenangkan sehingga memiliki banyak peminat diantaranya anak-anak, remaja dan orang tua, tentu saja banyak orang tidak akan melewatkannya. Kata traveling sendiri lebih banyak digunakan bagi seseorang yang bepergian dengan tujuan mengeksplor suatu wilayah dengan berbagai macam latar belakang. Nah, seseorang yang melakukan traveling disebut sebagai Traveler.

Untuk melakukan aktifitas ini perlu persiapan terutama fisik dan finansial. Selain itu, menentukan tujuan/arah yang hendak dikunjungi juga penting, sehingga dapat memprediksi besaran dana yang harus disiapkan. Berikut adalah hal-hal yang harus diperhatikan sebelum melakukan traveling :

  • Buat planning perjalanan

Membuat planning (perencanaan) menjadi hal penting agar saat tiba di daerah tujuan tidak bingung. Planning mendeskripsikan aktivitas apa saja yang hendak dilakukan dan destinasi mana saja yang akan dikunjungi. 

  • Pastikan dana yang terkumpul cukup 

Mempersiapkan dana yang cukup selama kegiatan sangat penting. Sangat besar resikonya jika dalam kegiatan kita kehabisan biaya. Catat dan prediksikan hal-hal yang dibutuhkan serta anggaran biaya untuk berapa hari patut diperhitungkan. Meskipun demikian, usahakan membawa dana secukupnya saja agar tidak kebablasan. Namun, tidak ada salahnya jika menyediakan dana lebih sebagai antisipasi terjadinya hal-hal di luar rencana yang sudah disusun.

  • Perhatikan Paspor dan Visa.

Jika bepergian keluar negeri pastikan untuk mengecek Paspor dan Visa. Simpan semua dokumen penting secara baik dan rapi agar tidak hilang atau tercecer.

  • Prioritas utama adalah kesehatan.

Pastikan kondisi tubuh fit/sehat agar dapat melakukan perjalanan dengan penuh semangat. SeorangTraveller akan selalu melakukan pengecekan kesehatan secara menyeluruh sebelum melakukan kegiatan traveling. Apalagi kegiatannya dilaksanakan di alam terbuka.

  • Save nomor-nomor penting.

Jangan lupa untuk menyimpan atau mencatat nomor penting seperti nomor telepon hotel, kantor polisi dan sebagainya. Gunanya adalah ketika sewaktu-waktu dibutuhkan dalam kondisi darurat.

  • Siapkan alat dokumentasi

Hal yang tak kalah penting adalah menyiapkan alat dokumentasi seperti handphone dan kamera untuk mengabadikan momen-momen seru saat traveling.

Sebagian orang berasumsi bahwa traveling itu merupakan hal yang tidak bermanfaat dalam artian buang-buang uang. Namun demikian, hal ini tidak berlaku bagi Traveller yang memang benar-benar hobi. Mereka rela menabung dan menahan diri untuk tidak shopping demi mewujudkan rencana travelingnya.

Traveling bukan hanya sekedar jalan-jalan semata, namun kegiatan ini dapat menambah pengetahuan. Misalkan mengunjungi tempat yang baru maka akan menambah wawasan berbagai hal tentang tempat tersebut. Inilah yang menjadi salah satu manfaat asyik dari hobi traveling.Banyak hal yang berbeda yang bisa ditemukan di berbagai daerah, mulaidarimakanan, kebiasaan, budaya, adat istiadat dan hal-hal unik lainnya.

Dengan berkunjung di tempat yang baru dapat meningkatkan kemampuan berkomunikasi yang mengasah kepercayaan diri serta menambah relasi.Selain menambah wawasan, traveling juga dapat mengurangi stress. Traveling member kesempatan untuk beristirahat dan tenang sejenak, mengambil jeda dari rutinitas harian, sehingga kebanyakan orang akan memilih opsi traveling saat mengalami masa-masa stress dalam hidup, dengan tujuan me-refresh kembali pikiran dan hati. Traveling juga dapat meningkatkan spiritual dan membuat sadar, bahwa betapa agungnya ciptaan Tuhan dan tidak ada yang layak untuk disombongkan.

Traveling dapat dilakukan sendiri atau bersama keluarga, teman bahkan pasangan.  Ada banyak alasan yang menjadi sebab seseorang memilih untuk traveling, misalnya keperluan bisnis,sekedar refreshing ataupun berbagai keperluan lainnya. Namun, bagi beberapa orang yang memang mempunyai niat untuk pemulihan atau istilah jaman now-nya healing, lebih memilih untuk melakukan solo traveling. Solo traveling bisa menjadikan pribadi yang lebih mandiri dan tentunya menjadi lebih berani. Beberapa orang yang memilih untuk traveling bersama keluarga, teman atau pasangan, biasanya sekedar untuk liburan dan menjaga hubungan kekeluargaan agar semakin erat.

Nah, kemanapun kita pergi dan apapun aktivitas yang kita jalani tentu kita harus meperhatikan banyak hal untuk meminimalisir segala sesuatu yang dapat menjadi bibit-bibit kendala. Yup, jangan lupa siapkan segala sesuatu untuk kelancaran dan antisipasi hal yang mengganggu kegiatan traveling kita. 

Berdasarkan uraian singkat diatas dapat disimpulkan bahwa traveling memiliki banyak manfaat dan stop saying “traveling itubuang-buang uang”. Dibalik uang yang dianggap terbuang ternyata terdapat manfaat yang jauh lebih dahsyat dari uang itu sendiri. 

Kontributor Media Edukasi Indonesia : Luckyana Chalwa Almy

Komentar
Artikel ini telah dibaca 24 kali

Baca Lainnya

Wisata Semarang Yang Murah Meriah, Ada Lawang Sewu!

17 Juni 2024 - 20:33 WIB

Wisata Semarang

Rekomendasi Wisata Murah di DKI Jakarta Isi Libur Idul Adha

16 Juni 2024 - 20:24 WIB

Rekomendasi Wisata Murah

Wisata Budaya Lombok Yang Harus Anda Kunjungi

28 Mei 2024 - 22:09 WIB

Wisata Budaya Lombok

Cocok Buat Ngabuburit, Berikut 5 Wisata Yang Perlu Dikunjungi

29 Februari 2024 - 19:28 WIB

Tips Liburan ke Thailand Hemat Biaya, Pemula Harus Tahu!

28 Februari 2024 - 20:21 WIB

Tips Aman Kunjungi Wisata Air Terjun Ketika Musim Hujan

27 Februari 2024 - 21:55 WIB

Tips Aman Kunjungi Wisata
Trending di Travel