Apakah kamu sedang mencari aplikasi untuk memanajemen workflow-mu? Kalau iya, ini dia jawabannya! Trello adalah aplikasi yang kamu butuhkan.
Trello adalah sebuah aplikasi manajemen tugas atau task management.
Aplikasi ini bisa membantumu menyelesaikan pekerjaan, terutama yang berkaitan dengan kerja bersama tim, lho!
Hal ini karena trello akan memperlihatkan apa saja pekerjaan yang sedang kamu lakukan, siapa yang melakukannya, hingga sudah sampai mana proses pengerjaan suatu pekerjaan. Dengan demikian, anggota tim tidak perlu lagi kebingungan memantau progres dari banyak pekerjaan, sebab semuanya telah tertampil ringkas dalam satu aplikasi ini.
Fungsi Trello
Mengutip dari Trello, beberapa fungsi aplikasi ini antara lain:
- Mengetahui tanggung jawab atau tugas dari setiap anggota tim.
- Membantu proses delegasi tugas ke setiap anggota tim.
- Mengatur dan mengingatkan soal deadline setiap tugas ke seluruh anggota tim.
- Membagi proyek menjadi tugas-tugas kecil yang lebih mudah dicapai/terpenuhi.
- Memfasilitasi terjadinya kolaborasi dalam tim secara virtual.
- Sarana untuk sharing dokumen pekerjaan.
- Melancarkan workflow karena terhubung ke beberapa aplikasi kerja seperti Google Drive, Gmail, Slack, dan lain sebagainya.
Fitur dan Cara Menggunakannya
Trello memiliki beberapa fitur yang berguna untuk menampilkan dan mengorganisir banyaknya tugas yang ada dalam satu tim.
Adapun fitur-fitur Trello dan cara menggunakannya adalah sebagai berikut:
Board
Fitur yang pertama, yaitu board. Board dapat kamu ibaratkan sebagai papan tulis.
Pada board ini, seluruh anggota tim dapat melihat apa saja yang sedang mereka kerjakan. Seluruh informasi mengenai pekerjaan, tugas, atau proyek akan tampil di dalam board ini.
List
Jika fitur yang pertama tadi layaknya papan tulis, maka fitur kedua ini sama halnya sebagai kotak yang digambar di papan tulis.
List ini berfungsi untuk menampilkan progres-progres yang ada dalam tim. Adanya list ini tentu memudahkan anggota tim memantau sejauh mana tugas yang ada sudah mereka kerjakan.
Kamu bisa membuat sebanyak mungkin list sesuai dengan preferensimu dan menyesuaikan nama dari kotak-kotak yang ada sesuai dengan bagaimana timmu bekerja.
Card
Selanjutnya, fitur yang satu ini dapat kamu ibaratkan sebagai sticky notes di papan tulis.
Card ini bisa kamu isi dengan tugas, orang yang bertanggung jawab atas tugas itu, hingga dokumen dan data yang kamu butuhkan untuk menyelesaikannya.
Saat membuat card, kamu tinggal menekan pilihan “add a card” yang ada di bagian bawah list.
Menu
Fitur yang terakhir, yaitu fitur menu yang ada di bagian paling kanan tampilan layar Trello.
Menu merupakan serangkaian keterangan dan pengaturan mengenai tugas-tugas yang ada.
Misalnya, kamu ingin menambah atau mengurangi seseorang dalam pekerjaan tertentu hingga memberi tenggat waktu atau deadline suatu pekerjaan.
Nah, itu dia paparan mengenai pengertian, fungsi, fitur, dan cara menggunakan Trello.
Jangan lupa kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta menarik lainnya, ya!