Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Tips dan Trik · 30 Apr 2022 10:29 WIB ·

7 Trik Psikologi Yang Harus Kamu Ingat


Img: Pexels/SHVETS
Perbesar

Img: Pexels/SHVETS

Memahami diri, bertemu, berkumpul, dan berinteraksi dengan orang lain bisa menjadi sesuatu yang sulit pada momen tertentu. Di sinilah peran ilmu psikologi dibutuhkan untuk membantu kamu menjadi pribadi yang bisa menempatkan diri dalam kondisi apapun. Berikut ini trik psikologi yang bisa membuat kamu selangkah lebih maju dari orang lain. Yuk, simak selengkapnya.

Trik partisipasi

Ajak orang untuk berpartisipasi dalam suatu kegiatan kamu, dapat memungkinkan dia merasa lebih diterima.

Contoh: “Hai kamu. Yuk, ikut ke perpustakaan, rekomendasi buku dong”

Trik karismatik

Jika kamu bertemu orang, jangan lupa senyum dan beri pandangan ramah. Ini akan buat siapapun merasa lebih baik karena senyumanmu. Letakkan ponsel saat orang lain berbicara kepadamu. Juga jaga kontak mata saat kamu atau orang lain berbicara.

Trik intel

Berpura-pura tidak tahu saat kamu ingin menggali informasi dari orang lain. Hal ini membuat orang lain semakin bersemangat dalam bercerita. Beri pertanyaan yang sama berulang kali untuk melihat kejujuran dia.

Contoh: memberi tanggapan “oh ya, benarkah?”, “Apa itu”, “mengapa”, “bagaimana”, membiarkan dia terus bercerita.

Trik manipulasi saraf

Saat gugup dan bersemangat, sistem saraf memberikan reaksi yang hampir sama. Jadi saat gugup kamu bisa berpura-pura sedang sangat semangat. Berpikir dan berbicara dalam hati tentang hal-hal positif.

Trik ingatan

Coba hafal sesuatu sambil melakukan suatu hal. Secara otomatis jika kamu melakukan suatu hal itu, ingatanmu akan sesuatu yang kamu hafal akan kembali seperti merasa dejavu. Contoh: kamu menghafal sambil membongkar pena, kemudian kamu bisa membongkar pena untuk mengingat hafalanmu.

Trik pilihan

Saat menawarkan pilihan kepada orang lain, berikan opsi yang buruk terlebih dahulu dan dampak negatifnya. Beri jeda sejenak. Kemudian beri opsi yang baik dengan dampak yang positif. Ini akan memungkinkan dia berpikir dua kali untuk memilih opsi yang lebih baik.

Trik merasa lebih baik

Gunakan aturan 3 menit. Jika memerlukan waktu kurang dari 3 menit, lakukan, dan kamu akan merasa lebih baik. Contohnya: melipat baju, merapikan meja belajar, membersihkan tempat tidur, dan sebagainya. Kamu akan menjadi lebih baik jika dapat melakukannya dari hal kecil dengan konsisten.

Nah, trik psikologi di atas harus banget kamu ingat nih. Karena secara tidak langsung, kamu bisa memanipulasi keadaan baik untuk kamu sendiri maupun orang lain agar mendapatkan keadaan yang kamu inginkan.

Komentar
Artikel ini telah dibaca 8 kali

Baca Lainnya

Tips Selesaikan Tugas Akhir DKV dengan Lancar, Ini Dia!

2 Juni 2024 - 21:15 WIB

Tips Selesaikan Tugas

Tips Meningkatkan Skill Pengembangan Diri

29 Mei 2024 - 20:37 WIB

Tertarik Menjadi Script Writer

Cara Mengenali Bakat dalam Diri Pribadi, Wajib Tahu!

25 Mei 2024 - 23:08 WIB

Tips Sukses Kuliah di Jurusan Teknik, Tertarik?

25 Mei 2024 - 21:29 WIB

Tips Memilih Kegiatan Ekstrakurikuler untuk Anak

20 Mei 2024 - 22:28 WIB

Tips Memilih kegiatan ekstrakurikuler

Tips Menjalani Masa Probation yang Perlu Anda Ketahui

9 Mei 2024 - 22:25 WIB

Tips Menjalani Masa Probation
Trending di Tips dan Trik