Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Teknologi · 14 Feb 2023 13:00 WIB ·

UI UX, Apa Sih Bedanya?


freepik : @freepik Perbesar

freepik : @freepik

UI UX, Apa sih bedanya? – Setelah mengetahui apa itu UI dan UX. Tentunya teman-teman mediaedukasi.id sudah tidak asing dengan apa itu UI dan UX. Pastinya dalam pikiran kalian terlintas apa sih bedanya dari keduanya. Sering kali mengira bahwa keduanya sama. Pasti kalian pernah mengira seperti itu kan. Kalian apakah sudah benar-benar bisa membedakan diantara keduanya?. Apakah harus saling terkait dan berkesinambungan keduanya. Setelah itu, mana sih yang lebih penting diantara UI dan UX. Apakah jika menggunakan salah satu sudah cukup dan bagus? Atau harus perlu menggunakan keduanya?

Perkembangan teknologi semakin hari semakin berkembang pesat.Dan saat ini kesempatan atau peluang untuk bekerja di bidang teknologi salah satunya design sangat dibutuhkan. Dengan itu kalian tentunya tertarik bukan?. Secara umum di dalam suatu pekerjaan design website atau aplikasi kalian tentunya harus mempunyai skill dalam itu. Jika sudah mengetahui skill kalian apa, setelah itu kalian pastinya harus mengetahui apa bedanya UI dan UX. Karena ini bisa menentukan suatu pekerjaan kalian.

Berikut perbedaan User Interface (UI) dan User Experience (UX)

  1. Tujuan Desain

Dapat kalian ketahui, dalam tujuan dari keduannya saja sangat berbeda. Hal awal yang harus kalian ketahui yaitu tujuan desain dari keduannya. Tujuan User Interface (UI) yaitu untuk membuat suatu desian tampilan website atau aplikasi yang menarik dan tidak membosankan pengguna saat menggunkan website atau aplikasi tersebut.

Sedangkan tujuan desain dari User Experience (UX) yaitu untuk memberikan kesan pengalaman yang menarik ketika menggunakan website atau aplikasi yang kalian buat. Bukan hanya itu, user experience ini juga memiliki tujuan untuk memberikan rasa nyaman dan mudah saat penggunak menggunkannya.

  1. Fokus Desain

Perbedaan yang kedua yaitu dari fokus desain dari keduannya. User interface (UI) fokus pada keindahan tampilan suatu website atau aplikasi. Yang mana user interface ingin memberikan kesan pertama pada pengguna bagaimana keindahan tampilan suatu website atau aplikasi. Mulai dari tata letak yang estetik, warna yang cantik sehingga penngguna suka dan tertarik pada suatu produk yang kalian buat.

Selanjutnya, User Experience (UX) ini fokus pada kepuasan penguna pada website atau aplikasi yang kalian buat. Yang mana kepuasan dan pengalaman pengguna ketika menggunaka suatu website atau aplikasi. Apakah website yang kalian buat mudah atau sulit ketika pengguna memakainya.

  1. Proses desain

Dapat kalian liat, dari tujuan desain saja keduannya sangat berbeda, oleh karena itu dalam proses pembuatannya juga berbeda. Desain User Interface (UI) dalam proses pembutannya memerlukan adanya riset terlebih dahulu. Dengan melakukan suatu riset desain untuk membuat desain yang menarik dan unik dan pangguna menyukainya, tentunya sesuai konsep.

Jika user interface memerlukan adanya riset desain menarik, User Experience (UX) juga sama. Yang membedaknya yaitu User Experience (UX) melakukan riset dari pengguna, yang mana nantinya akan menghasilkan suatu website atau aplikasi yang pengguna gampang menggunakan dan menyukainya.

  1. Elemen atau Komponen desain

Perbedaan keempat pada elemen atau komponen yang  keduanya gunakan. Yang mana pada user interface (UI) berfokus pada desain tampilan yang indah. Dengan itu komponen yang UI gunakan yaitu warna, gambar, tulisan, typography dan lain sebagainya yang berhubungan pada visual interaksi lainnya.

Sedangkan komponen User Experience meliputi suatu fitur-fitur, struktur desain dan navigasinya sehingga menghasilkan suatu website atau aplikasi yang mudah pengguna gunakan,

  1. Skill yang dibutuhkan

Ketika kalian menjadi desainer UI UX pastinya kalian membutuhkan skill. Untuk skill untuk menjadi desainer user interface yaitu desain branding, creative thinking, dan desain grafis agar tampilan suatu website dan aplikasi menarik dan unik. Sedangkan jika seorang desainer user experience(UX), kalian harus memiliki kemampuan untuk analytical thinking, riset, problem solving, creative thinking dan critical thinking untuk membuat website yang mudah pengguna gunakan.

Komentar
Artikel ini telah dibaca 63 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Manfaat Study Tour yang Bisa Didapatkan Siswa

15 Mei 2024 - 22:47 WIB

Manfaat Study Tour

Kesalahan yang Sering Di Lakukan dalam Content Marketing

5 Mei 2024 - 22:46 WIB

Tips Penting Menjaga Kesehatan Saat Idul Fitri 2024

6 April 2024 - 21:09 WIB

Malam Lailatul Qadar

Time Value of Money: Kenali Pengertian dan Manfaatnya

2 April 2024 - 22:09 WIB

Tips Memilih Kegiatan Ekstrakurikuler

Curiga Di Hack Orang Lain, Lakukan Cara Ini di HP Anda

28 Maret 2024 - 21:42 WIB

Curiga di hack orang

Isi Daya iPhone 15 Lemot? Ini Solusinya

26 Maret 2024 - 19:21 WIB

Isi Daya IPhone
Trending di Teknologi