Universitas Terbuka (UT) berhasil meraih predikat Bronze dalam pemeringkatan global layanan pembelajaran daring, Online Learning Rankings (OLR), yang diselenggarakan oleh Times Higher Education (THE). Dalam pemeringkatan ini, UT menempati posisi Top 35 dunia, terutama berkat skor tertinggi yang di peroleh pada pilar Outcomes, salah satu aspek utama dalam penilaian.
Keberhasilan UT dalam pilar Outcomes bahkan melampaui beberapa universitas terbuka internasional lainnya, seperti Anadolu University dan Allama Iqbal University. Pilar Outcomes merupakan salah satu dari empat pilar utama dalam penilaian, selain Resource, Engagement, dan Environment. Selain itu, UT juga menjadi salah satu dari tiga Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN-BH) di Indonesia yang berhasil memperoleh predikat “Bronze,” bersama dengan Universitas Padjadjaran dan Universitas Negeri Surabaya.
Tanggapan Universitas Terbuka
Maya Maria, perwakilan dari Subdirektorat Humas dan Pemasaran pada Direktorat Pemasaran dan Kerja Sama Universitas Terbuka, menyatakan bahwa pencapaian ini merupakan hasil dari inisiatif UT dalam mengikuti pemeringkatan THE OLR.
“UT memiliki komitmen tinggi untuk berpartisipasi dalam pemeringkatan ini sebagai salah satu indikator terukur dalam penyelenggaraan layanan pembelajaran daring. Oleh karena itu, UT secara konsisten melakukan komunikasi, pengumpulan data, serta koordinasi dengan Tim THE OLR sejak Maret 2024 hingga batas waktu pengisian data pada Juni 2024,” ujarnya
Maya juga menambahkan bahwa pencapaian ini menjadi bukti bahwa UT mampu bersaing di tingkat global. Sebagai Open University, UT memiliki tiga keunggulan utama. Pertama, akses pendidikan tanpa batas, yang memungkinkan masyarakat di seluruh Indonesia mendapatkan pendidikan tinggi secara fleksibel tanpa hambatan geografis. Kedua, inovasi berbasis teknologi, di mana UT terus meningkatkan kualitas pembelajaran daring dengan memanfaatkan teknologi terkini. Ketiga, standar kualitas internasional, yang ditunjukkan melalui pengakuan dari THE sebagai bukti keberhasilan UT dalam menghasilkan lulusan berkualitas melalui platform pembelajaran daring.
Tentang THE OLR
Times Higher Education (THE) adalah lembaga pemeringkat perguruan tinggi global yang berbasis di Inggris dan merupakan bagian dari penerbit majalah TIME. Lembaga ini telah dikenal secara luas melalui berbagai skema pemeringkatan inovatif selama lebih dari dua dekade, seperti Times Higher Education World Ranking, Regional Ranking, Subject Ranking, IMPACT Ranking, serta Online Learning Rankings (OLR). Dalam pemeringkatan THE OLR 2024, institusi di n0ilai berdasarkan empat pilar utama:
- Resources – Menilai ketersediaan sumber daya yang mendukung pembelajaran daring, termasuk jumlah staf pengajar, tenaga pendukung, sumber daya keuangan, serta pengembangan profesional.
- Engagement – Mengukur tingkat partisipasi dan interaksi mahasiswa dalam pembelajaran daring, termasuk jumlah peserta tutorial online (tuton) dan tutorial web (tuweb), tingkat keberlanjutan studi mahasiswa, serta dukungan konektivitas bagi mereka yang mengalami kendala akses. UT sendiri berperan aktif dengan meneruskan survei dari THE kepada mahasiswanya terkait pilar ini.
- Outcomes – Mengevaluasi hasil pembelajaran daring, seperti jumlah program yang menawarkan mata kuliah daring, kolaborasi akademik dengan pihak eksternal, serta total jam belajar dalam pembelajaran daring.
- Environment – Mengkaji lingkungan pembelajaran daring secara keseluruhan, termasuk penyediaan perangkat pembelajaran, dukungan fasilitas belajar fisik, serta jumlah jam pembelajaran luring.