Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

kampus · 22 Mar 2024 11:31 WIB ·

Universitas Terbuka Naik Peringkat versi Webometrics 2024


Ilustrasi Kampus UT Naik Peringkat (img: ut.ac.id) Perbesar

Ilustrasi Kampus UT Naik Peringkat (img: ut.ac.id)

Universitas Terbuka (UT), sebagai Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN-BH) dan pelopor Pendidikan Tinggi Terbuka dan Jarak Jauh (PTTJJ) di Indonesia, memiliki komitmen yang kuat untuk terus meningkatkan kualitas dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi. UT terus memperbaiki layanan-layanan, termasuk penyediaan informasi dan layanan akademik melalui situs web universitas (www.ut.ac.id). UT semakin termotivasi untuk menyajikan informasi yang terkait dengan data civitas akademika secara optimal karena pentingnya peringkat dalam Webometrics dan sebagai salah satu penilaian dalam Indeks Kinerja Utama (IKU) universitas oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Setiap universitas, baik di Indonesia maupun di dunia, selalu berusaha meningkatkan kualitas layanan dalam berbagai aspek, termasuk pembelajaran, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, serta penyediaan informasi ilmiah dan layanan akademik melalui situs web universitas. Salah satu lembaga pemeringkatan universitas terkemuka yang digunakan adalah Webometrics.

Apa itu Webometrics?

Ilustrasi Webometrics (img: umt.ac.id)

Webometrics adalah sebuah sistem pemeringkatan yang menilai universitas di seluruh dunia. Webometrics Ranking of World Universities melakukan evaluasi terhadap 12.000 perguruan tinggi global, termasuk 3.200 perguruan tinggi di Indonesia. Inisiatif ini berasal dari Laboratorium Cybermetrics yang berbasis di Madrid, Spanyol. Laboratorium Cybermetrics menggunakan beberapa aspek dalam menentukan peringkat universitas

  • Visibility, yakni dampak konten web yang terdapat pada network website eksternal (web content impact; kontri busi 50%),
  • Berikutnya, Transparency atau Openness, yakni jumlah sitasi terhadap peneliti atau dosen pada google scholar (top cited researchers, tanpa termasuk 20 peringkat sitasi tertinggi (outliers), kontri busi 10%),
  • Excellence atau Scholar, yakni yakni jumlah sitasi terhadap artikel ilmiah (top cited papers, terhadap 10% nilai sitasi tertinggi terhadap artikel ilmiah pada berbagai bidang ilmu di database Scimago)

Sistem pemeringkatan ini di keluarkan oleh Cybermetrics Lab, sebuah kelompok penelitian yang terafiliasi dengan Spanish National Research Council di Madrid. Pembaruan pemeringkatan ini di lakukan setiap bulan Januari dan Juli.

Peringkat Universitas Terbuka versi Webometrics 2024

Menurut peringkat Webometrics pada Januari 2024, Universitas Terbuka menempati peringkat 60 di Indonesia dan peringkat 4.166 di dunia. Secara global, UT telah meningkat 90 peringkat di bandingkan dengan peringkat Juli 2023, dan meningkat 669 peringkat dari Januari 2023 ke Juli 2023.

Gambar tabel pemeringkatan universitas terbuka (img: ut.ac.id)

Pada gambar di atas terlihat adanya peningkatan yang mana pada Januari 2023 kampus UT hanya ada di posisi 68. Pada bulan Juli 2023 sampai Januari 2024 peringkat nasionalnya konsisiten berada di peringkat 60. Untuk rangking dunia pada januari 2023, UT berada di posisi 4925. Di bulan Juli 2023, peringkat dunia kampus UT meningkat drastis yang mana ada di posisi 4256. Januari 2024, rangking kampus UT kembali melonjak dan berada di posisi 4166.

Komentar
Artikel ini telah dibaca 12 kali

Baca Lainnya

Tanpa Skripsi, Berikut Syarat Kelulusan di Universitas Terbuka

22 Mei 2024 - 20:01 WIB

Tanpa Skripsi

Universitas Terbuka: Sejarah Kampus Pelopor Belajar Jarak Jauh

22 Mei 2024 - 16:01 WIB

Universitas Terbuka

Kelebihan Telkom University dengan Kampus Lain

10 Mei 2024 - 21:39 WIB

Jurusan Kuliah

Kelebihan Kuliah di Universitas Terbuka Yang Perlu Di Ketahui

9 Mei 2024 - 21:35 WIB

Universitas Terbuka

Jurusan Kuliah Dengan Double Degree di Telkom University

17 April 2024 - 18:55 WIB

Jurusan Kuliah

Perguruan Tinggi Swasta Terbaik di Jawa Barat Versi UniRank 2024

21 Maret 2024 - 16:36 WIB

Perguruan Tinggi Swasta Terbaik
Trending di kampus