Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Travel · 24 Mar 2022 06:47 WIB ·

Wisata Waduk Cengklik Boyolali


Wisata Waduk Cengklik Boyolali. Sumber : instagram/@ natasatankaixin/ Perbesar

Wisata Waduk Cengklik Boyolali. Sumber : instagram/@ natasatankaixin/

Waduk Cengklik terletak di Desa TanjungSari, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Boyolali. Sejarah pembangunan waduk Cengklik pada tahun 1926 – 1928 oleh Pemerintah Belanda. Awal mula nama waduk cengklik, berawal dari kata “Cengklik”. Kata tersebut diambil dari nama dukuh yaitu Dukuh Cengklik, dari situlah nama waduk tersebut dinamakan “Waduk Cengklik”

Waduk Cengklik Boyolali dapat menjadi pilihan objek wisata di daerah Boyolali atau bahkan area Solo Raya. Mengapa demikian, karena Waduk Cengklik menyajikan pemandangan yang begitu indah. Pengunjung yang datang akan disuguhkan pemandangan air waduk yang jernih serta pemandangan Gunung Merapi dan Merbabu yang berada di sebelah barat Waduk Cengklik. Waduk Cengklik ramai pengunjung pada hari sabtu-minggu dikarenakan banyak orang bersepedaan, jogging, ataupun sekedar mengunjungi waduk cengklik tersebut. Disana tempatnya nyaman dan natural masih banyak pepohonan yg membuat udara sejuk. Ditambah pemandangan warga sekitar menjaring dan memancing ikan membuat suasana pedesaan sangat terasa.

Pengunjung waduk cengklik pada pagi hari dan sore hari, pada pagi hari banyak pengunjung datang bersepedaan atau jogging di jalan setapak waduk cengklik, mereka biasanya duduk di pinggiran waduk sambil melihat pemandangan waduk banyak warga menjaring dan memancing ikan dan juga pemandangan gunung merapi dan memrbabu disebelah barat waduk cengklik. Tak sedikit orang yang mampir warung dan menyantap soto atau pecel wader untuk menu sarapan disekitar waduk cengklik.

Selain itu pengunjung waduk cengklik juga ramai pada sore hari, kebanyakan pengunjung datang pada sore hari untuk menikmati sunset terbenamnya matahari di sebelah barat waduk cengklik. Tak sedikit orang yang mengabadikan suasana sunset di waduk cengklik dan mereka mengambil gambar untuk dijadikan dokumentasi. Karena memang view tempat tersebut estetik, sehingga menarik perhatian para fotografer untuk memotret suasana dan kebiasaan warga setempat.

Oh iya guys, selain pemandangan yang menyegarkan di mata, Waduk Cengklik juga dapat menjadi referensi buat kalian untuk nge-chill bareng atau nyantai dengan teman – teman, saudara, bahkan keluarga, di pinggiran Waduk. Tidak hanya itu guys, buat kalian yang kepingin self healing juga bisa banget untuk mengunjungi di Waduk Cengklik ini guys. Karena memang pemandangannya bagus banget, yang bisa bikin menghilangkan sejenak beban yang dirasakan.

Untuk tiket masuk waduk cengklik hanya Rp. 5.000,- dan parkir motor hanya Rp. 2.000,- . Selain menikmati suasana di Waduk Cengklik, pengunjung juga ditawarkan untuk menaiki perahu keliling Waduk Cengklik, pengunjung akan dapat merasakan bagaimana menaiki perahu mengelilingi Waduk, untuk tarif menaiki perahu hanya Rp. 25.000,-/orang. Tidak mahal dan cukup dikantong, bukan?. Selain mengunjungi waduk wisatawan juga dapat mampir di Waduk Cengklik Park yang letaknya di sebelah selatan Waduk Cengklik, Waduk Cengklik Park baru beroperasi kurang lebih 2 tahun yang lalu, jadi bangunannya masih baru guys.

waduk cengklik boyolali

waduk cengklik boyolali. sumber : instagram/@jalikarta/

Sebenarnya daerah wisata waduk cengklik termasuk 3 komponen wisata, yaitu wisata ABC,

Wisata A yaitu Asrama Haji Donohudan, wisata B yaitu Bandara Adi Soemarmo, dan wisata C yaitu Cengklik atau Waduk Cengklik. Nah untuk wisata A, atau Wisata Asrama Haji Donohudan itu merupankan wisata kuliner kalau malam hari ya guys, jadi setiap malam disana banyak pedagang kuliner yang berjualan di area Asrama Haji Donohudan. Ada banyak pilhan kuliner di Asrama Haji Donohudan, ada angkringan, telur gulung, bakso bakar, bakso goreng, martabak, pentol, nasi liwet. Nah untuk menu paling legenda ada di bakso bakar guys, jadi kalau kesana jangan lupa beli bakso bakarnya.

Kemudian di wisata B yaitu Bandara Adi Soemarmo, nah ini yang dimaksud bukan berwisata di bandaranya ya guys hehehe. Namun tempat wisata B atau Bandara ini terletak di sebelah selatan landasan bandara guys. Nama tempat wisatanya yaitu “Sindon Family Park”. Nah di Sindon Familu Park menyediakan bebagai macam permainan untuk anak-anak guys, sangat cocok jika mengunjungi bersama keluarga. Disana juga kalau malam juga untuk pemancingan. So, jika kalian hobi memancing bisa banget datang ke Sindon Family Park pas malam ya guys.

Jadi, jika berwisata di Waduk Cengklik jangan lupa mengunjungi Asrama Haji dan Bandara ya guys.

Kontributor Media Edukasi Indonesia : Rayhan Krisna Mujiono

Komentar
Artikel ini telah dibaca 430 kali

Baca Lainnya

Cocok Buat Ngabuburit, Berikut 5 Wisata Yang Perlu Dikunjungi

29 Februari 2024 - 19:28 WIB

Tips Liburan ke Thailand Hemat Biaya, Pemula Harus Tahu!

28 Februari 2024 - 20:21 WIB

Tips Aman Kunjungi Wisata Air Terjun Ketika Musim Hujan

27 Februari 2024 - 21:55 WIB

Tips Aman Kunjungi Wisata

Wisata Edukasi Bandung Paling Hits, Cocok Dan Tambah Pintar

19 Januari 2024 - 22:55 WIB

Wisata Edukasi Bandung

Wisata Edukasi di Surabaya Ini Wajib Anda Kunjungi

27 November 2023 - 23:01 WIB

Wisata Edukasi di Surabaya

Tempat Wisata di Pontianak Yang Lagi Hits 2024

25 November 2023 - 20:50 WIB

Trending di Travel