Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Teknologi · 7 Sep 2023 21:38 WIB ·

Whatsapp Bisnis dan Whatsapp Biasa, Apa Bedanya?


Img: pixbay.com Perbesar

Img: pixbay.com

Seperti kita ketahui bahwa aplikasi whatsapp tidak hanya untuk mengirim pesan dan menelpon saja, tetapi juga untuk mengirim foto, dokumen, hingga video call. Dan apakah whatsapp bisa di gunakan kegiatan berbisnis? Jawabannya tentu bisa. Namun, pada aplikasi whatsapp ini memiliki beberapa fitur yang tidak di miliki pada whatsapp biasa. Sejak di luncurkan pada 2018 silam, whatsapp bisnis mampu memanjakan para pebisnis mulai dari UMK hingga perusahaan skala besar sehingga memudahkan pebisnis dalam menjalankan aktivitas bisnis seperti promosi produk. Lalu, apa saja hal yang membedakan whatsapp business? Simak pembahasannya di bawah ini.

Dari Sisi Logo Whatapp Bisnis dan Biasa.

Perbedaan pertama terlihat pada logonya, untuk whatsapp business memiliki logo dengan latar belakang hijau dan di tandai huruf “B” seperti gambar di bawah ini.

Whatsapp bisnis

Img: pbgwing.com

Sedangkan pada whatsapp biasa hanya mempunyai logo gagang telepon.

Dari Sisi Profil Pengguna.

Baik itu whatsapp biasa maupun whatsapp business memiliki perbedaan yang menonjol khususnya pada profil pengguna. Untuk whatsapp biasa hanya menunjukkan foto profil dan nomor telepon saja, sedangkan untuk whatsapp business memiliki berbagai macam fitur.

Whatapp Bisnis

Img: Whatsapp Media Edukasi

Misalnya seperti pada gambar di atas ini terlihat nama bisnis, foto dan jenis usahanya. Dan di bawahnya juga terdapat nomor telepon bila kalian ingin menghubungi bisnis tersebut dan ada juga katalog yang terlihat pada bagian tengah.

Whatsapp Bisnis

Img: whatsapp media edukasi.

Di sini kita bisa lihat ada beberapa produk yang di tawarkan jika kalian tertarik dengan bisnis ini. Di bawah juga terdapat jam operasional bisnis serta di lengkapi dengan alamat lokasi bisnis.

Img: whatsapp media edukasi

Dan yang terakhir, kita bisa lihat sama-sama pada whatsapp bisnis ini mencantumkan denah lokasi bisnis atau usahanya. Selain itu, terlihat ada juga alamat email dan url yang menghubungkan bisnis ini dan di bawahnya juga ada akun sosial media yang bisa terhubung pada aplikasi media sosial.

Pesan Otomatis Whatsapp bisnis.

Perbedaan lainnya pada whatsapp business dan biasa ada pada pesannya. Whatsapp biasa tidak memiliki fitur pesan otomatis sedangkan pada whatsapp bisnis memiliki pesan otomatis yang memudahkan pebisnis ketika sedang sibuk.

Img: Aplikasi Whatsapp

Seperti gambar di atas ini misalnya, ketika anda mengetik ‘selamat malam’ maka yang muncul adalah pesan otomatis dari whatsapp business tersebut. Sebenarnya, ada tiga jenis pesan otomatis pada whatsapp bussiness seperti Quick Replies (Teks Balasan Cepat), Away Messages( pesan di luar jam kerja), serta Greeting Messages( Pesan Salam). Pada gambar di atas mungkin jenis pesan tersebut bisa di sebut away messages tetapi bisa juga greeting messages. Mengapa? Ketika chat malam hari masih membalas walau kita tahu bahwa bisnis sedang tutup dan pada chat ini ada kata salam yang bisa di asumsikan sebagai greeting messages.

Adanya Katalog Pada Whatsapp Bisnis

Dan perbedaan yang terakhir ialah pada katalog yang mana tidak di miliki oleh whatsapp biasa. Anda bisa melihat dan memilih produk mana yang akan di beli.

Img: aplikasi whatsapp

Contohnya seperti pada gambar di atas yang mana bisnis ini menjual berbagai jenis buku bacaan yang bisa anda pilih sesuai dengan keinginan dan minat baca yang ada pada katalog di bagian tengah.

Itulah perbedaan antara whatsapp business dengan whatsapp biasa yang sudah di rangkum pada pembahasan ini. Semoga artikel ini bisa menambah pengetahuan dan membedakan ciri whatsapp baik biasa maupun business.

Komentar
Artikel ini telah dibaca 254 kali

Baca Lainnya

Curiga Di Hack Orang Lain, Lakukan Cara Ini di HP Anda

28 Maret 2024 - 21:42 WIB

Curiga di hack orang

Isi Daya iPhone 15 Lemot? Ini Solusinya

26 Maret 2024 - 19:21 WIB

Isi Daya IPhone

Kebiasaan Sepele Yang Bisa Merusak Baterai Laptop

26 Maret 2024 - 18:31 WIB

Kebiasaan Sepele

Tips Dapat Nilai Bagus pada Tes Skolastik UTBK SNBT

11 Maret 2024 - 21:30 WIB

Tips dapat nilai bagus

Cara Mudah Keluarkan Air Dari IPhone, Jangan Gunakan Hair Dryer

8 Maret 2024 - 22:50 WIB

Isi Daya IPhone

Apa itu CMS: Pengertian, Fitur, Fungsi, dan Jenis

6 Maret 2024 - 20:33 WIB

Apa itu CMS
Trending di Teknologi