Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Inspirasi · 7 Des 2022 12:00 WIB ·

William Tanuwijaya, Sosok Dibalik Kesuksesan Tokopedia


Img: Tokopedia Perbesar

Img: Tokopedia

William Tanuwijaya, Sosok Dibalik Kesuksesan Tokopedia –siapa yang suka belanja online di Tokopedia? Bangga banget ya Indonesia punya startup e-commerse yang terkenal hingga Negara tetangga, lho!

Kesuksesan Tokopedia tidak luput dari kerja keras dari William Tanuwijaya, CEO-nya. Beliau memulai semuanya dari nol berbekal ilmu yang ia dapat. Yuk simak penjelasannya di bawah ini!

William Tanuwijaya, Sosok Dibalik Kesuksesan Tokopedia

Pria asal Pematang ini merupakan sosok penting dari suksesnya Tokopedia. Beliau memulai karirnya dengan merantau ke Jakarta setelah lulus sekolah menengah untuk melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi. Pada semester awal, beliau mencari pekerjaan sampingan untuk membantu pengobatan ayahnya yang sakit.

Beliau mengambil jurusan teknik informatika di Universitas Bina Nusantara dari tahun 1999 hingga 2003.

Semasa Kuliah, William juga bekerja sebagai operator di warnet untuk membantu pengobatan ayahnya. Pekerjaan ini dlakoni selama 3 tahun dengan upah 10 ribu rupiah per hari.

Menjadi penjaga warnet membuat pria kelahiran 11 November 1981 ini mendapat banyak ilmu tentang internet, seperti membuat web, yang mana belum ada di kurikulum pendidikannya saat itu.

Setelah lulus kuliah, beliau sempat berkerja di Telkom Sigma, Sqiva, dan di Boleh.net. Kemudian di IT & Business Development Manager di Indocom Mediatama.

Sang CEO ini dulunya pernah ingin bekerja di Google dan Facebook, namun merasa putus asa karena kantornya di luar negeri. Hingga kemudian beliau memiliki ide membangun Tokopedia pada 2007 karena melihat peluang.

Perjalanan terbentuknya Tokopedia tidak hanya sampai disitu saja. Banyak hambatan yang dihadapi, seperti mendapat banyak penolakan dari investor dan relasi. Penolakan ini terjadi lantaran Tokopedia belum memiliki rekam jejak yang meyakinkan.

William pun mencoba belajar tentang penacarian modal dari Facebook dan Google, selama dua tahun beliau terus meyakinkan banyak pihak. Terkepung kondisi keluarga dan ekonomi yang buruk, beliau terus berusaha mencari pihak yang memiliki potensi di perusahaan internet.

Hingga tahun 2009 akhirnya Tokopedia mendapat suntikan modal dan tenaga kerja yang mumpuni dari mahasiswa kampus ternama. Bersyukur investor mulai berdatangan, diantaranya yaitu East Venture, CyberAgent Venturez dan Softbank.

Setelah memperoleh modal besar, Tokopedia makin berkembang pesat. Saat ini mendapatkan modal yang sangat besar, valuasi Tokopedia sudah tembus lebih dari US$ 7,5 miliar atau setara Rp 107,49 triliun (kurs Rp 14.332).

Berkat kesuksesan usahanya, William mendapat banyak penghargaan membanggakan, yaitu:

  • Businessman of the Year (2020, Forbes)
  • EY Indonesia Enterpreneur of the Year (2019, Ernst & Young Indonesia)
  • Satyalancana Wira Karya (2019, Presiden Republik Indonesia)

Perjuangan William Tanuwijaya tidak hanya bermodal niat tapi juga kerja keras dan pantang menyerah. Kisahnya mengajarkan kita untuk pintar membaca peluang, tidak takut belajar hal baru darimana saja, serta berani memulai dan menjalankannya dengan tekad yang besar.

Jadi, kapan nih kamu berani memulai? Semangattt yaa…

Yuk, kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta unik lainnya ya!

Komentar
Artikel ini telah dibaca 23 kali

Baca Lainnya

Dari Komedian Jadi Sutradara Gemilang, Inilah Kisah Sukses Jordan Peele

10 Agustus 2023 - 18:00 WIB

Jordan Peele

Habis Gajian? 4 Buku Keuangan yang Membantu Pengeluaranmu!

9 Agustus 2023 - 18:00 WIB

Buku Keuangan

Menembus Atmosfer, Kisah Inspiratif di Balik Penemu Roket

7 Agustus 2023 - 18:00 WIB

Penemu Roket

Sukseskan Perayaan 17 Agustus dengan 5 Lomba Kreatif!

3 Agustus 2023 - 15:00 WIB

Lomba Kemerdekaan Indonesia

Meneladani Semangat 4 Tokoh Inspiratif yang Tak Kenal Menyerah

1 Agustus 2023 - 18:00 WIB

Tokoh Inspiratif Tak Kenal Menyerah

Intip 4 Karir Cemerlang untuk Lulusan Sastra Inggris

9 Juni 2023 - 18:00 WIB

Intip 4 Karir Cemerlang untuk Lulusan Sastra Inggris
Trending di Inspirasi