Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Travel · 11 Okt 2022 12:00 WIB ·

Serunya Berenang Bersama Ubur-Ubur Langka di Danau Kakaban


Img: Instagram/@borneodiving Perbesar

Img: Instagram/@borneodiving

Pulau Kakaban yang terletak di Kalimantan Timur merupakan destinasi wisata yang unik dengan danau di tengahnya. Kehadiran Danau Kakaban, sebuah danau purba dan rumah bagi ubur-ubur langka, menjadi daya tarik utama yang patut dijelajahi.

Danau Kakaban yang terletak di tengah merupakan danau yang menawan. Air danau ini merupakan campuran dari air laut, air hujan, dan air tanah. Ada banyak pesona yang bisa memikat perhatian siapa saja yang melihatnya. Yuk simak ulasan berikut untuk informasi lebih lanjut.

Berenang dengan ubur-ubur di Danau Kakaban

Saat berkunjung ke Danau Kakaban, kamu akan menjumpai sejumlah turis asing yang tertarik dengan keindahan alam danau tersebut. Mereka biasanya melakukan berbagai aktivitas seperti berjemur, berenang, snorkeling, dan bermain di pantai pasir putih yang masih sangat bersih. Daya tarik lain yang banyak wisatawan sukai adalah keberadaan biota laut berupa ubur-ubur yang tidak menyengat. Diperkirakan ribuan populasi ubur-ubur sudah ada di Danau Kakaban sejak lama.

Menurut penelitian, populasi ubur-ubur danau terperangkap jutaan tahun yang lalu dan berevolusi menjadi makhluk yang mampu berfotosintesis. Jika kamu memutuskan untuk kesana, jangan lupa untuk menyelam dengan ubur-ubur yang tidak menyengat, ya!

Jenis ubur-ubur di Danau Kakaban

Ubur-ubur di pulau tersebut ada dalam berbagai jenis warna, termasuk merah, oranye, putih, kemerahan, dan ungu muda. Populasi ubur-ubur mini yang berenang kesana kemari dapat kamu lihat dengan mata telanjang. Untuk berenang bersama ubur-ubur, kamu harus mengikuti beberapa aturan yang telah ditetapkan oleh pengelola.

Aturan berenang

Larangan menggunakan kaki katak atau fin merupakan salah satu aturan yang harus kamu patuhi sebelum berenang bersama ubur-ubur. Perlu kamu ketahui bahwa ubur-ubur di danau ini sangat sensitif terhadap sentuhan. Ubur-ubur dapat menjadi stres, sebagai akibatnya populasinya dapat menurun. Kamu juga tidak boleh memakai kosmetik.

Air danau dengan tingkat keasaman yang tinggi dapat membuat mata perih, sehingga sebaiknya memakai kacamata renang jika ingin menikmati keindahan biota danau ini. Jangan lupa untuk menjaga kebersihan diri saat mengunjungi danau yang indah ini. Hal ini bertujuan untuk melestarikan keindahan Danau Kakaban untuk generasi mendatang.

Rute

Jika kamu dari luar Kalimantan, kamu harus mengunjungi kota Balikpapan atau Samarinda. Dari Balikpapan atau Samarinda, kamu memiliki tiga pilihan untuk mengunjungi Danau Kakaban. Jalur akses pertama adalah jalur darat, kemudian jalur laut dan jalur akses keempat adalah jalur udara. Setelah tiba di kota yang kamu tentukan, bisa naik bus ke Kabupaten Berau, Kalimantan Timur.

Kamu yang lebih memilih perjalanan darat bisa melakukan perjalanan ke Kabupaten Berau dengan biaya sekitar Rp. 300 ribu menjadi Rp. 350 ribu per orang. Jika kamu mengambil jalur darat, perjalanan akan memakan waktu antara 12 hingga 15 jam. Akses jalan juga sangat mudah kamu dapat karena sudah renovasi total.

 

Yuk, kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta unik lainnya ya!

Komentar
Artikel ini telah dibaca 17 kali

Baca Lainnya

4 Rekomendasi Spot Ayunan di Bali yang Memacu Adrenalinmu

18 Juli 2023 - 18:00 WIB

4 Rekomendasi Museum Seni di Jakarta Paling Hits

19 Mei 2023 - 12:00 WIB

4 Rekomendasi Museum Seni di Jakarta Paling Hits

5 Destinasi Wisata Ikonik di Kamboja

16 Mei 2023 - 12:00 WIB

5 Destinasi Wisata Ikonik di Kamboja

4 Rekomendasi Tempat Wisata Paling Populer di London

9 Mei 2023 - 18:00 WIB

4 Rekomendasi Tempat Wisata Paling Populer di London

4 Alasan Kamu Harus Traveling ke Islandia, Negara Paling Aman di Dunia

4 Mei 2023 - 12:00 WIB

4 Alasan Kamu Harus Traveling ke Islandia, Negara Paling Aman di Dunia

4 Larangan Harus Dipatuhi Turis di Belanda

26 April 2023 - 12:00 WIB

4 Larangan Harus Dipatuhi Turis di Belanda
Trending di Travel