Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Travel · 17 Sep 2022 13:24 WIB ·

Pernah Mendaki Gunung Gede? Berikut Fakta Menarik Tentangnya!


Img: Instagram/@krisna.asfiz Perbesar

Img: Instagram/@krisna.asfiz

Gunung Gede adalah gunung berapi yang ada di Jawa Barat, Indonesia. Gunung ini terletak di perbatasan Kabupaten Bogor, Cianjur, dan Sukabumi dengan ketinggian 2.958 meter di atas permukaan laut. Kondisi alam sekitarnya masih asri, mendukung keanekaragaman flora dan fauna di dalamnya.

Gunung Gede Pangrango adalah tujuan pendakian yang populer. Taman Nasional Gunung Gede Pangrango adalah taman nasional yang paling banyak wisatawan kunjungi pada tahun 2020. Selain itu, ada beberapa fakta menarik lainnya tentang gunung ini di Jawa Barat, lho! Yuk, simak selengkapnya!

Terdiri dari dua gunung

Gunung Gede dan Gunung Pangrango adalah dua gunung terpisah yang sering orang-orang kira hanya satu gunung. Gunung Gede berada pada ketinggian 2.958 meter di atas permukaan laut, sedangkan Gunung Pangrango berada pada ketinggian 3.019 meter di atas permukaan laut.

Kedua puncak tersebut terhubung oleh pegunungan seperti pelana yang terkenal sebagai area Kandang Badak, yang terletak di ketinggian sekitar 2.400 meter di atas permukaan laut. Gunung Gede diperkirakan pernah meletus. Hal ini karena adanya keberadaan kawah aktif di kawasan tersebut, antara lain Kawah Wadon, Kawah Ratu, Kawah Baru, dan Kawah Lanang. Gunung Pangrango, diperkirakan tidak pernah meletus. Puncak gunung yang masih relatif mulus menunjukkan hal tersebut.

Tempat rehabilitasi owa jawa

TNGGP adalah situs konservasi owa jawa, hewan endemik Indonesia yang terancam punah akibat eksploitasi hewan peliharaan dan perusakan hutan. Menurut situs TNGGP, mereka telah bekerja sama dengan Javan Owa Foundation, Conservation International Indonesia, dan Universitas Indonesia sejak 2006 untuk menyelamatkan dan merehabilitasi Owa Jawa.

TNGGP mengumumkan kelahiran owa jawa betina dari pasangan owa jawa bernama Jolly dan Boby di Pusat Rehabilitasi dan Penyelamatan Owa Jawa—Javan Owa Center (JGC) di PTN Resort Bodogol TNGGP pada 3 Februari.

Terdapat telaga biru

Telaga Biru merupakan destinasi wisata di dekat Gunung Gede. Warna airnya yang kebiruan menambah keindahan danau ini. Kelimpahan ganggang biru di danau berkontribusi pada warna biru air.

Punya curug dengan nama petugas

TNGGP sebagai Taman Nasional tidak hanya menyuguhkan panorama Gunung saja, tetapi juga sejumlah tempat wisata alam seperti Curug Andamas. Menurut situs resminya, air terjun di PTN Goalpara Resort memiliki nama “Andamas” setelah nama para petugas yang berpatroli di resor tersebut pada tahun 2016.

 

Yuk, kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta unik lainnya ya!

 

Komentar
Artikel ini telah dibaca 41 kali

Baca Lainnya

Cocok Buat Ngabuburit, Berikut 5 Wisata Yang Perlu Dikunjungi

29 Februari 2024 - 19:28 WIB

Tips Liburan ke Thailand Hemat Biaya, Pemula Harus Tahu!

28 Februari 2024 - 20:21 WIB

Tips Aman Kunjungi Wisata Air Terjun Ketika Musim Hujan

27 Februari 2024 - 21:55 WIB

Tips Aman Kunjungi Wisata

Wisata Edukasi Bandung Paling Hits, Cocok Dan Tambah Pintar

19 Januari 2024 - 22:55 WIB

Wisata Edukasi Bandung

Wisata Edukasi di Surabaya Ini Wajib Anda Kunjungi

27 November 2023 - 23:01 WIB

Wisata Edukasi di Surabaya

Tempat Wisata di Pontianak Yang Lagi Hits 2024

25 November 2023 - 20:50 WIB

Trending di Travel