Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Travel · 10 Okt 2022 18:00 WIB ·

Situ Cipanten, Destinasi Wisata Danau Air Bening Sejak Tahun 70an


Img: Instagram/@situcipanten_mjk Perbesar

Img: Instagram/@situcipanten_mjk

Situ Cipanten Majalengka di Jawa Barat merupakan destinasi wisata alam yang indah. Objek wisata tunggal ini merupakan pilihan yang layak bagi masyarakat lokal dan wisatawan. Reputasi wisata Majalengka ini belakangan semakin meningkat. Hal ini dikarenakan banyaknya pengunjung yang membagikan pengalamannya di media sosial.

Tempat ini terletak di Desa Gunung Kuning, Kecamatan Sindang, Kabupaten Majalengka. Situ Cipanten merupakan sebuah danau dengan luas sekitar satu hektar. Dulunya digunakan untuk irigasi dan memancing. Sedangkan sumber air di tempat ini berasal dari tujuh mata air, sehingga meski musim kemarau tiba, air tidak akan kering.

Telah ada sejak tahun 70’an

Tempat ini bukanlah tujuan wisata baru; telah buka untuk umum sebagai tempat rekreasi sejak tahun 1970-an. Namun tidak menutup kemungkinan hal ini dikarenakan pengelolaan yang kurang baik sehingga membuat wisatawan ragu untuk berkunjung. Situ Cipanten telah menerima banyak pengunjung sebagai akibat dari eksposur media sosial baru-baru ini.

Objek alam yang masih asri

Destinasi wisata ini telah lama populer dengan keindahan alamnya yang mempesona dan suasananya yang menghangatkan hati. Pengunjung bisa menikmati kesejukan pepohonan yang rindang dan hutan yang masih sangat alami.

Kawasan hutan di sekitar lokasi menambah keindahan suasana, meskipun begitu, lingkungan masih tetap asri untuk dikunjungi pada siang hari. Hal lain yang menambah daya pikatnya adalah airnya yang jernih saat cuaca cerah.

Rute Situ Cipanten

Jarak danau ini dan Majalengka adalah 16,4 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 33 menit. Jalan dari Majalengka menuju Situ Cipanten adalah Jalan Majalengka-Rajagaluh – Jalan Gunung Kuning-Sindang – Wisata Situ Cipanten.

Harga tiket

Untuk menikmati berbagai pesonanya, kamu hanya perlu mengeluarkan biaya parkir Rp. 5.000 untuk sepeda motor dan Rp. 10.000 untuk mobil. Jika ingin naik perahu mengelilingi Situ Cipanten dan berbagai pesonanya akan ada biaya tambahan sebesar Rp 5.000.

Penginapan

Ada sejumlah penginapan yang tersedia bagi wisatawan yang ingin bermalam di kawasan ini. Penginapan tersedia untuk 2 orang dengan harga Rp 250.000 per malam hingga 7-8 orang dengan harga Rp 500.000 per malam.

Penginapan memiliki sejumlah fasilitas, antara lain wifi, kulkas, microwave, kompor, televisi, dan sarapan.

Bagaimana? Sangat menarik untuk traveling sekaligus healing bukan? Jadi, siapa nih yang akan kalian ajak ke tempat keren ini?

 

Yuk, kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta unik lainnya ya!

 

Komentar
Artikel ini telah dibaca 36 kali

Baca Lainnya

Cocok Buat Ngabuburit, Berikut 5 Wisata Yang Perlu Dikunjungi

29 Februari 2024 - 19:28 WIB

Tips Liburan ke Thailand Hemat Biaya, Pemula Harus Tahu!

28 Februari 2024 - 20:21 WIB

Tips Aman Kunjungi Wisata Air Terjun Ketika Musim Hujan

27 Februari 2024 - 21:55 WIB

Tips Aman Kunjungi Wisata

Wisata Edukasi Bandung Paling Hits, Cocok Dan Tambah Pintar

19 Januari 2024 - 22:55 WIB

Wisata Edukasi Bandung

Wisata Edukasi di Surabaya Ini Wajib Anda Kunjungi

27 November 2023 - 23:01 WIB

Wisata Edukasi di Surabaya

Tempat Wisata di Pontianak Yang Lagi Hits 2024

25 November 2023 - 20:50 WIB

Trending di Travel