Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Tips dan Trik · 29 Agu 2023 19:19 WIB ·

Writer’s Block: Pahami Cara Menghindarinya Untuk Dapat Ide


Img: pexel.com Perbesar

Img: pexel.com

Menulis merupakan suatu aktivitas yang mana berisikan informasi ataupun pengalaman pribadi. Tidak sedikit orang yang menulis baik itu menjadi sebagai sebuah profesi maupun hanya sekedar hobi saja. Dalam menulis juga membutuhkan effort agar kualitas tulisannya dapat di terima dengan baik oleh orang yang membacanya. Ide-ide kreatif dalam menulis juga bisa menjadi daya tarik bagi para pembacanya. Namun, apa jadinya jika dalam proses penulisan konten artikel tiba-tiba kehilangan ide atau writer’s block?

Writer’s block merupakan suatu momen di mana penulis kehilangan ide dalam membuat tulisan sehingga menyulitkan penulis dalam menyelesaikannya. Ini merupakan hal yang tidak di inginkan oleh para penulis. Ketika sudah kehilangan ide ini akan menjadi hambatan penulis dalam melanjutkan penulisannya. Untuk menghindari hal tersebut, anda bisa melakukan cara-cara di bawah ini.

1. Menjadikan Pengalaman Sebagai Ide Menulis.

Tidak ada salahnya anda menggunakan pengalaman hidup sebagai bahan dalam membuat ide penulisan. Akan tetapi, perlu di ingat tidak semua pengalaman pribadi harus anda tuliskan. Seusaikan saja pengalaman anda berdasarkan kebutuhan topik atau tema penulisan. Misalnya anda memiliki pengalaman menarik tentang transportasi di jakarta maka tuliskan pengalaman apa saja yang sudah anda alami selama menggunakan transportasi tersebut.

2. Istirahat Sejenak Hindari Writer’s Block.

Misalnya, ketika anda bekerja sebagai penulis atau content writer tentunya ada target tulisan entah itu setiap hari atau setiap bulannya harus segera di posting. Ini memungkinkan anda harus bekerja keras untuk memenuhi targetnya. Ketika anda tiba-tiba buntu dalam menulis hal perlu anda lakukan adalah beristirahat sejenak. Tujuannya agar penulis bisa lebih rileks serta bisa menemukan ide tulisan yang memang perlu di tulis. Selain itu, anda juga bisa keluar ruangan sejenak dan menghirup udara segar. Tujuannya sama yaitu agar penulis bisa lebih rileks.

3. Banyak Membaca dan Sering-Sering Berdiskusi.

Dan cara terakhir ialah dengan banyak membaca buku. Usahakan buku bacaan tersebutsesuai dengan tulisan yang akan anda tulis dan di jadikan sebagai buku referensi untuk tulisan anda. Selain itu, baiknya anda perbanyak diskusi dengan orang yang memiliki profesi yang sama. Tujuannya agar anda bisa saling bertukar pikiran dan bisa mengetahui apa yang kurang dalam tulisannya serta mendapatkan ide lain dalam menulis.

Itulah pembahasan mengenai cara agar kita sebagai penulis terhindar dari kehilangan ide. Semoga pembahasan ini bisa membantu kita dalam mengatasi writer’s block dan mendapatkan ide tulisan yang brilian.

Komentar
Artikel ini telah dibaca 18 kali

Baca Lainnya

Cara Mengenali Bakat dalam Diri Pribadi, Wajib Tahu!

25 Mei 2024 - 23:08 WIB

Tips Sukses Kuliah di Jurusan Teknik, Tertarik?

25 Mei 2024 - 21:29 WIB

Tips Memilih Kegiatan Ekstrakurikuler untuk Anak

20 Mei 2024 - 22:28 WIB

Tips Memilih kegiatan ekstrakurikuler

Tips Menjalani Masa Probation yang Perlu Anda Ketahui

9 Mei 2024 - 22:25 WIB

Tips Menjalani Masa Probation

Tips Menjadi Content Creator untuk Pemula, Di Jamin Cuan!

7 Mei 2024 - 22:14 WIB

Tips Menjadi Content Creator

Tips Hemat Budget Kuliah versi TelUtizen

7 Mei 2024 - 21:09 WIB

Sistem Ekonomi Campuran
Trending di Tips dan Trik