Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Fun Facts · 1 Agu 2022 00:02 WIB ·

3 Funfact Journaling


Img: pixabay.com - Wokandapix Perbesar

Img: pixabay.com - Wokandapix

Journaling merupakan kegiatan menuliskan apa saja yang ingin dicurahkan dalam sebuah tulisan. Journaling sering disebut sebagai versi terbaru dari diary. Sifatnya yang sama-sama pribadi dan bebas merupakan hal yang mendasari anggapan tersebut. Nyatanya, baik journaling maupun diary sama-sama diperuntukkan untuk hal yang sama, yaitu mencurahkan keluh kesah, pencapaian, atau hal lainnya yang ingin seseorang sampaikan melalui tulisan. Walaupun terdengar remeh, nyatanya journaling memiliki fakta-fakta unik yang belum diketahui oleh banyak orang. Nah, berikut adalah 3 funfact journaling yang ga boleh ke-skip!

 

  1. Meningkatkan Self Awareness

Self awareness adalah sebuah kesadaran akan diri sendiri. Kesadaran itu dapat meliputi kesadaran dalam memahami sifat, perasaan, perilaku, dan semua hal tentang diri sendiri.

Bukti dari seseorang yang dapat melakukan self awareness adalah tahu kelebihan dan kekurangan pada diri sendiri. Pengetahuan atas diri sendiri itu kemudian mendatangkan usaha-usaha dalam memperbaiki diri untuk mendapatkan versi diri yang lebih baik.

 

Nah, salah satu funfact journaling adalah membantu kita meningkatkan self awareness. Hal itu didapatkan dari menuliskan semua keluh kesah atau masalah-masalah kecil yang kita hadapi tiap harinya. Tidak hanya itu, dengan journaling kita juga bisa menuliskan goals atau apa yang ingin kita capai entah dalam 1 bulan ke depan atau dalam kurun waktu tertentu. Dengan menuliskan semua itu, secara sadar maupun tak sadar kita dapat memahami diri sendiri lebih baik dari sebelumnya. Karena itulah, journaling bisa membantu kita meningkatkan self awareness.

 

  1. Menurunkan tingkat kecemasan

Banyak penelitian yang telah membuktikan bahwa journaling sangat berdampak baik bagi penderita gangguan kecemasan dan beberapa masalah kesehatan mental lainnya. Tidak jarang para psikolog menyarankan kegiatan journaling ini untuk mereka yang mengalami masalah dengan kecemasan. Dengan journaling kita bisa merasa lebih tenang karena sudah mencurahkan hal-hal berat yang mengganggu diri kita.

 

  1. Menaikkan kualitas tidur

Banyak dari kita yang mengalami masalah dalam jam tidur. Entah tidur terlalu sedikit atau terlalu banyak. Dengan journaling kita bisa mendapatkan jam tidur atau kualitas tidur yang lebih baik.

Nah, itulah funfact journaling yang perlu kita ketahui bersama. Kira-kira dari 3 funfact di atas mana yang sudah pernah kalian alami sendiri? Jangan lupa kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta unik lainnya ya!

Komentar
Artikel ini telah dibaca 34 kali

Baca Lainnya

Fakta Unik Seputar Universitas Terbuka

17 April 2024 - 12:04 WIB

Mengenal Kampus UT

Fakta Unik Seputar Jurusan Multimedia Yang Perlu Dipahami

27 Februari 2024 - 19:52 WIB

Tips Meningkatkan Skill

Fakta Pajak Penghasilan Yang Harus Di Ketahui

4 September 2023 - 08:54 WIB

Fakta Pajak Penghasilan

Fakta Unik Kopi Luwak Yang Perlu di Ketahui.

2 September 2023 - 14:18 WIB

5 Fakta Unik Bolivia, Negara dengan Tanah Tertinggi di Dunia

16 Juli 2023 - 18:00 WIB

Intip 5 Fakta Unik Tentang Otak Manusia

5 Juni 2023 - 18:00 WIB

Intip 5 Fakta Unik Tentang Otak Manusia
Trending di Fun Facts