Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Edukasi · 18 Jul 2022 15:00 WIB ·

Kuliah Buat Apa? Inilah 3 Manfaat Kuliah yang Tidak Orang Sadari


Img: pixabay.com - Wokandapix Perbesar

Img: pixabay.com - Wokandapix

Pendidikan merupakan sebuah unsur penting untuk sebuah negara. Dengan pendidikan yang baik, suatu negara akan mendapatkan sumber daya manusia yang berkualitas pula. Karena itulah, sebagai masyarakat penting untuk kita menyadari pentingnya pendidikan termasuk pendidikan lanjut, seperti kuliah. Namun, sampai pada tahun 2022 ini masih banyak masyarakat yang tidak setuju bahwa berkuliah atau melanjutkan pendidikan itu penting. Di sisi lain, sudah banyak juga masyarakat yang mulai sadar bahwa kuliah memang merupakan suatu kebutuhan yang harus mereka penuhi. Terlepas dari perdebatan penting tidaknya kuliah untuk karier seorang individu, berikut adalah 3 manfaat kuliah.

 

1. Membantu pembentukan karakter dan pengembangan diri

Di bangku perkuliahan, seorang individu tidak hanya berkesempatan untuk mempelajari ilmu pengetahuan, tetapi juga pengembangan diri serta pembentukan karakter. Seseorang bisa mengalami pembentukan karakter yang baik melalui beberapa kesempatan di bangku perkuliahan. Sebagai contoh, karakter mandiri dan bertanggung jawab dapat mahasiswa dapatkan melalui pilihannya untuk berkuliah dan menjadi anak rantau. Mau tidak mau, karakter mandiri dan bertanggung jawab itu akan terbentuk dengan sendirinya. Selain itu, pembentukan karakter dan pengembangan diri itu akan turut hadir berkat interaksi yang kita lakukan dengan mahasiswa lain.

 

2. Mengembangkan pola pikir

Kuliah berarti bertemu dengan orang-orang baru, baik dari kalangan mahasiswa, dosen, atau orang-orang sekitar perkuliahan. Bertemu dengan orang-orang baru berarti pula bertemu dengan cara pikir baru yang baik jika kita bisa mengambil sisi baiknya. Nah, karena itulah berkuliah memberi kita manfaat berupa kesempatan untuk mengembangkan pola pikir. Selain itu, perkuliahan pun memberi kita keharusan untuk berpikir secara kritis untuk menghadapi tiap masalah. Tidak hanya secara kritis, seorang mahasiswa pun memiliki kewajiban untuk berpikir dengan sistematis dan terstruktur. Budaya berpikir yang seperti inilah yang nantinya menjadi kesempatan mahasiswa untuk mengembangkan pola pikirnya.

 

3. Terbukanya peluang karier

Dengan bekal ilmu, relasi, serta cara pikir yang terbentuk melalui perkuliahan, mahasiswa juga akan mendapat kesempatan untuk berkarier secara lebih luas dan terbuka. Seperti yang kita ketahui bersama, banyak perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan dengan kualifikasi pendidikan lanjut, seperti Diploma atau Sarjana. Nah, dengan mengenyam pendidikan di bangku perkuliahan, kamu akan mendapat kesempatan melanjutkan cita-cita di perusahaan-perusahaan tersebut. Namun, terlepas dari gelar yang telah kamu miliki, spesifikasi lain pun harus tetap terpenuhi untuk dapat lolos proses rekruitmen.

 

Nah, itulah 3 manfaat kuliah yang tidak banyak masyarakat sadari. Dari ketiga manfaat itu, mana nih kira-kira yang sudah kamu rasakan sebagai seorang mahasiswa? Yuk, kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta unik lainnya, ya!

Komentar
Artikel ini telah dibaca 44 kali

Baca Lainnya

Faktor Yang Mempengaruhi Terjadinya Hambatan Mobilitas Sosial

23 April 2024 - 21:24 WIB

Kena Blacklist di UTBK SNBT 2024, Berikut 7 Penyebabnya!

22 April 2024 - 20:17 WIB

Tips dapat nilai bagus

Enterprise Resource Planning: Kenali Komponen dan Manfaatnya

20 April 2024 - 21:39 WIB

Enterprise Resource Palnning

Pengertian Akronim dan Perbedaannya dengan Singkatan

16 April 2024 - 19:19 WIB

Pengertian Akronim

Mengenal Turnover dan Cara Mengatasinya.

14 April 2024 - 20:33 WIB

Mengenal Turnover

Perbedaan Marketing dan Sales: Pahami Peran dan Kontribusinya

13 April 2024 - 20:19 WIB

Perbedaan Marketing
Trending di Edukasi