Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Kesehatan · 2 Mar 2023 12:10 WIB ·

4 Cara Kurangi Mata Minus Ampuh


Img: pexels-min-an Perbesar

Img: pexels-min-an

4 Cara Kurangi Mata Minus Ampuh –Jika otot di organ kamu jarang kamu gunakan, maka akan melemah. Untuk tetap bugar, kamu harus melatih dan menjaga otot kamu. Hal yang sama berlaku untuk otot mata.

Artikel ini akan memberikan beberapa tips atau cara untuk mengurangi mata minus yang bisa kamu lakukan agar penglihatan kamu kembali normal. Yuk, simak selengkapnya!

4 Cara Kurangi Mata Minus Ampuh

Pernahkah kamu bertanya-tanya apakah mata minus bisa sembuh? Sebenarnya, mata minus ini tidak bisa sembuh total.

Namun demikian, ada beberapa tindakan medis yang dapat dilakukan untuk mengurangi dan menghambat perkembangan miopia agar tidak semakin parah. Di antara prosedur medis yang digunakan untuk mengurangi mata minus:

Menggunakan lensa korektif

Cara pertama dan paling dasar untuk mengatasi mata minus adalah dengan menggunakan lensa korektif.

Karena kamu hanya perlu menggunakan alat bantu baca ini tanpa harus menjalani operasi. Ada dua jenis lensa korektif yang tersedia: lensa kontak dan kacamata. Yang membedakan kedua jenis lensa korektif ini adalah cara penggunaannya.

Lensa kontak akan terpasang langsung pada selaput mata, sedangkan kacamata hanya akan berada di bagian luar.

Tujuan memakai kacamata atau lensa korektif adalah untuk menjaga agar kelengkungan kornea tidak memburuk. Lensa khusus ini mengarahkan fokus cahaya sehingga jatuh langsung ke retina. Hasilnya, penglihatan pengguna lensa korektif ini menjadi lebih baik.

Laser-Assisted In Situ Keratomileusis (LASIK)

Laser-assisted in situ keratomileusis, atau LASIK, adalah prosedur pembedahan yang berguna untuk memperbaiki kelainan mata yang mungkin pernah kamu dengar.

LASIK adalah prosedur yang menggunakan laser untuk mengikis lapisan epitel dan sebagian kornea, membuat lipatan atau penutup untuk memperbaiki bentuknya.

Akibatnya, fokus cahaya dari kornea mata menjadi lebih baik. Meski begitu, efektivitas LASIK untuk mengurangi miopia terbatas dan tidak selalu optimal.

Secara lebih spesifik, prosedur LASIK pada beberapa kasus hanya untuk mengurangi ketergantungan seseorang dalam menggunakan lensa korektif.

Photorefractive Keratectomy (PRK)

PRK, atau keratektomi fotorefraktif, adalah prosedur pembedahan yang sedikit berbeda dari LASIK.

Namun, prosedur PRK tidak untuk pasien dengan kelainan mata atau penyakit seperti diabetes, glaukoma, katarak, dan sejenisnya.

Refractive Lens Exchange (RLE)

RLE adalah metode selanjutnya untuk mengurangi mata minus. Lensa mata dilepas dan diganti dengan implan lensa plastik selama operasi RLE. Operasi refraktif RLE digunakan untuk mengobati rabun jauh yang parah. Untuk mengobati astigmatisme, RLE dapat bersamaan dengan prosedur LASIK pada beberapa kasus.

 

Yuk, kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta unik lainnya ya!

Komentar
Artikel ini telah dibaca 16 kali

Baca Lainnya

Manfaat Ikan Salmon Bagi Kesehatan

24 Mei 2024 - 22:13 WIB

Manfaat Ikan Salmon

Manfaat Aktivitas Fisik Bagi Tubuh Ada 6, Ini Dia!

23 Maret 2024 - 22:15 WIB

Mengenal Turnover

7 Manfaat Musik Bagi Kesehatan Mental, Ini Dia!

7 Maret 2024 - 15:50 WIB

Manfaat Musik Bagi Kesehatan

Manfaat Air Cuci Beras Yang Jarang Di Ketahui

4 Maret 2024 - 18:22 WIB

Manfaat Air Cuci Beras

Makanan 4 Sehat 5 Sempurna: Berikut Pengertian dan Manfaatnya

18 Februari 2024 - 20:43 WIB

Tips Menjaga Kesehatan Selama Musim Hujan

11 Februari 2024 - 21:30 WIB

Trending di Kesehatan