Faktor Pendorong E-Commerce – Maraknya perkembangan digital di era saat ini. Banyak perusahaan-perusahaan memilih untuk melakukan usaha dengan menggunakan digital. Dengan menjual produk menggunakan digital, produk yang dipasarkan akan luas dan cepat dikenal konsumen. Perkembangan digital sangat pesat saat ini, dengan didukung oleh perkembangan teknologi yang semakin hari semakin maju.
Mayoritas masyarakat lebih suka belanja melalui online. Dengan tetap berada dirumah, dengan menggunakan handphone mereka dapat membeli dengan satu klik saja. Seiring dengan perkembangan teknologi ini, persaingan dalam penjualan pun meningkat. Sebelum itu, apa sih yang dimaksud dengan e-commerce? Simak berikut ini.
Pengeretian E-commerce
E-Commerce atau singkatan dari elektronik Commerce yaitu suatu aktivitas penjualan, pembelian dan pemasaran yang semua aktivitasnya dilakukan dengan media elektronik. Dengan memanfaatkan e-commerce pada saat ini memudahkan transaksi antara penjual dan pembeli tanpa harus bertatap muka.
Apa sih faktor-faktor pendorong adanya e-commerce?
Faktor Pelanggan
Faktor pertama dalam pendorong e-commerce yaitu pelanggan. Meningkatnya pelanggan faktor penting dalam penjualan. Dengan penjualan yang meningkat dan banyak yang mengenal produk yang kita punya, jangkauan akan semakin luas.
Faktor pelanggan memang penting, akan tetapi memperlakukan pelanggan dengan baik sangat perlu. Dengan memberikan pelayanan yang baik kepada pelanggan yang akan membuahkan hasil yang bak juga. Dengan konsep E-commerce ini yang memungkinkan menciptakan kedekatan antara penjual dan pembeli dengan tetap melayani dengan baik tanpa adanya batasan ruang dan waktu.
Faktor Persaingan
Faktor pendorong e-commerce kedua yaitu faktor persaingan. Dalam berbisnis persaingan usaha sangatlah ketat yang mana dengan melakukan kompetisi secara terbuka. Pelanggan sangat mudah membanding-bandingkan produk antar toko satu dengan lainnya. Bukan hanya itu, pelanggan tentunya akan membanding-bandingkan pelayanan toko mana yang baik dan menarik untuk membeli dan jadi pelanggan tetap.
Dengan adanya E-Commerce ini akan aktivitas transaksi jual beli akan dapat bersaing dengan perusahaan lainnya. Cakupan E-commerce ini sangat luas tidak hanya sekedar penjualan secara offline, dan kolaborasi antar mitra saja.
Faktor Deregulasi
Faktor yang ketika yaitu faktor deregulasi. Pengertian dari deregulasi sendiri yaitu menghilangkan semua aturan yang mungkin tidak perlu atau semua aturan yang menghambat kegiatan ekonomi. Saat ini perusahaan maupun masyarakat menganggap internet sebagai tempat yang tepat untuk kompetisi dalam perdangan, terlebih lagi yang berkaitan dengan produk atau jasa. Dengan menggunakan E-commerce ini perusahaan yang tidak mampu beradaptasi dengan perubahan yang pesat dalam dunia perdangan ini akan perlahan mulai tersingkirkan.
Faktor Teknologi
Faktor yang terakhir yaitu teknologi. Dalam berbisnis membutuhkan adanya teknologi. Dulu yang berkembang pada proses digitalisasi entitas fisik yaitu seperti dokumen dan lain sebagainya. Akan tetapi sekarang, semakin berkembangnya zaman, teknologi juga berkembang kearah media lainnya seperti foto, video bahkan suara.
Dengan fungsi teknologi informasi yang semakin hari berkembang, seperti penggunaan e-wallet atau uang elektronik akan mendukung lajunya pertumbuhan e-commerce saat ini. Pembayaran secara online akan mempermudah pelanggan marketplace untuk melakukan transaksi.
Demikian faktor apa saja yang mendorong untuk E-Commerce. Bila teman-teman ingin mengetahui langkah-langkah dan strategi pemasaran online bisa cek artikel sebelumnya
Semoga bermanfaat ya teman-teman mediaedukasi.id