Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Teknologi · 8 Feb 2023 19:00 WIB ·

4 Faktor Pendorong E-Commerce


Pinterest: @jessicabruce636 Perbesar

Pinterest: @jessicabruce636

Faktor Pendorong E-Commerce – Maraknya perkembangan digital di era saat ini. Banyak perusahaan-perusahaan memilih untuk melakukan usaha dengan menggunakan digital. Dengan menjual produk menggunakan digital, produk yang dipasarkan akan luas dan cepat dikenal konsumen. Perkembangan digital sangat pesat saat ini, dengan didukung oleh perkembangan teknologi yang semakin hari semakin maju.

Mayoritas masyarakat lebih suka belanja melalui online. Dengan tetap berada dirumah, dengan menggunakan handphone mereka dapat membeli dengan satu klik saja. Seiring dengan perkembangan teknologi ini, persaingan dalam penjualan pun meningkat. Sebelum itu, apa sih yang dimaksud dengan e-commerce? Simak berikut ini.

Pengeretian E-commerce

E-Commerce atau singkatan dari elektronik Commerce yaitu suatu aktivitas penjualan, pembelian dan pemasaran yang semua aktivitasnya dilakukan dengan media elektronik. Dengan memanfaatkan e-commerce pada saat ini memudahkan transaksi antara penjual dan pembeli tanpa harus bertatap muka.

Apa sih faktor-faktor pendorong adanya e-commerce?

  1. Faktor Pelanggan

Faktor pertama dalam pendorong e-commerce yaitu pelanggan. Meningkatnya pelanggan faktor penting dalam penjualan. Dengan penjualan yang meningkat dan banyak yang mengenal produk yang kita punya, jangkauan akan semakin luas.

Faktor pelanggan memang penting, akan tetapi memperlakukan pelanggan dengan baik sangat perlu. Dengan memberikan pelayanan  yang baik kepada pelanggan yang akan membuahkan hasil yang bak juga. Dengan konsep E-commerce ini yang memungkinkan menciptakan kedekatan antara penjual dan pembeli dengan tetap melayani dengan baik tanpa adanya batasan ruang dan waktu.

  1. Faktor Persaingan

Faktor pendorong e-commerce kedua yaitu faktor persaingan. Dalam berbisnis persaingan usaha sangatlah ketat yang mana dengan melakukan kompetisi secara terbuka. Pelanggan sangat mudah membanding-bandingkan produk antar toko satu dengan lainnya. Bukan hanya itu, pelanggan tentunya akan membanding-bandingkan pelayanan toko mana yang baik dan menarik untuk membeli dan jadi pelanggan tetap.

Dengan adanya E-Commerce ini akan aktivitas transaksi jual beli akan dapat bersaing dengan perusahaan lainnya. Cakupan E-commerce ini sangat luas tidak hanya sekedar penjualan secara offline, dan kolaborasi antar mitra saja.

  1. Faktor Deregulasi

Faktor yang ketika yaitu faktor deregulasi. Pengertian dari deregulasi sendiri yaitu menghilangkan semua aturan yang mungkin tidak perlu atau semua aturan yang menghambat kegiatan ekonomi.  Saat ini perusahaan maupun masyarakat menganggap internet sebagai tempat yang tepat untuk kompetisi dalam perdangan, terlebih lagi yang berkaitan dengan produk atau jasa. Dengan menggunakan E-commerce ini perusahaan yang tidak mampu beradaptasi dengan perubahan yang pesat dalam dunia perdangan ini akan perlahan mulai tersingkirkan.

  1. Faktor Teknologi

Faktor yang terakhir yaitu teknologi. Dalam berbisnis membutuhkan adanya teknologi. Dulu yang berkembang pada proses digitalisasi entitas fisik yaitu seperti dokumen dan lain sebagainya. Akan tetapi sekarang, semakin berkembangnya zaman, teknologi juga berkembang kearah media lainnya seperti foto, video bahkan suara.

Dengan fungsi teknologi informasi yang semakin hari berkembang, seperti penggunaan e-wallet atau uang elektronik akan mendukung lajunya pertumbuhan e-commerce saat ini. Pembayaran secara online akan mempermudah pelanggan marketplace untuk melakukan transaksi.

Demikian faktor apa saja yang mendorong untuk E-Commerce. Bila teman-teman ingin mengetahui langkah-langkah dan strategi pemasaran online bisa cek artikel sebelumnya

Semoga bermanfaat ya teman-teman mediaedukasi.id

 

Komentar
Artikel ini telah dibaca 117 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Curiga Di Hack Orang Lain, Lakukan Cara Ini di HP Anda

28 Maret 2024 - 21:42 WIB

Curiga di hack orang

Isi Daya iPhone 15 Lemot? Ini Solusinya

26 Maret 2024 - 19:21 WIB

Isi Daya IPhone

Kebiasaan Sepele Yang Bisa Merusak Baterai Laptop

26 Maret 2024 - 18:31 WIB

Kebiasaan Sepele

Tips Dapat Nilai Bagus pada Tes Skolastik UTBK SNBT

11 Maret 2024 - 21:30 WIB

Tips dapat nilai bagus

Cara Mudah Keluarkan Air Dari IPhone, Jangan Gunakan Hair Dryer

8 Maret 2024 - 22:50 WIB

Isi Daya IPhone

Apa itu CMS: Pengertian, Fitur, Fungsi, dan Jenis

6 Maret 2024 - 20:33 WIB

Apa itu CMS
Trending di Teknologi