Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Life Hack · 23 Apr 2023 18:00 WIB ·

4 Filosofi Jepang yang Layak Ditiru


Img: pexels-quốc-bảo Perbesar

Img: pexels-quốc-bảo

4 Filosofi Jepang yang Layak Ditiru –Filosofi Jepang memang menarik untuk kita pelajari, apalagi dalam kehidupan sehari-hari. Beragam filosofi Jepang seperti Oubaitori, Shikita Ga Nai, Wabi-Sabi, dan Ikigai. Filosofi tersebut bisa kita terapkan di kehidupan untuk mendapatkan ketenangan dan ketentraman hidup yang lebih berkualitas. Berikut contoh penjelasan tentang filosofi Jepang dan cara menerapkan dalam kehidupan sehari-hari:

4 Filosofi Jepang yang Layak Ditiru

Oubaitori

Oubaitori merupakan filosofi Jepang yang menuntun kita untuk mencintai dan menghargai keindahan alam semesta dan seisinya. Dalam kehidupan, filosofi Oubaitori bisa kita terapkan dengan menghargai alam dan menjaga keindahan serta kelestarian lingkungan sekitar kita.

Kita bisa memulai dengan tidak membuang sampah sembarangan, memakai barang yang ramah lingkungan, tidak menginjak tanaman sembarangan, dan merawat tanaman di sekitar kita. Selain itu juga bisa menyisihkan waktu untuk mengunjungi alam dan menikmati keindahan alam dengan baik.

Wabi-Sabi

Wabi-Sabi merupakan filosofi Jepang yang menuntut kita untuk menghormati indahnya kesederhanaan dan menghargai ketidaksempurnaan. Penerapan filosofi Wabi-Sabi dalam kehidupan sehari-hari dengan cara menampilkan kesederhanaan, tidak berambisi untuk terlihat sempurna, dan menerima kekurangan sebagai bagian dari hidup.

Ikigai

Ikigai merupakan filosofi Jepang yang mengajari kita untuk menemukan makna dan visi misi hidup yang sejati. Filosofi Ikigai dalam bahasa Jepang berarti hidup dan tujuan. Untuk menerapkan filosofi ikigai, kita bisa memulai dengan cara mengubah pola hidup yang dapat memberikan keuntungan bagi makna dan tujuan hidup kita di masa depan. Kita bisa mencari tahu tentang hal yang bisa membuat kita lebih hidup, sesuatu yang kita percayai bisa memberikan sinyal baik pada diri kita. Setelah menemukan hal-hal tersebut, kita dapat menyatukannya sebagai strategi untuk mengejar tujuan hidup sejati.

Shikata Ga Nai

Shikata Ga Nai merupakan filosofi Jepang yang belajar untuk menerima keadaan diri dengan tenang dan berserah diri pada Tuhan. Filosofi Shikata Ga Nai dalam bahasa Jepang bermakna “tidak ada cara lain”. Cara menerapkan filosofi Shikata Ga Nai yaitu dengan cara menerima semua kondisi dengan tenang dan berani mengambil tindakan yang bijak untuk menyelesaikan masalah. Kita dapat mengurangi stres dan kecemasan dengan tidak merenungi hal-hal di luar kendali kita dan selalu berusaha melakukan yang terbaik di semua situasi.

Yuk, kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta unik lainnya ya!

 

Komentar
Artikel ini telah dibaca 1,196 kali

Baca Lainnya

Fakta Menarik Gunung Marapi, Tempat Favorit Mendaki Gunung

7 Desember 2023 - 20:43 WIB

Fakta Menarik Gunung Marapi

Life Hack Sosial Media Yang Bermanfaat Bagi Mahasiswa

10 November 2023 - 21:14 WIB

Life Hack Sosial Media

Introvert dan Ekstrovert, Kenali Perbedaannya.

15 September 2023 - 11:08 WIB

Introvert dan Ekstrovert

4 Game Typing Seru Untuk Menguji Kecepatan Mengetik

18 Juli 2023 - 12:00 WIB

4 Mata Uang Terendah di Dunia

3 Juli 2023 - 18:00 WIB

4 Mata Uang Terendah di Dunia

Tanda-Tanda Kamu Kurang Mendukung Diri Sendiri

9 Juni 2023 - 12:00 WIB

Tanda-Tanda Kamu Kurang Mendukung Diri Sendiri
Trending di Life Hack