Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Life Hack · 11 Mei 2023 12:00 WIB ·

4 Jenis Tari Nusantara Terpopuler


Img: beritasatu.com Perbesar

Img: beritasatu.com

4 Jenis Tari Nusantara Terpopuler –Sudah tidak heran lagi jika Indonesia mempunyai beribu-ribu budaya yang memiliki ciri khas masing-masing. Salah satunya tarian di setiap di daerah yang memiliki ciri khas menggambarkan budaya daerah tersebut. Itulah mengapa Indonesia mempunyai ribuan jenis tari Nusantara yang menjadi identitas bangsa Indonesia.

Sungguh bangga bahwa negara kita terkenal sebagai negara dengan kekayaan budayanya yang berbeda di setiap daerah. Begitu pula dengan nilai-nilai budaya yang hadir dalam tarian daerah tersebut. Selain mengetahui jenis tarian daerah kamu sendiri, kamu juga perlu mengenal tarian daerah lain. Dari sanalah akan timbul rasa yang membuktikan keragaman budaya yang menghiasi negara kita. Kini ada sekitar 3000 tarian daerah asli tanah air.

Sebagai warga negara yang baik, yuk kita kenali beragam tarian asli Nusantara yang populer hingga mancanegara!

4 Jenis Tari Nusantara Terpopuler

Tari Saman

Tari Saman adalah tarian daerah asal aceh yang populer dalam negeri hingga mancanegara. Tarian ini sering dibawakan oleh banyak penari dengan kombinasi gerakan duduk setengah berdiri. Sebagian penari saman menari sambil menyanyi di atas panggung. Gerakan tarian ini cenderung cepat dan energik walaupun dilakukan dengan duduk. Pakaian penari saman biasanya berwarna-warni dengan warna cerah, tetapi sebagai sub juga memakai atribut ikat kepala dan kain batik khas Aceh.

Tari Tor Tor

Tari Tor Tor merupakan tarian daerah berasal dari wilayah Danau Toba di Tapanuli, Sumatera Utara. Salah satu tarian tradisional suku Batak ini umumnya dilakukan pada upacara tertentu. Upacara atau perayaan tertentu seperti pesta pernikahan, kematian, hingga ritual penyembuhan orang sakit. Tarian ini juga diiringi oleh alat musik tradisional seperti Magondangi. Kostum penari biasanya menggunakan kain songket dan ikat kepala khas suku Batak.

Tari Turuk

Tari Turuk Langgai merupakan tarian daerah Mentawai yang terinspirasi dari pergerakan hewan seperti ular, burung, ayam, dan kera. Tarian ini menggunakan iringan alat musik tradisional Mentawai yakni gendang beringin serta uliat. Penari Turuk Langgai ini biasanya hanya menggunakan kain untuk menutupi bagian vital dan ikat kepala yang unik saat tampil. Keseluruhan konsep tarian ini mempresentasikan kegiatan masyarakat Mentawai, yakni berburu.

Tari Jaipong

Tari Jaipong merupakan jenis tarian daerah berasal dari Karawang dengan konsep gerak yang relatif modern. Jenis musik untuk mengiringi tari jaipong adalah gendang, gong, kecapi, dan rebab. Kostum penari jaipong biasanya menggunakan kebaya dengan selendang panjang di leher.

 

Yuk, kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta unik lainnya ya!

 

 

Komentar
Artikel ini telah dibaca 75 kali

Baca Lainnya

Fakta Menarik Gunung Marapi, Tempat Favorit Mendaki Gunung

7 Desember 2023 - 20:43 WIB

Fakta Menarik Gunung Marapi

Life Hack Sosial Media Yang Bermanfaat Bagi Mahasiswa

10 November 2023 - 21:14 WIB

Life Hack Sosial Media

Introvert dan Ekstrovert, Kenali Perbedaannya.

15 September 2023 - 11:08 WIB

Introvert dan Ekstrovert

4 Game Typing Seru Untuk Menguji Kecepatan Mengetik

18 Juli 2023 - 12:00 WIB

4 Mata Uang Terendah di Dunia

3 Juli 2023 - 18:00 WIB

4 Mata Uang Terendah di Dunia

Tanda-Tanda Kamu Kurang Mendukung Diri Sendiri

9 Juni 2023 - 12:00 WIB

Tanda-Tanda Kamu Kurang Mendukung Diri Sendiri
Trending di Life Hack